Saturday, June 11, 2016

Gara - Gara Artikel

Wakakakkaaka, mungkin cuma itu yang bisa gua bilang. Gua bener – bener dapat pelajaran yang berharga banget kemarin. Berawal dari sebuah tulisan, pada akhirnya bisa bikin image seseorang jadi JELEK banget di mata orang lain. Gua bahkan kagak habis pikir, semua ini terjadi dalam waktu kurang dari 24 jam. Suatu hal yang wow banget.

Semua terjadi waktu sore kemarin, tiada angin tiada hujan akarpun jadi ( lah ? ), tiba – tiba ada SMS tak terduga yang isinya begini………………

“Selamat sore Mr, saya mendapat laporan atas blog yang Mr tulis. Semua itu hak Mr, tapi karna Mr menyertakan foto barang dan identitas siswa yang bukan kewenangan untuk menyebarkan, maka saya harus laporkan ini ke blab la bla. Saya tunggu itikad baik Mr, tks.”

Ternyata itu sms dari mantan bos gua dulu waktu masih kerja di suatu bimbingan belajar. Waduh, padahal itu artikel udah jadul banget, hampir setahunan yang lalu loh. Dan maksud gua memposting foto di blogpun kagak ada niat untuk mempublikasikan, melecehkan atau apalah itu tapi memang niatnya cuma pingin share pengalaman aja dan adanya foto itu supaya lebih terkesan real tapi ternyata mantan bos gua mikirnya terlalu “dalem”.

Karena sedikit shock dan bingung dengan apa yang terjadi gua coba tanya plus ngomong baik – baik………………………….

“Oh, saya minta maaf sebelumnya miss, lalu apa yang harus saya lakukan ?”

Mungkin pertanyaan gua agak terkesan kurang ajar gitu, tapi serius cuy, lah, gua kagak nyangka tulisan yang gua buat setahunan yang lalu dan bahkan udah gua lupain tapi kok tiba – tiba bisa jadi masalah, Lagian gua emang bingung mesti gimana. Dan langsung dibalas begini……

“Menurut Mr apa yang Mr harus lakukan ? Perbuatan yang Mr lakukan sangat lancang, saya tidak tau reaksi jika ortu siswa yang bersangkutan mengetahui hal ini. Hati2 dalam berbicara dan bertindak.”

Loh, kenapa jadi lebay begini arah pembicaraannya ? Dan gua dikatain lancang. Sempat sedikit tersinggung sih masak ngomongnya sampe kayak gitu. Padahal foto yang gua publish cuma nama anak ( dan itupun kagak disengaja karna gua lebih menekankan ke foto angket atau barang ). Kagak ada sekalipun gua nyebutin alamatnya, nama ortunya atau sekolahnya, pembantunya ( lagian apa untungnya buat gua ?) .

Gua coba tetep sabar dan balas SMS dari beliau dengan kepala dingin ( semoga ) yang intinya gua minta maaf dan bakal ngapus poto – poto yang bikin semua masalah ini terjadi n seandainya masalah ini mau dibawa lebih lanjut ya silakan karna semua hak dari beliau . Dan…………….Kagak dibalas. Sedikit jengkel juga karna respect sama kagak ada. Padahal gua sebenernya bener – bener kagum sama sosok mantan bos gua ini. Baik, penyabar, perhatian, terus juga mau ngebimbing gua yang kadang masih suka salah eh hanya karna masalah beginian jadi aneh gini.

Setelah nunggu balasan yang kagak datang akhirnya gua langsung ke warnet dan ngebersihin poto2nya semua. Begitu selesai gua langsung balik dan tiduran di kost dengan harapan pikiran bisa lebih tenang. Tiba – tiba gua sadar akan suatu hal, masalah kayak begini pasti kagak cuma satu orang aja yang tau. Apalagi cewe – cewe pasti demen yang beginian ( di tempat kerja gua dulu kayawannya sebagian besar cewek dan mantan bos gua pasti cerita semuanya ke mereka). Gua cek BBM dan ada salah satu status dari mantan rekan kerja gua yang agak sedikit ngeganjal…….

“Aku ikhlas deh dikatain sombong sama orang kayak dia”

Loh, tunggu dulu, bukannya gua sempet semingguan yang lalu BBM dia dan ga dibalas terus gua bilang dia sombong ? Apa ini ngomongin gua ? Terus gua cek lagi status – statusnya sebelumnya dan memang udah fix kalo ini ngomongin gua…..

“Ternyata partnerku kayak gini….”

Ditambah dengan lambang hati yang pecah gitu. Waduh, kenapa jadi tambah runyam gini ? Gua coba cek status dari mantan rekan kerja gua yang lain ( yang ini waktu itu tugasnya ngegantiin gua pas resign ). Gua bahkan deket banget sama dia padahal baru aja kenal sehari dua hari dan statusnya juga sama……………

“Ternyata partnerku gini….”

Dan satu status yang paling bikin nyesek dan nusuk tajeeeeeeem banget dateng dari sosok rekan kerja yang paling gua kagumin. Kita sering makan bareng waktu jam istirahat dulu dan ngobrol banyak hal……

“Haha, semakin saya baca blog ini semakin menunjukkan belognya kamu.”

