Monday, October 5, 2015

Semua Beralih ke Danz Base

Setiap pergi ke Mall yang ada game centernya, permainan yang gua cari paling cuma satu, Pump It Up. Ada yang tau ? Pump It Up itu nama permainan yang bentuknya kayak kuda - kudaan terus habis itu nanti arenanya bakal muter - muter dan kudanya ikut naik turun, eh, bukan, itu komedi putar. Maksud gua permainan yang bentuknya kayak perahu terus kita muter - muter gitu ( sama aja lah ).

Bukan, bukan itu. Ok, sekarang gua serius seseriusnya. Jadi menurut pasal 1328 KUHP……. ( lah, jadi tambah ngaco ). Pump itu permainan yang mirip kayak pendahulunya, DDR yang dimana kalo di pump ini ada lima anak panah yang harus kita injak dan mengikuti irama / beat lagu yang dimainkan ( susah banget ya ngejelasinnya ? ). Tapi orang sering menyebut permainan ini dengan sebutan “main dance”.

Gua kagak ngarti sih kenapa sering disebut dance padahal yang main pump ini ( kebanyakan ) ga bisa ngedance. Pemain dalam game ini digolongkan jadi dua kategori yaitu Freestyle sama Speeder ( gua ganti dengan kata game ya ? kalo permainan ribet banget nulisnya ) . Freestyle itu ya yang mainnya sambil jingkrak - jingkrak kayak orang kesurupan gitu ( sori ya yang merasa Freestyler, hehe ). Mereka ngafalin gerakan anak panahnya dulu ( kebanyakan mereka ngafalinnya di rumah, tapi kadang juga di toilet umum ), baru setelah hafal mereka bikin gerakannya sendiri.

Karena freestyle itu cenderung banyak gerakan, jadi sangat kagak mungkin main level 7 ke atas ( level 6 aja jarang banget ). Anak panah yang segitu banyak di level tinggi kagak mungkin kan bisa dihafalin ? Seandainya bisa hafal pun bikin gerakannya mustahil banget, baru mau salto eh beatnya udah langsung ngebut aja. Alhasil kepala nyangkut di mesin pumpnya dan selesai sudah…… Selesai maen maksudnya ( kagak ngarti ? Abaikan ).

Aliran yang kedua adalah Speeder. Kalo Speeder ini lebih mengutamakan kecepatan kaki dan stamina. Pemain kategori ini bisa dibilang 80 % dari seluruh pumper yang ada. Hampir semua pemain pump itu Speeder, bahkan Freestyler pun kebanyakan berawal dari Speeder dulu baru pindah haluan ke Freestyler. Gua termasuk Speeder karena gua sama sekali kagak berbakat di bidang tarik badan ( baca : dance ).

Berawal waktu masih kecil dulu, gua sering banget maen ke Mall dekat rumah gua, Hardys. Hampir tiap hari gua ke sana ( bukan buat shopping ya ? Tapi maen ke game centernya ). Waktu itu kakak gua yang lebih dulu bisa maen pump. Yang gua bingung itu kok gua bisa maen pump ya ? Gua kagak inget siapa yang dulu ngajarin tapi tiba - tiba bisa aja gitu dengan sendirinya ( hebat kan ? Tepuk tangan dong ).

Biarpun gua bisa maen pump, itu DULU bukan game favorit gua. Justru yang sering gua mainin itu game semprot - semprotan serangga gitu ( namanya gua lupa ), dan gua sering mainin sama sahabat sekaligus tetangga gua, Ari ( Ari, lu di mana ? Kangen banget gua ). Kami sering banget dapat tiket banyak dari main di situ soalnya kami selalu tamatin gamenya. Biasanya setiap tamat gua dapat 25 tiket dan Ari juga sama. Waktu itu 20 tiket aja udah bisa dituker sama es krim ato fruit tea ( kebayang kan kalo maen berkali - kali ? ).

Sedangkan pump ? Udah bayarnya mahal, capek, kagak dapet tiket lagi. Maka dari itu gua jarang banget main pump kalo kagak diajak temen. Nah, kagak tau kenapa si Ari ini lama - lama sifatnya agak berubah. Dulu dia anaknya baik - baik ( sapa dulu temennya ? ), tau - tau dia malah temenan sama anak - anak nakal di deket rumah. Ya kami pisah ranjang eh maksud gua pisah jalan deh. Gua tetep maen ke hardys biarpun cuma sendiri, tanpa cintamu lagi, hoooo hoooooo ( lah, malah jadi lagunya Alm. Nike Ardilla ).

Mati satu tumbuh seribu, kepala batu tak berbulu, kutu buku ketuk palu, ternyata di Hardys gua ketemu teman - teman baru. Ada anak namanya Ayu dan temennya yang lagi satu. Si Ayu ini juga bisa maen pump dan bisa maen semprot - semprotan nyamuk kayak gua. Widih, good bye Ari, gua udah kagak butuh elu lagi, cuiiiih. Main aja sana sama temen - temen lu itu ( jahat banget ya gua ? Tapi sebenernya gua kagak seperti yang kalian pikirin kok, makanya, nasi……).

