Sunday, October 25, 2015

Cuci Hidung dan CT Scan

Sampai saat ini pun gua masih kagak percaya bisa dapetin surat rujukan ke Sanglah dengan begitu gampangnya apalagi kalo inget kejadian di bulan September kemarin yang gua sampe harus ngadu segala ke bagian informasi baru dikasi suratnya. Tapi bagus deh kalo gitu, akhirnya gua bisa kontrol lagi ke Sanglah.

Kamis jam sembilan pagi gua udah nyampe di Sanglah. Gua baru mau fotocopy berkas - berkas yang diperlukan eh ternyata yang ngantre di fotocopy rumah sakit banyak banget. Persis kayak waktu kontrol gua yang terakhir kali di sana. Karna gua trauma sama kejadian waktu itu akhirnya gua nyari tempat fotocopy di luar.

Di luar dugaan nyari tempat fotocopy yang terdekat agak susah juga karna selain gua kagak tau ada di mana, gua juga jalan kaki yang bikin capek duluan . Ketemu juga satu tempat fotocopy. Di sana panas banget tempatnya padahal udah ada AC. Yang bikin gua prihatin itu pegawainya cewek semua, udah gitu muka mereka pada lemes banget entah karena kecapekan ato pengen boker ( Hehe, peace ya mbak ? ).

Gua harus bayar 4000 untuk fotocopy semua berkas - berkasnya. Gua kasi 5000 ke mbak - mbak fotocopynya dan pas ngambil kembalian eh gua malah dikasi 100 perak. Mungkin dia lelah tapi hari gini gitu lo kagak bisa ngebedain 100 sama 1000 perak. Gua aja kalo merem bisa ngebedain kok. Tapi karna gua kagak pengen nyari ribut dan pengen beramal buat mereka yang mukanya bener - bener kayak orang susah akhirnya gua kantongin aja tu duit tanpa protes.

Gua kembali ke rumah sakit dan minta nomer antrean di bagian informasi. Seperti biasa setiap gua ngantre di loket delapan pasti kagak perlu nunggu lama - lama. Yang lama itu pas nunggu di poli THT nya sama ngantre di apotek. Selesai urusan di loket delapan dan tiga gua langsung ke poli THT. Seneng banget akhirnya bisa kembali ke sini lagi dan udah kangen sama si Dokar. Apa kabar ya tu orang sekarang ? Tapi agak bingung juga sih ngejelasinnya gimana nanti soalnya gua udah kagak ada kabar hampir tiga minggu dan belum sempat rontgen juga.

Hampir satu jam nunggu baru nama gua dipanggil. Di bagian Rhino gua sama sekali kagak ngeliat Dokter Richard alias Dokar tapi malah ketemu dokter lain yang agak ke china - chinaan gitu ( emang china kali ) yang nyuruh gua duduk……………….

Dokter : “Gimana keadaan batuknya ? Sudah membaik ?”

Gua : “Saya ga batuk kok dok, hidung saya sesak.”

Dokter : “Oh, pilek.”

Gua : “Bukan pilek. Hidung saya sesak tapi ga ada lendirnya.”

Dokter : “Ada dahak di tenggorokan ?”

Gua : “Ga ada.”

Dokter : “Lah, terus ngapain ke sini ? ( meriksa hidung gua pake alat ). Astaga, bengkak sekali ya hidungnya ?”

Gua : “Iya dok.”

Dokter : “Dari kapan seperti ini ?”

Gua : “Udah hampir setahun dok.”

Dokter : “Sakitnya sebelum tinggal di bali ato gimana ?”

Gua : “Saya memang sudah lama di bali kok dok.”

Dokter : “Terus gimana setelah dikasi obat ?”

Gua : “Sama aja dok, ini malah makin memburuk.”

Dokter : “Terakhir sempat rontgen juga ya ?” ( melihat buku perkembangan penyakit gua )

Gua : “Yang itu belum sempat dok, soalnya saya lagi ada urusan waktu itu. Saya boleh minta surat rekomendasinya lagi kan dok ?”

