Thursday, December 17, 2015

Persiapan Sebelum Operasi

Setelah ngurusin surat JKBM dan surat rujukan, gua kontrol lagi ke Rumah Sakit Sanglah Hari Senin tanggal 23 November. Sebenernya sih gua males soalnya disuruh ke sana lagi tiga minggu sebelum operasi yang berarti itu di awal Desember tapi setelah dipikir - pikir rugi juga kalo gua udah capek - capek ke sana kemari ngurusin surat rekomendasi di Kepala Lingkungan, bikin surat JKBM ke ke Kelurahan, surat rujukan di puskesmas dan RSUD tapi cuma dipake sekali doang.

Akhirnya dengan niat sekedar iseng - iseng gua memantapkan diri untuk kontrol. Di loket delapan kagak ada masalah begitu juga pas lagi nunggu di poliklinik. Semua berjalan lancar sampe nama gua dipanggil. Dokter yang ada di Rhino tetep sama si Dokter Cewe kacamata yang sebelumnya juga nanganin gua. Seperti biasa dia nanyain keadaan hidung gua dan keluhan - keluhan yang ada. Gua jawab kalo keadaan gua masih gitu - gitu aja.

Dan tahukah elu ? Kedatengan gua di sana ternyata tepat banget karna sebelum operasi ada banyak hal yang harus disiapin dan dilakukan. Lah kalo gitu kenapa gua malah disuruh dateng awal Desember ? Untung gua dateng waktu itu. Gua disuruh cek lab dan rontgen thorax sebagai persiapan awal. Jadi gua dapet dua surat pengantar sekaligus setelah selesai kontrol. Tapi masalah yang pertama adalah gua kagak tau di mana letak Laboratoriumnya.

Kata Dokter Cewe itu sih deket sama Apotek yang lama. Gua cari dan ternyata ketemu. Ada tulisan Laboratorium di atasnya cuma gua agak sangsi. Kenapa kayak bekas dibongkar gitu dan sepi banget. Dan begitu gua masuk emang keadaan sepi banget dan ada alat - alat tukang gitu di mana - mana jadi gua keluar lagi. Gua coba tanya ke bagian informasi dan katanya deket sama Radiologi, aduh gimana sih bingung gua jadinya.

Begitu mau masuk pintu gerbang ke Radiologi eh gua lihat ada pegawai RS yang masuk ke Lab yang tadi. Gua ikutin aja berharap dapet petunjuk. Pas gua tanya ternyata dia emang mau ke Lab juga cuma dia sama bingungnya kayak gua. Jadi karna kami punya tujuan yang sama gua nebeng ngikutin dia yang juga sama bingungnya. Di tengah jalan anggota geng kami nambah lagi satu orang karna ada Bapak usia 40 an yang mau ke Lab juga. Udah berasa kayak Trio Macan aja kami jalan beriringan gitu sambil nanya - nanya.

Sampe juga di tempat tujuan dan ternyata emang kagak begitu jauh dari Radiologi. Gua masuk ke Labnya dan agak bingung harus ngapain. Tempatnya cukup rame dan ada ruang tunggunya juga kayak di Poliklinik. Gua nanya ke petugasnya dan yang harus gua persiapin berkas - berkas kayak biasa kayak fotocopy surat JKBM, fotocopy KTP, KK, surat rujukan dan yang satu lagi tentunya fotocopy surat pengantar yang udah dikasi dokter barusan masing - masing rangkap dua.

Gua langsung ke tempat fotocopy RS yang letaknya deket sama UGD. Prosesnya lumayan cepet karna yang ngantre kagak serame biasanya. Hal yang paling gua kagak suka dari pegawai di situ itu “Jarang Senyum” dan kagak pernah ngomong makasih kalo gua udah bayar. Selama berpuluh - puluh kali gua kontrol dan fotocopy di situ sikap mereka selalu nyebelin gitu. Aduh, belagu banget dah pokoknya. Kalo bukan karna buru - buru dan banyak kegiatan gua kagak bakal mau fotocopy di situ.

Selesai fotocopy gua balik lagi ke Lab. Di depan ada tempat untuk ngambil nomer antrean yang tombolnya ada banyak banget. Gua bingung tombol mana yang harus ditekan tapi kalo nanya ke orang rasanya kok males ( kesannya kayak bego banget gitu ). Ya udah akhirnya gua tekan tombol warna merah satu - satunya yang ada di situ ( karna yang lainnya warna putih ), dan……..feeling gua bener. Gua masuk ke ruang tunggu dan duduk di sana.