Tanpa Ari, gua tetep bisa maen sepuasnya dan kami juga sering namatin game semprot nyamuk itu. Eh, tapi tunggu dulu…………… Tema artikel gua kan bukan tentang game semprot nyamuk ya ? Wah, saking semangatnya nulis gua jadi OOT. OK, gua langsung cut aja ya ? ( yah ). Tenang , kapan - kapan lanjutan dari cerita game semprot nyamuk bakal gua bahas, makanya tongkrongin terus ya ?

Waktu pertama kali bisa maen game ini ( sekitar kelas 2 SD ), gua masih amatiran banget. Maen ya paling level 2 ato 3 ( paling mentok ya level empat ). Lagu yang paling gua suka itu Beethoven virus sama winternya Antonio Vivaldi ( sebenernya bukan lagu sih, lebih tepatnya musik ). Dan perkembangan gua ya gitu - gitu aja. Tetep di level segitu.

Karna suatu hal, gua kagak main pump lagi waktu kelas 5. Istilahnya bener - bener pensiun deh. Sampe waktu gua baru lulus SMP ( buset, lama amat ya ? ), sahabat gua dari SD yang juga temen maen pump gua ngajak maen pump di hardys. Pumpnya baru cuy, namanya Fiesta 2011, waktu itu gua belum ngerti apa - apa. Pas nyobain, surprisingly gua udah bisa level 7, padahal maen aja kagak pernah. Itu pun gua kagak kayak orang yang baru belajar. Lancar deh yang jelas.

Sahabat gua ini ( sebut aja Bunga ), perkembangannya kagak sebagus gua. Padahal dulu kami sama - sama bisa level 4 tapi ternyata sekarang kemampuannya ya masih level segitu aja ( bangga dikit, hehe ). Lama - lama gua jadi tau cara full mode ( bikin lagunya lengkap semua ), belajar main double, no bar ( main tanpa pegangan ), dan banyak lagi.

Perkembangan gua makin pesat dan gua berubah jadi……. Wonder Woman. Ga gitu juga. Dalam waktu kurang dari enam bulan, gua udah bisa level 20 an ( single dan double ) bahkan nyaingin beberapa dewa / master yang lain. Kalo dulu masih suka minder pas ada master main, sekarang mah langsung….. kabur.

Tahun 2011 itu emang tahun - tahun ramenya Pump It Up. Apalagi kalo malem minggu, jangan ditanya deh, semua game center di mall yang ada pumpnya pasti bakal dipenuhi udara manusia ( maksud gua lautan ). Ada yang nungguin di escalator, ada yang muter - muter dulu, ada yang duduk - duduk di dekat pumpnya tanpa rasa malu ( biasanya yang ini anak - anak club ). Kalo perlu masing - masing bawa tikar aja ya dari rumah sekalian nginep gitu di sana ?

Yang namanya segala sesuatu pasti ada musimnya ya ? Begitu tahun 2014 game ini udah kagak serame dulu lagi. Boro - boro bawa tikar, satu orang maen aja kagak ada. Pump udah sepi peminat. Mungkin udah pada sibuk kerja, bosen ato levelnya kagak berkembang makanya pensiun ( wkwkwk, makanya belajarnya sama gua aja, dijamin tambah ancur ). Suka miris kadang ngeliat keadaan sekarang kalo dibandingin sama yang dulu.

Baru - baru ini ( sekitar setahun lalu ) ada game baru di hardys yang namanya Danz Base. Game ini cukup menarik banyak orang karna berbeda dengan pump, kita cukup meniru gerakan - gerakan yang diperagakan di layar dan ada sensor yang membaca gerakan kita. Ini juga lebih mudah karna baik level easy, normal, hard atau master itu gerakannya tetep sama cuma bedanya kagak ada lingkaran sensor yang ngebantu di level master.

Tapi ya sensornya gampang diakali. Gerakan - gerakan yang susah tinggal asal gerak - gerakin tangan asal aja entar juga kebaca sama sensornya. Jadi ya jangan kaget orang cuma asal gerak sana sini kagak sesuai yang diperagain malah skornya bisa dapet S. Tapi payahnya, setiap gua main ( dari dulu sampe sekarang ), kagak pernah satu kalipun dapet S ( padahal udah ngikutin gerakannya banget. Paling mentok ya dapetnya A.

Beda banget sama yang lain, kayaknya gampang banget dapat S gitu. Mau asal gerak kek mau ngikutin banget ya pasti dapet S. Mungkin sensornya ada dendam kesumat sama gua gitu jadi selalu rusak pas gua maen. Gara - gara kehadiran game ini juga game center di Hardys jadi rame lagi. Sayangnya, mereka kebanyakan berasal dari pemain pump.

Sedih banget ngeliatnya. Kalo dulu pump jadi game yang selalu jadi prioritas utama, sekarang cuma dijadiin game sampingan doang. Kalo mereka gesek Danz Base sampe tiga kali ya di pump paling cuma sekali dan itu juga dengan alasan karna masih nunggu giliran maen ( parah ). Kebanyakan dari mereka itu pumper yang levelnya kagak pernah berkembang ( stag di level segitu aja ) jadi karna bosen pada beralih ke danz base dan malah ketagihan ( makanya belajar sama gua, huh, kan udah gua bilang dari tadi ).