Dokter : “Oh, boleh boleh.”

Dan percakapan berlanjut terus cukup lama. Dokter itu nanyain kenapa gua kagak ikut BPJS aja soalnya biar bisa CT Scan dan gratis. Gua jawab karna kalo BPJS nanti gua kagak bakal dikasi kontrol ke Sanglah lagi. Aaaaah, kagak bisa CT Scan deh padahal gua udah ngarep banget bisa nyobain peralatan medis yang canggih itu kayak gimana.

Tapi setelah dipikir - pikir sih kayaknya gratis deh jadi gua bilang lagi ke dokternya kalo peserta JKBM kemungkinan juga dicover. Yah semoga aja firasat gua bener. Selain itu gua juga nanya apa dengan kondisi hidung gua ini perlu operasi dan dokter itu menjawab dengan mantap, “kalo memang nanti segala upaya sudah dilakukan dan tetap gagal ya itu jalan satu - satunya.” Kata - katanya dalem banget. Akhirnya gua ganti pembicaraan ke topik lain.

Hidung gua terus diperiksa pake alat untuk ngukur seberapa kuat gua bisa ngirup dan ngembusin nafas. Gua sempet beberapa kali kesulitan soalnya gua kagak bisa lama - lama nahan nafas karna hidung sialan ini. Dan hasilnya emang kemampuan gua parah banget. Beberapa lama setelah si dokter ini terima telpon dari seseorang habis itu ninggalin gua sebentar. Gua pake kesempatan ini buat nyari informasi di internet tentang CT Scan dan apa itu juga dicover JKBM. Hasilnya agak ngecewain karna banyak sumber yang mengatakan kalo itu kagak ditanggung dan bahkan ada yang masuk ke berita. Di situs resminya pun dibilang kalo untuk segala macam peralatan medis yang canggih kagak ditanggung JKBM. Waduh , gimana ni ?

Dokter itu akhirnya balik lagi………………………. Gua langsung bilang hal ini ke dokternya.

Gua : “Dok, duh, gimana ni ya ? Kayaknya CT Scan ini ga ditanggung deh kalo saya baca.”

Dokter : “Oh, ga ditanggung ya ? Hmmm. Gini aja deh, nanti coba saja tanyakan dulu ke sana kalo misalnya ga ditanggung berarti ga usah. Bilang aja kalo saya yang ngomong gitu.”

Gua : “Ok deh dok.”

Dokter : “Dan tadi saya sudah tanya, katanya kalo CT Scan berarti harus operasi karna kan udah didiagnosa sampe sejauh itu jadi gimana nih ?”

Jedeeeeeeeeeeeeeer !!!! Gua bener - bener kayak disambar petir. Oh, harus ya pertanyaan ini diajukan sekarang ? Gua bingung harus ngejawab apa karna pertimbangan gua banyaaak pake banget…………

Gua : “Wah, ga tau nih dok. Saya bener - bener ga ada waktu soalnya.”

Dokter : “Ya, nanti bisa diatur kok.”

Gua : “Emang jadwalnya kapan aja dok ?”

Dokter : “Pertengahan bulan november sama desember kok.”

Gua : “Kalo biayanya kira - kira berapa dok ?”

Dokter : “Nanti kan ada rincian biayanya. Paling juga yang ga ditangung itu beberapa obat yang memang mahal. Kalo perawatan dan operasi saya rasa ditanggung kok.”

Gua galau dengan semua penuturan dari dokternya. Ternyata gua emang harus melalui yang namanya operasi. Dijelasin juga kalo dibiarin terus nanti penyakit gua bakal menyebar ke bagian tubuh yang lain. Aduh, malah bikin gua tambah mumet. Gua minta ke dokternya supaya dikasi waktu untuk berpikir dulu. Operasi itu bukan perkara mudah cuy.

