Monday, September 14, 2015

Black Screen Lagi............

Bisa dibilang mungkin gua salah satu orang yang agak gaptek. Gimana kagak gaptek waktu SMA aja gua belum punya laptop ? Anak - anak yang lain rata - rata masih SMP bahkan SD aja udah punya laptop sedangkan gua cuma bisa gigit jari . Jadi kadang ngiri aja ngeliat temen - temen yang lain pada gampang bikin tugas tinggal klak klik dikit langsung kelar sedangkan gua sendiri harus ke warnet dulu buat nyari informasi seputar tugas - tugas dan materi ulangan. Yah beginilah derita anak tiri ( apa hubungannya ? ).

Akhirnya awal tahun 2015 kemarin gua beli laptop punya temen seharga dua juta. Speknya lumayan sih dengan RAM 2 GB, DVD drive, Bluetooth, ya cukup memuaskan lah. Minusnya di batere karna udah bertahun - tahun dipake jadi aus dan baru dipake setengah jam bahkan kurang aja udah langsung habis. Belum lagi karna baterenya Li - Ion ( bukan polimer ) jadi berat banget kalo dibawa ke mana - mana beda kayak laptop zaman sekarang.

Biarpun harga cuma segitu tapi tetep aja yang namanya second tetep aja second. Kadang ngerasa jengkel aja masak baru dipake bentar udah habis ? Kan otomatis charger harus terus di pasang n itu juga kagak baik buat kesehatan ( kesehatan laptop gua maksudnya , hehe ). Temen gua ex pemilik laptop ini nyaranin gua refill baterenya aja. Gua coba ke tempat - tempat service dan nanyain perihal refill dan begonya satupun kagak ada yang ngarti bahkan tau sedikitpun tentang refill batere. Semuanya nyuruh ganti batere aja.

Sempat putus asa, gua ke Service Centernya dan jawaban yang sama pun dilontarkan. Apa di Bali kagak ada yang tau tentang refill batere sama sekali ya ? Padahal di Internet jelas - jelas banyak kok orang yang nawarin jasa ini. Sampe temen gua yang kuliah jurusan komputer pun gua tanyain dan mereka juga bingung dan ngeliat gua dengan tampang bego. Ok, lupakan. Intinya memang solusi satu - satunya cuma ganti batere. Berarti harus nunggu gajian dulu deh ( hiks ).

Karena masih awam soal laptop pernah suatu kali laptop gua kena virus dan kagak bisa masuk ke desktop ( cuma blackscreen / layar hitam ). Gua langsung bawa ke service center dan disuruh bayar 70 k ( cuma untuk diagnosanya doang ), itu belum ditambah biaya service yang pastinya bakal lebih banyak lagi. Males banget deh. Gua bilang aja masih mikir - mikir dulu. Begitu mau balik tiba - tiba datang mas - mas pegawai sana yang usianya kira 20 an terus dikasi tau sama mbak Customer Servicenya masalah laptop gua.

Dia langsung ngecek dan bilang ini karna virus ( gua juga dah tau kali ) terus dia nekan tombol Ctrl + alt + del terus ngetik explore dan tau - tau dekstopnya langsung keluar dan muncul gambar. Wow, keren, gua bilang makasi dan pamit pulang. Masih belum puas gua pergi ke tempat service lain. Ternyata begitu cara yang tadi gua praktekkin lagi kagak terjadi apa - apa dan mereka cuma bilang satu - satunya cara harus install ulang. Itu artinya game house yang gua simpen di “C” bakal ilang dan harus keluar duit 100 k ( emang nasib ). Gua disuruh dateng lagi malemnya tapi karna kagak sempet, gua minta diambil besoknya aja.

Besok paginya gua deg - degan takut kalo laptop gua kagak bisa dibenerin. Ternyata di sana laptop gua udah baikan dan udah diinstalin beberapa program. Haha, bagus deh. Tapi tetep sedih karna harus keluar duit 100 k. Gua berharap ini masalah pertama dan terakhir dari laptop gua eh dua bulan setelahnya ( sekitar maret lalu ) waktu itu gua lagi mau nyalain laptop. Entah kenapa gua iseng - iseng setelah nekan tombol on gua malah asyik nekan asal - asalan keyboard laptop gua ( kayak orang main piano gitu ).