Ada beberapa orang yang salah satunya murid pump gua pas ditanyain, “ga maen danz base ?”, dengan polosnya jawab “ga kak, kurang tertarik” ya pokonya alasann yang diplomatis gitu pengen tetep maen pump. Eh ternyata sebulan dua bulan gua liat dia udah maen danz base dan bahkan akunnya udah level 20 ( set dah ). Gua paling cuma bisa nganga dan bilang “ya sudahlah” sambil nangis di pojokan.

Yang bikin gua males main danz base selain sensornya yang punya dendam kesumat sama gua dan anak pump yang pada move on ke danz base ( tunggu dulu, pump bisa melahirkan sampe punya anak ? ), harga untuk maen danz base itu cuku menguras kantong. Sekali maen aja ngabisin 5500, mendingan uangnya kasi ke gua aja deh ( lah ? ). Bandingin sama pump yang cuma 3000.

Tapi ya biarpun mahal gitu tetep rame. Kagak sayang duit kali ya ? Malah ada yang maen dari pagi sampe sore dan itupun hampir tiap hari. Kebanyakan ya anak sekolahan gitu yang masih minta sama ortu. Mungkin belum ngerasain susahnya nyari duit kali ya ? Kalo gua jadi mereka mah mending uangnya ditabung buat……. Ada deh, kepo banget lu.

Makin lama pump yang di Hardys makin jelek dan rusak injakannya. Gua juga males ke sana karna pada banyak anak maen danz base. Jadi gua pindah markas ke Ramayana ( udah kayak PBB aja ya padahal yang pindah cuma gua sendiri aja ). Ramayana jadi tempat tongkrongan gua setelah pindah dari Hardys karna lebih tenang dan pumpnya udah versi terbaru. Selain itu……Kagak ada danz base, hehe.

Di Ramayana gua sempet ngalamin kejadian yang menjengkelkan yang lu bisa baca di “Jadi Tersangka Maling Hp” . Tapi untungnya di saat gua ke sana lagi keadaan aman - aman aja dan gua kagak perlu ditangkap dewan keamanan PBB cuma gara - gara kagak ada tersangka lain. Ok, lanjut cerita beberapa minggu udah comfort di sana tau - tau ada mesin baru yang sebelumnya kagak ada di sana dan itu………….. Danz Base.

Ok, gua ngambil sisi positifnya aja. Setidaknya di sini pemain danz base kagak sebanyak di Hardys dan malah gua liat kagak ada yang maen nih. Kesempatan dah buat belajar. Dan………………..Sama aja. Skor gua tetep A dan A dan malah ada yang B juga. Kenapa sensor Danz Base selalu kayak gini ke gua ? Pengen banget gua coba tanya langsung ke sensornya tapi ntar gua disangka orang gila jadi gua urungkan niat itu.

Minggu depan dan minggu depannya lagi udah mulai rame. Beberapa sih gua belum liat sebelumnya tapi kayaknya mereka semua pindahan dari Hardys deh habisnya level udah pada tinggi - tinggi. Kagak mungkin baru maen sekian minggu level udah gede dan bahkan ada beberapa yang maen sambil membelakangi layar ( saking hafalnya ).

Karna ( lagi - lagi ) gara - gara danz base ini pump jadi nganggur dan gua juga kagak tahan ngeliat orang pada maen ngasal tapi dapet S terus, gua harus say good bye lagi ke Ramayana. Terus ke mana lagi ? Mall terdekat dari rumah gua yang ada pumpnya cuma dua ini aja. Ke kuta ? Jauh banget. Ogah deh, toh gua lebih sering nonton daripada maennya. Ya terpaksa deh sekarang tempat tongkrongan gua di gramedia. Kembali jadi kutu kupret eh maksud gua kutu buku. Gapapa, biar jadi anak pinter. Main game terus juga kagak bagus. Sekarang tempat ini jadi tongkrongan “tetap” gua kecuali kalo suatu saat nanti pihak gramedia pengen bikin konsep baru dengan bikin toko buku yang sekalian ada game centernya gitu ( khayalan tingkat tinggi ) dan ternyata danz base dimasukkin juga ya gua harus pindah markas lagi. Ke mana ? Ke hatimuuuuuuuuuu…………

6 comments:

  1. good deh..gw termasuk pumper jg dulunye.. tp ud move on ke danzbase wkwk

    ReplyDelete
  2. gw termasuk pemain pump yg hijrah wkwk maapkan aku menghianatimu pump... *etdah

    ReplyDelete
  3. seru baca artikelnya, lagi nyari-nyari artikel tentang Danz Base eh malah nyasar ke artikel haters-nya Danz Base.. *becanda*
    wakakaka...

    ReplyDelete
  4. ._.) Main danz base krn g kesampean kinect

    ReplyDelete
  5. ._.) Main danz base krn g kesampean kinect

    ReplyDelete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com