Begitu nomer antrian gua dipanggil gua maju dan nyerahin semua berkas yang diperlukan. Gua disuruh ke komputer sebelah setelah petugasnya ngecek kelengkapan berkas gua. Gua agak kurang ngeh soalnya sama sekali kagak ngarti prosedurnya dan berharap yang gua denger itu kagak salah. Gua menuju komputer sebelah yang dijaga seorang Bapak yang mukanya agak galak gitu. Gua disuruh ngeluarin kartu RS dan gua kasi ke dia.

Cukup lama dia ngetik - ngetik gitu dan gua masih berdiri di depan dia. Berharap ada petunjuk tapi dia tetep diem aja. Akhirnya gua memberanikan diri nanya…………….

Gua : “Emm, pak, untuk selanjutnya saya ke mana ya ?”

Doi : “Tunggu dulu ya dek ?”

Gua : “Tapi habis itu prosedurnya gimana ya pak ?”

Doi : “Nanti saya panggil. Tunggu dulu di sana.” ( dengan muka diserem - seremin ).

Jiah, orang nanya baik - baik malah jawabnya jutek gitu. Gua duduk dan ngeliat - liat keadaan di sana. Di ruangan sebelah gua lihat orang - orang pada ngantre buat disuntik. Tau dari mana ? Karna ruangannya kagak ada penutup / sekat jadi orang - orang yang disuntik pun bisa gua lihat dengan jelas. Jadi tujuan gua ke sini itu buat disuntik ? Hmmm, terakhir gua disuntik itu waktu masih SD kelas enam jadi udah lupa sama sensasinya, hehe.

Tapi jangan berpikir ngeres, di sini itu yang disuntik cuma tangan aja, jadi bukan organ tubuh yang tertutup sama pakaian. So wajar - wajar aja sih kalo ruangannya kagak ditutup. Sepuluh menit kemudian gua dipanggil sama bapak jutek itu dan dikasi semacam barcode gitu. Apalah itu kagak ngarti gua dan gua disuruh langsung ke ruangan tempat orang disuntik itu.

Di sini yang gua kagak ngarti lagi. Kita sama sekali kagak dapet nomer antrian jadi ya orang yang mau disuntik harus ngantri di belakang mereka yang lagi disuntik. Intinya siapa cepet dia dapet. Gua langsung standby buat ngantre. Karna sama sekali kagak ngarti prosedurnya ya gua ikut - ikut yang lain aja.

Tiba giliran gua disuntik. Gua disuruh nyerahin tangan gua ke dia ( cielah ). Tensi gua dicek dulu sebelumnya dan gua harus ngepalin tangan. Selesai dicek, susternya ngeluarin jarum suntik dan tangan gua mulai ditusuk. Cuuuuuuus, itu tangan kayak lagi digigit sama semut merah yang gede - gede gitu. Dan…….lama banget. Ini kok kagak kelar - kelar ya ? dan nusuknya itu juga dalem banget ( beda kayak waktu tes alergi yang cuma dicuil - cuil ).

Tangan gua dikasi kapas dan diperban. Lalu ? Kuping gua sekarang yang disuntik. Hah ? Tangan gua aja disuntik rasanya kayak gitu apalagi kuping. Tapi kata dokternya sih kagak sakit. Dan dengan perasaan takut - takut gua menyerahkan kuping gua. “Sudah selesai” kata susternya dalam waktu kurang dari lima detik. Ternyata sama sekali kagak kerasa apa - apa ( wow ), dan gua jadi ketagihan disuntik di bagian kuping.

Ternyata setelah disuntik gua udah boleh pulang. Cuma segitu doang ? Gua pikir bakalan rempong gitu prosesnya ada tes urin lah, ini lah itu lah ternyata emang cuma disuntik doang. Hasilnya bisa diambil hari Selasa tapi karna gua kerja jadi bakal gua ambil Hari Kamisnya. Lanjut deh dari Lab gua ke Radiologi. Setelah ngumpulin berkasnya gua duduk nunggu nama dipanggil.