Lah ? Kok setelah tulisan “Acer” keluar layarnya langsung item dan kagak bisa booting ? Masalah apa lagi ini coba ? Ada hubungannya sama gua ngetik asal - asalan itu ya ? Gua ketik keyboardnya dan keluar bunyi bip keras dan panjang. Waduh, gua langsung panik dan nyari informasi di internet tentang hal ini. Gua coba cara - caranya dan satupun kagak ada yang berhasil. Hadeh, gua coba hubungi temen dan coba diinstal ulang juga kagak bisa ( loadingnya kagak mau jalan ) dan temen gua menyimpulkan kalo hard disknya rusak.

Gua pergi ke salah satu service Acer dan mereka juga bilang kalo ini harus beli hard disk baru. Oh, bener - bener mengecewakan. Harga Hard disk kan juga kagak murah. Tapi kalo kagak ada laptop juga bakal susah kalo bikin tugas. Gua mutusin ke tempat service yang lain besoknya biar lebih banyak referensi dan bisa ngebandingin yang mana solusi paling tepat. Daripada salah langkah kan repot.

Tiba di salah satu tempat service ( lebih tepatnya sih toko laptop ) gua nanyain tentang masalah ini dan hal yang mengejutkan dia bilang kalo keyboardnya yang rusak. Ini bagi gua kabar baik sih soalnya harga keyboard cuma 400 k sedangkan hard disk nyampe 700 k ( untuk yang 500 Gb ). Akhirnya gua minta tolong coba diganti dulu terus gua pergi ke ATM ngambil duit. Begitu balik gua cek dan ternyata hasilnya sama. Jiaaahh, cape deh. Yang lainnya bilang coba diganti dulu hard disknya terus install ulang. Gua tanya berapa biayanya dan ternyata totalnya 850 k ( buset, bangkrut dah gua ). Gua setuju karna males harus ke sana sini lagi.

Deg - degan menunggu hasil ternyata setelah ganti hard disknya dan di install ulang, laptopnya bisa booting juga akhirnya dan bisa masuk desktop. Puji Tuhan deh. Gua minta diinstalin game house, Microsoft office, dan program standar yang lain. Akhirnya kelar deh masalah ini. Gua kesel dan kasian sama mas tukang servicenya yang bilang kalo keyboardnya rusak. Malu banget dah tuh. Dia tetep membela diri kalo keyboardnya juga rusak lah padahal jelas - jelas tanpa perlu ganti keyboard laptopnya bisa nyala kok. Dasar tukang tipu ! Pengen banget gua timpuk tapi karna gua lagi bahagia ya gua maapin deh tu orang. Gua pulang tanpa beli keyboardnya juga.

Dan akhirnya tinggal satu masalah lagi yaitu batere. Kesel juga kalo setiap make laptop harus di charge terus. Tapi yang jelas gua kagak bakal beli di tempat ini ( habisnya mahal banget matok harga ). Besoknya gua coba cek harga batere di tempat lain. Kalo di tempat yang kemarin harga batere ori nya nyampe satu jutaan lebih. Yang kw aja 800 k ( hadeh, mau jualan ato meras dompet gua tuh ? ). Gua coba datang ke salah satu service Acer. Harga batere kw nya nyampe 700 k dan gua mutusin beli itu aja. Begitu mau buka ternyata tukang servicenya kagak bisa buka batenya. Hah ? Tukang service macam apa ini ? Gua malah ditanyain gimana caranya dengan alasan ini laptop lama bla bla bla.

Parahnya lagi. Gua disuruh nunggu soalnya stok batrenya habis dan laptopnya bakal di bawa dulu sama dia ke tempat stoknya yang jaraknya kira - kira hampir 5 km dari situ. Gua pastinya kagak mau dong. Entar kalo ada kenapa - kenapa gimana coba ? Lagian ni orang juga susah dipercaya. Akhirnya gua bilang kagak jadi dan langsung pamit keluar.