Dokter itu nulis resep obat yang harus gua minum. Gua disuruh cuci hidung sama dokternya. Apaan tuh ? Gua juga kagak ngarti sih sebenernya tapi seingat gua disuruhnya masukin alat untuk nyuntik gitu yang udah diisi obatnya ( jarumnya jangan dipake ya ? ) ke dalem hidung. Nanti kalo caranya bener katanya kalo kita masukin ke hidung bagian kanan nanti airnya keluar di hidung bagian kiri dan sebaliknya. Tauk ah gelap, ntar gua tanya sama mbah google aja.

Gua dikasi surat pengantar buat CT Scan. Gua pergi dulu ke bagian radiologi buat nanya - nanya takutnya entar malah disuruh bayar bisa berabe gua……………..

Gua : “Permisi pak, apa peserta JKBM itu juga ditanggung kalo mau CT Scan pak ?”

Petugas : “Ditanggung.”

Gua : “Terus apa saja yang harus saya siapkan ya ?”

Petugas : “Buat jadwal dulu ya di sebelah ?”

Akhirnya gua ke sebelah. Setelah nunggu cukup lama muncul juga petugasnya. Gua dapet jadwal CT scannya jam 3 sedangkan saat itu baru jam 11. Hadeh, lama amat. Tapi gua males kalo harus nunda - nunda lagi akhirnya gua menyanggupi untuk CT Scan sorenya. Gua disuruh untuk ke loket delapan lagi dan minta cap JKBM. Sebelumnya gua nanya lagi ke bagian pendaftaran dan yang harus gua bawa selain berkas JKBM juga fotocopy rangkap dua surat pengantar CT Scannya.

Gua balik lagi ke loket delapan yang suasananya lengang banget sama kayak loket lainnya. Ternyata kalo siang sesepi ini ( ya iyalah orang mau tutup polikliniknya ). Gua minta cap dan habis itu langsung ke tempat fotocopy rumah sakit yang untungnya juga sepi. Kurang dari lima menit semua beres dan gua langsung ke bagian radiologi lagi.

Gua serahin berkas - berkas yang diperlukan dan gua disuruh nunggu di ruang tunggu di balik pintu kaca yang belum pernah gua masukin sebelumnya. Tapi karna gua tahu kagak mungkin banget harus nunggu sampe jam tiga di sana gua pergi aja ke apoteknya sambil ngulur waktu sekalian ngambil obat gua.

Di apotek gua nunggu nama gua dipanggil sambil buka sosmed. Satu jam kemudian gua dipanggil dan gua agak kaget juga karna dikasi botol - botol yang cukup besar dan kata apotekernya ini dikasi ke dokternya. Akhirnya gua sadar kalo itu “Cuci hidung” yang dimaksud dokternya tadi. Obat untuk cuci hidung itu ternyata larutan NaCl ( garam ). Wow, dan gua buka mbah google buat nyari tau gimana caranya cuci hidung pake NaCl dan sedikit - sedikit gua bisa ngarti lah karna penjelasannya lebih simpel dari dokter itu.

Gua menghabiskan waktu buat nongkrong di apotek karna mati gaya harus ke mana lagi. Gua bawa empat botol NaCl yang berat banget dan kagak mungkin muat ke tas gua yang kecil. Terpaksa gua mendekam di situ sambil ngeliatin orang sekeliling. Sempet kasian ngeliat ada anak yang “autis” duduk di samping gua.

Padahal anaknya bisa / cukup pintar matematika tapi sayang banget harus kena penyakit itu. Gua beberapa kali dengerin bapaknya kasi soal matematika yang sebenernya sih kagak susah ( bagi gua ya ? hehe ) tapi salut aja sih anaknya mampu ngejawab biarpun dia keadaanya kagak seberuntung anak yang lain yang belum tentu bisa kayak dia.

Karna bosen, jam setengah dua an gua pergi sebentar keluar buat nyari makan dan sempet bingung juga karna banyak banget pilihan di mana - mana. Akhirnya gua menjatuhkan pilihan ke rumah makan cak asmo. Karna gua diburu waktu dan takut nanti telat soalnya gua juga kagak tau keadaan atau prosedurnya kayak gimana gua makan cepet - cepet dan langsung balik ke Rumah Sakit.