Urusan berkas beres gua masuk ke ruangan sebelah tempat orang pada nunggu dirontgen. Sebelumnya sih belum pernah rontgen thorax tapi berdasarkan pengalaman rontgen hidung sama CT Scan gua rasa kagak ada masalah. Gua malah happy bisa periksa gratis, hehehehe. Begitu gua dipanggil gua masuk dan disuruh buka baju. Kalo dulu hidung gua yang disuruh nempel ke alatnya, sekarang dada gua.

Proses berjalan cepat dan gua enjoy - enjoy aja. Selesai rontgen gua nunggu sebentar di luar untuk jaga - jaga kalo misalnya hasilnya bisa diambil hari itu juga, tapi karna udah lebih dari setengah jam nunggu kagak ada kabar akhirnya gua mutusin pulang dan ngambil hasilnya di hari Kamis aja sekalian ngambil hasil Labnya juga.

Kamisnya, tanggal 26 November gua ngambil hasil Lab dan Rontgen Thorax gua. Gua datang lebih awal sesuai petunjuk dokternya. Tapi biarpun dateng lebih awal ( jam delapan ) ngambil hasilnya ini makan waktu lama juga, apalagi pas mau ngambil hasil Rontgen, orang - orang pada kagak mau ngantre. Gua yang udah dateng dari tadi malah didului sama Ibu - ibu yang sok kecakepan gitu, capek deh.

Begitu juga pas nunggu di poli THT, ini mungkin jadi rekor terlama gua nunggu di sana. Biasanya paling lama makan waktu satu setengah jam tapi kali ini gua nunggu dari jam setengah sembilan sampe jam sebelas. Gila kagak tuh ? Sebelumnya sempat jam setengah sebelas pas gua lagi nunggu si dokter cewek itu keluar dan minta hasil Rontgen sama Lab gua. Tapi ya gitu, gua tetep disuruh nunggu di luar dan jam sebelas baru nama gua dipanggil. Dan lu tau ? Di sana gua cuma sekedar ditanya keluhannya apa bla bla dan kagak sampe lima lima menit gua disuruh keluar lagi. Lagi ? Ya, dan artinya gua harus nunggu nama gua dipanggil lagi.

Yups, dan penderitaan gua kembali lagi. Baru akhirnya setengah jam kemudian gua disuruh masuk lagi……………..

Dokter : “Jadi begini ya Vega, kami sudah lihat hasil check Labnya. Dari hasilnya diketahui kalo Vega cenderung mengalami pendarahan hebat. Untuk memastikan lagi kita Check ulang ya ?”

Gua : “Oh, jadi saya check lab lagi ?”

Dokter : “Iya, untuk memastikan saja.”

Gua : “Kalo seandainya benar hasilnya seperti itu berarti saya ga bisa operasi ya ?”

Dokter : “Ga begitu Vega, kita pasti akan cari solusinya mungkin dikasi obat atau bagaimana. Jadi Vega jangan menyerah dulu ya ?”

Gua : “Terus check labnya kapan ? Hari ini bisa ?”

Dokter : “Kalo sekarang udah ga bisa soalnya udah siang dan sudah mau tutup.”

Gua : “Waduh, gimana ya ? Saya sibuk soalnya ?”

Dokter : “Vega bisanya kapan ?”

Gua : “Kamis gitu bisa ?”

Dokter : “Wah, terlalu jauh itu.”

Gua : “Saya sebenarnya libur Hari Senin, tapi karna Sabtu ini ada libur Saraswati jadi diganti ke hari Senin. Kamis aja yang saya free untuk minggu depan.”
Dokter : “Kalo Seninnya cuma Check Lab aja bisa ga ? Kontrolnya hari kamis sekalian ambil hasilnya.”

Gua : “Gitu ya ? Ya udah deh Hari Senin.”

Dokter : “Hari Senin fix ya ? Saya buatkan dulu surat pengantarnya untuk Hari Senin.”

Akhirnya gua dikasi surat pengantar buat Check Lab ulang untuk Hari Senin. Hadeh, rempong banget dah. Udah nunggu berjam - jam tapi yang gua dapet cuma capek doang. Mau operasi aja ribet banget gini. Gua pulang dengan kecewa. Semoga aja di kontrol berikutnya ada kemajuan. Semoga………………

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com