Ga jauh dari situ ada toko laptop kecil dan gua masuk ke sana. Gua nanyain masalah batere dan surprisingly, harga batere ori cuma 600 k. Serius lo ? Haha, gua sendiri juga awalnya antara percaya dan tidak. Ya gua beli yang ori dong, ngapain beli yang kw kalo harga yang ori semurah itu. Dengan bahagia gua langsung beli dan biarpun nunggu agak lama begitu gua coba dan emang memuaskan. Kagak ada lagi tulisan “Consider Replacing Your Battery” kayak sebelumnya. Gua pulang dengan perasaan bahagia.

Setelah kejadian itu ( bulan maret ), kagak ada lagi kejadian aneh - aneh lagi sampe rabu malam kemarin pas mau nonton film tiba - tiba ada tulisan peringatan “Low Storage” gitu dan film yang gua tonton harus di exit dan laptop harus direstart. Kalo cuma sekali dua kali sih kagak kenapa tapi ini udah hampir seminggu dan kagak mungkin gua harus kayak gitu terus. Akhirnya gua diemin aja. Kagak taunya film yang gua tonton tiba - tiba gambarnya error gitu dan buram. Gua coba exit dan coba cek storagenya dan yang masih sisa sekitar 40 an Gb. Gua coba hapus beberapa aplikasi sambil berharap tulisan itu kagak bakal keluar lagi.

Setelah itu gua coba nonton film yang lain eh tau - tau baru beberapa detik laptop gua langsung ke restart sendiri dan…………… Black screen lagi. Hadeh, kenapa lagi - lagi masalah kayak gini sih ? Apa hard disknya lagi yang rusak ? Harus beli hard disk baru lagi plus install ulang ? alamak, kesel banget gua. Kali ini masalahnya lebih parah. Begitu kita nyalain laptop layarnya bahkan kagak ada berwarna sama sekali. Jadi tulisan Acer di awal juga kagak muncul. Buka Task Manager ( Ctrl + Alt + Del ) pun kagak bisa.

Dan terpaksa gua matiin dengan cara kasar ( langsung tekan tombol powernya ) karna kagak bisa shut down. Begitu gua matiin lampu indikator yang nandain kalo batere itu perlu di charger nyala dan mati terus - terusan ( berkedip - kedip ). Waduh, padahal laptop dalam keadaan mati tapi kok lampu indikator baterenya bisa tetep nyala ? Padahal barusan gua charge dan udah full kok. Gua hidup dan matiin lagi laptop tetep aja keadaannya kayak gitu. Gua coba charger lagi baru lampu warna merahnya ilang dan diganti warna biru ( yang artinya laptop lagi dicharger ), tapi begitu gua lepas lagi chargernya lampu merahnya nyala dan berkedip lagi. Waduh, aneh banget.

Gua cari informasi lagi di Internet dan kagak ada satupun yang pernah ngalamin ini. Karna lagi bokek dan males keluar uang lagi gua tanya ke temen yang kuliah di jurusan komputer dan dia nyuruh bawa laptop gua ke rumahnya besok tapi dia kagak janji bisa benerin. Dia malah bilang kalo bisa jadi Motherboardnya yang rusak. Ya ampun, kalo gini udah kagak ada harapan lagi deh. Tapi gua harus optimis dulu.

Kamis paginya gua bangun dan lampu indikator itu udah kagak nyala lagi. Apa artinya masalah udah beres ? Gua coba pastiin dulu dan setelah nekan tombol On, tulisan Acernya keluar juga ( yayyy, seneng banget ), tapi habis itu gua tunggu lagi tau - tau layarnya langsung item lagi dan kagak bisa booting. Cape deh, gua coba matiin dan hidupin lagi malah kondisinya kayak kemarin lagi, Tulisan Acernya kagak keluar dan lampu indikatornya kedap kedip lagi. Berarti emang harus gua bawa ke temen gua nih. Siangnya sehabis ngurus surat rujukan berobat hidung gua ke sana kemari yang bisa lu baca di SINI, gua pulang untuk ngambil laptop dan langsung cabut ke rumahnya ( sebut saja Hercules ).