Keadaan di Rumah Sakit bener - bener sepi banget. Pintu pagar ke bagian rawat jalan udah ditutup sampe tinggal sedikit aja yang disisain. Gua masuk dengan perasaan waswas takut dicegat gitu. Untungnya kagak sih orang yang lain juga dikasi masuk kok. Di bagian radiologi tepatnya di balik pintu kaca tempat yang katanya untuk nunggu bagi yang mau CT Scan cuma ada satu - dua orang aja. Gua tanya ke orang di sebelah gua dan memang di sini tempat nunggunya. Suasana di RS bener - bener beda banget deh. Loket yang tadi buat daftar CT Scan dah tutup dan orang - orang yang biasanya lalu lalang sekarang tinggal kenangan ( #aseek ).

Sepuluh menit kemudian, pintu di sebelah gua terbuka dan keluar beberapa orang dan satu orang yang banyak omong itu pasti dokternya. Dia nyuruh orang di sebelah kiri gua langsung masuk sambil nanyain namanya. Tinggal gua sendiri yang nunggu di situ. Gua pake kesempatan ini buat baca - baca. Kagak lama kemudian ada bapak - bapak juga yang datang terus mondar - mandir terus kayak orang bingung.

Sebenernya gua tau sih ni orang pasti mau CT Scan juga tapi gua males aja ngasi tau. Orangnya juga diem aja dari tadi kagak mau nanya. Yang salah sapa ? Dari tadi dia ngelewatin gua terus sana sini tapi gua kayak kagak dianggep gitu. Ya sekarang silakan aja lu bingung sendiri. Emang enak gaya - gayaan gitu ? Gua ngelanjutin aja baca buku sambil nahan ngakak ngeliat orang itu kebingungan,

Cukup lama sih gua nunggu tapi akhirya pintu kebuka juga dan orang yang kebingungan itu langsung ngedeketin pintu. Gua nyebutin nama gua ke dokter dan gua disuruh masuk. Gua duluan ya pak ? Makanya jangan malu bertanya. Gua masuk ke ruangan yang cukup luas dan mata gua langsung tertuju ke sebuah alat yang cukup besar yang gua tau pasti itu alat buat CT Scannya. Buset alatnya keren banget gimana gitu ( #norakdikit ).

Gua disuruh tiduran di sana dan sempet agak takut gua bakal diapain. Ternyata cuma disuruh diem dan kagak bergerak karna kepala gua bakal masuk ke sebuah terowongan gitu dan kalo sampe bergerak ini harus diulang lagi. Bener - bener berasa kayak naik wahana di Ancol aja gitu pas gua masuk ke terowongannya. Habis itu gua dikasi selimut sama baju anti radiasi dan gua udah takut - takut aja denger kata “radiasi”. Kira - kira kalau tangan gua keluar dari baju anti radiasi ini apa yang bakal terjadi ya ? Hehe, pikiran gua melayang ke mana - mana dan berusaha untuk bener - bener kagak bergerak.

Proses ini agak cukup lama dan bikin gua sedikit khawatir. Sempet kepikiran lagi tentang operasi, terus juga gimana hasil CT Scan ini. Aduh, moga hasilnya kagak bikin gua jantungan. Baru setelah kira - kira 10 menitan dokternya bilang selesai dan gua langsung bangun. Dokter bilang hasilnya bisa diambil besok siang tapi karna sibuk kerja gua mungkin baru bisa ngambil hari senin. Gua pulang dengan perasaan senang karna bisa ngerasain peralatan medis yang canggih ( dan gratis ) tapi juga sedih karna 99 % gua bakal dioperasi yang pastinya bakal banyak ngorbanin waktu, tenaga, dan biaya. Sekarang tinggal nunggu aja hasilnya hari senin. Apapun itu hasilnya gua harus siap……………Semangaaaat !!!

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com