Mau tau apa artinya belog ? Belog itu artinya Bodoh, Tolol, Bego, Dungu. Dikatain begitu gimana ga bikin orang sakit hati ? Terus sampe pasang dp yang nyindir gua segala. Entah bagian mana yang bikin mereka bikin status begitu radikal padahal hubungan gua sama mereka baik – baik saja selama di tempat kerja dan kagak ada sedikitpun kata – kata di blog gua yang menjelekkan mereka.

Mungkin ada beberapa penamaan samaran yang kurang pantas seperti Apes, Miss Kin dan sebagainya tapi itu semua kagak lebih dari sekedar candaan doang. Masak iya gua pake nama sebenarnya kan melanggar kode etik namanya ? Toh dua dari tiga orang yang bikin status itu gua kasih nama inisal mereka yang biasa ( kalo yang lagi satu belum pernah gua tulisin ). Ada curhatan gua di blog yang pernah mengatakan kalo gua berbeda pendapat dengan Miss A, dan itu cuma berbeda pendapat cuy, tapi gua tetep nganggap dia plen. Terus ada juga kasus di mana gua agak curiga dengan mereka, tapi sekali lagi itu cuma firasat, ga mengubah pandangan gua kalo mereka itu temen.

Ada juga terjadi kasus di mana gua sempet bertengkar dengan salah satu mantan rekan kerja gua di sana dan memang gua kurang begitu suka sama dia. Ya di mana – mana pasti begitu lah, pasti ada rekan yang tidak kita suka tapi toh itu bukan salah satu dari mereka bertiga yang bikin status itu. Dan orang yang gua kurang suka inipun tetap gua anggap plen, kami bekerja secara professional, ga ada masalah kok.

Makanya yang bikin gua bingung darimananya dan atas dasar apa mereka yang di atas ini ngata – ngatain gua. Ternyata partner gua begini lah begitu lah, cukup sakit sih berharap mereka ngedukung gua di saat lagi ada masalah gini bukannya ngasi kata penghiburan malah ikut manas – manasin. Seriusan dah, kagak ngarti di bagian mananya yang bikin pandangan mereka 100 % berubah.

Ok, mungkin mereka agak tersinggung kalo curhatan di blog ini ada yang menceritakan tentang mereka dan itu ga sesuai ekspektasi mereka ( berharap diri mereka dipuji – puji ), tapi memang tujuan dari blog ini ya nyeritain tentang real life gua mulai dari bagaimana pengalaman gua, mindset gua terhadap suatu masalah dan apa yang gua pikirkan tentang mereka. Gua ceritain secara blak – blakan dan apa adanya dan identitas merekapun gua rahasiain. Kalo ga suka ya ga usah baca kan ? Ngono kan apik.

Namanya orang ngeluarin uneg – uneg kan ya bebas. Walaupun agak nyakitin ketika tau pandangan orang lain tentang kita tapi toh memang itu yang kita rasakan kenapa mesti ditutup – tutupi ? Daripada gua pendem – pendem terus akhirnya meledak ? Toh apapun mindset gua tentang tiga orang yang di atas gitu gua tetep anggap mereka temen terbaik gua selama di sana, cuma ya ga tau aja apa yang bikin mereka sampe buat statement segila itu di BBM mereka.

Lalu apa yang gua lakuin setelah itu ? Bersihin nama baik ? Buat apa ? Kalo nama udah dianggap jelek gitu ya mau kita jungkir balik keliling lapangan tetep aja pandangan orang kagak bakal berubah. Daripada gua sakit hati terus liat status mereka ya terpaksa gua delcon semua kontak mereka toh kalo gua hubungin juga kagak bakal direspon. Selesai sudah pertemanan kami selama ini. Begitu cepat, hanya dalam waktu dua sampe tiga jam aja.

Tapi biar gimanapun gua sih masih berharap semuanya bakal normal lagi ( walaupun mustahil ). Mereka tetep sohib gua yang asyik entah mereka sudah tidak mengangggp begitu lagi. Kemarin sempet kepala gua nyut – nyutan kalo mikirin masalah ini tapi setelah curhat di blog perasaan gua bisa lebih tenang, Puji Tuhan.

Mungkin ini juga jadi pelajaran buat gua biar kagak sembrono lagi. Apa yang gua tulis dan pandangan orang lain yang baca mungkin bisa jauuuuuh banget bedanya ( yups, namanya juga perbedaan). Gua maklum aja sih walaupun caranya ga harus kayak gini. Konten tulisan yang bikin mereka jadi “Liar” bakal gua perbaiki dan ada beberapa artikel yang gua hapus. Dan sekali lagi gua minta maaf sama kalian semua karna udah bikin sakit hati. #Mariberdamai

Satu hal yang jadi misteri, siapa orang iseng yang ngelaporin tentang foto – foto yang gua posting ? Apa dari orang dalam sendiri ? Atau……………Ah sudahlah, yang penting gua berterima kasih banget sama orang itu karna berkat jasanya gua jadi dapet masalah yang cukup besar, dimusuhi sama mantan rekan kerja yang sudah akrab banget dan nama gua jadi tercoreng di suatu organisasi. Mari tertawa dan bersyukur, wakakakakkaka……………...

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com