Sampe depan rumah Hercules gua sms dia kalo udah di depan tapi lama banget dia keluar. Terus gua coba telpon juga nomernya kagak aktif. Wah, jangan - jangan orangnya pergi nih. Tapi motornya ada di depan rumah jadi mungkin dia lagi tidur ato asyik nonton film di komputernya. Gua langsung buka pintu pagarnya dan manggil dia. Setelah agak lama baru dia keluar. Ternyata tadi lagi asyik ngomong sama kakaknya jadi kagak sempet liat hp.

Kakaknya sebenarnya kos di tempat lain tapi saat itu kebetulan lagi nginap di rumah orang tuanya dan di kamar Hercules sekalian minta tolong dibenerin laptopnya yang lagi error sama Hercules. Karena ngerasa kagak enak kakaknya pergi ke luar sekalian mau daftar langganan TV kabel. Sekarang giliran gua yang ngeluarin laptop. Gua ngutarain keluhannya dan ngidupin laptop gua. Dia juga bingung ngeliat kondisi laptop gua yang aneh bin ajaib itu. Dia coba ngidupin dan matiin tetep kagak ada perubahan.

Iseng - iseng gua coba nyuruh dia bongkar baterenya kali aja bisa membantu ( padahal gua juga kagak yakin sih apa hubungannya batere sama blackscreen ? ). Jangan sampe deh kalo harddisknya rusak lagi padahal kan belum ada setahun belinya, apalagi motherboardnya ato yang lain. Semoga aja dengan install ulang masalahnya bisa kelar. Dia coba bongkar baterenya, dan……..Dia kagak bisa buka.

Setau gua sih dulu dia dengan gampangnya bisa buka deh waktu laptop gua blackscreen dan minta tolong dia benerin. Tapi ini kok kayaknya susah banget ? Gua coba bantu dia sedikit dan akhirnya bisa juga ( ternyata dia kebalik cara bukanya ). Batere dilepas terus laptop dicharger dalam keadaan tanpa batere. Laptop dihidupkan dan…………….Tulisan Acernya keluar, tapi gua belum senang dulu, jangan - jangan cuma PHP doang terus blackscreen lagi. Ternyata kagak cuy, laptopnya berhasil booting dan berhasil masuk ke desktop.

Apa ini mimpi ? Gua juga kagak percaya sebenernya. Ternyata caranya sesimpel ini. Tapi belum tau ya kalo baterenya udah dipasang apa bakal error lagi. Sebelumnya gua lihat berapa sisa memori di “C” dan Free Spacenya nambah jadi sekitar 100 an Gb. Kok bisa ? Entahlah. Berarti itu kabar baik karna masalah Low Storage udah teratasi. Kali ini batere di pasang lagi dan laptop dihidupin lagi. Jreng Jreng Jreng, berhasil dan lancar jaya men. Wow, gua bahkan bingung sendiri ternyata kagak perlu install ulang ato beli ini itu lagi.

Maklum lah walau gua beli laptopnya murah tapi karna tetek bengeknya sering rusak totalnya sampe sekarang ngabisin empat jutaan lebih ( sama aja dong kalo beli baru ?). Ya namanya juga masih awam soal laptop dan kalo tau gitu sih dari awal mending beli baru aja soalnya kadang sering deg - degan aja sama laptop ini. Ada aja masalah yang aneh - aneh dan di luar nalar. Tapi untungnya gua kagak terburu - buru mutusin bawa ke tempat service jadinya masalah kali ini kagak perlu sampe harus ngeluarin biaya segala. Kalo gua bawa ke Service Acer pasti ujung - ujungnya suruh install ulang lagi. Habis service singkat itu gua minta tolong diinstalin idm sama antivirus soalnya yang waktu itu dikasi sama Service Acer versi trialnya ( pelit banget ya ? ). Akhirnya masalah berakhir dengan happy ending dan gua bisa nulis artikel tanpa perlu ke warnet kayak kekhawatiran gua sebelumnya. Thanks, Hercules…………..

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com