Friday, August 11, 2017

Petualangan di Lombok Part 2 - Malam Takbiran di Pantai Senggigi

Emang dasar bapak-bapak rempong ya, padahal bakal pergi liburan tapi masih sempet-sempetnya mikirin cucian yang numpuk. Gua nyuci sambil nguap-nguap ga jelas gara-gara ga bisa tidur semalam. Bisa gawat nih kalo gua kelelahan pas di Lombok. Tapi gua juga ga mau pas balik dari Lombok ada PR cucian bergunung-gunung. Mendingan capek di awal aja deh.

Urusan cuci mencuci kelar, gua mandi terus beres-beres barang yang bakal dibawa nanti ke Lombok. Gua cek WA buat ngecek kabar terbaru dari si kancil. Dia udah bales dari jam 2 tadi malam ternyata...............

“Sbb. Ini baru balik. Latiannya kelar jam 7 siih. Lu hari ini bisa gabung ga ?”

Deg, gua bingung mau jawab gimana biar dia gak tersinggung. Gua masih pengen ikut pentas teater tapi di sisi lain gua juga pengen travelling..............

“Jam 7 pagi tadi ? Gua mau ke Lombok nih. Udah terlanjur booking hotel. Habis dari Lombok gua janji bakal latian terus.”

Dan........Gua sent. Entah gimana nanti responnya dia. Gua takutnya nanti dikira ga serius atau gimana. Duh auk ah. Terserah deh kalo dia marah. Gua matiin data internet dan langsung siap-siap. Gua ga sempet sarapan karna perut juga masih belum laper. Temen gua datang ke kos jam 9 an karna dia tadi masih ada urusan. Setelah berdebat cukup panjang akhirnya temen gua mutusin nganterin gua ke daerah Ketewel Gianyar untuk nyari Taxi/bemo ke Padang Bai.

Di jalan temen gua beliin dua nasi bungkus buat bekel pas di kapal nanti (sumpah dia baik banget deh). Lalu kita melesat terus sampe Gianyar. Tapi dari tadi kami kebingungan gara-gara ga melihat bemo, taxi ato angkutan apapun yang mangkal di suatu jalan ato pangkalan gitu. Mulai deh gua panik. Dari tadi yang gua liat cuma truk gede-gede sama bus besar.

Kami berhenti di suatu jalan dan nanya sama orang yang lewat......

Gua : “Mas, mau tanya, tempat pangkalan untuk taxi atau bemo yang ke Padang Bai ga ada ya ?”

Si Mas : “Wah ngga ada lo.”

Temen gua : “Masih berapa lama ke Padang Bai ?”

Si Mas : “Ga jauh kok. Paling sekitar satu jam sih.”

Temen gua : “Wah, jauh juga ya ? Makasih mas.”

Gua cuma diem sepanjang perjalanan. Gua jadi ngerasa ga enak gitu. Kayaknya temen gua pasrah aja terus ngendarain motornya. Tapi ya mau gimana lagi ? Ga mungkin kan mundur lagi. Karna bensin motor temen gua habis, kami mampir ke pom bensin. Gua ngeliat sesuatu yang ga lazim di motor temen gua. Dari knalpotnya keluar asap yang buanyaaaaaak banget dan nyerocos terus ga kayak motor yang lain.

Ketika gua tanya ke temen gua katanya sih olinya bocor gitu. Waduh jadi tambah ga enak deh. Gua terus aja ngeliatin ke belakang sambil ngeri-ngeri sedap. Ntar kalo tiba-tiba motornya meledak pas di jalan jadi horor dong, udah kayak film Final Destination aja tuh. Tapi gua coba terus berpikir positif aja.

Satu jam kemudian kami sampe di tugu selamat datang Karangasem. Untuk pertama kalinya gua ke Karangasem cuy. Sempet ngerasa bingung sama jalannya udah bener atau keliru tapi akhirnya sampe juga di Pelabuhan Padang Bai. Naluri Petualangan gua mulai bangkit.

Di Pintu masuk kami bertanya sama orang yang lagi nongkrong di sekitaran sana.....

Temen gua : “Mas, Pelabuhannya di sana kan ?”

Mas : “Iya, mau ke mana mas ?”

Temen gua : “Ah gak, mau ke sana aja ada teman.” (menyalakan mesin motor)

Seketika gua langsung ngeh. Orang tadi mungkin calo atau apalah itu yang kalo kita tanggepin bisa kena tipu atau semacamnya. Di gapura kami berpisah dan sekarang gua cuma sendiri dan harus berjuang sendiri. Ada banyak banget polisi yang berjaga di sekitar pelabuhan. Mungkin untuk pengamanan yang mau mudik lebaran. Sebelum masuk gua foto dulu gapura selamat datangnya, wkwkwk.

Polisi dengan senang hati menunjukkan jalan ke gua loket tiket kapal Ferry ke Lombok. Di loket antrian ga begitu banyak padahal besok lebaran. Entah mereka sudah beli secara online ato lebih banyak yang pake pesawat. Walaupun sepi tapi tetep aja yang ngantre pada tertib. Orang-orang pada asal aja nyerobot antrian. Gua yang orangnya sabar banget mah cuma bisa ngelus-ngelus dada.

Gua menemukan sesuatu yang janggal. Dari tadi gua ngantre orang-orang yang beli selalu ngomong “tiket ke Nusa Penida” tapi gada yang ngomong ke Lombok. Apa gua salah ngantre nih ? Gua tanya mbak-mbak yang ada di sana dianya juga ga tau. Duh, gua keluar dari loket terus nanya ke orang-orang di luar. Syukur deh ternyata gua ga salah masuk loket. Kata mereka gua tinggal bilang tujuan mau ke mana karna loket ke Nusa Penida dan ke Lombok sama.

Giliran gua tiba. Harga tiket kapal Ferry ke Lombok masih sama yaitu 46 ribu sekali jalan. Gua dikasi e-ticket semacam kartu gitu dan ga boleh hilang. Gua langsung menuju ke kapal. Sebelum naik tiket diperiksa baru gua diizinin masuk. Yups, sejauh ini gada masalah. Di kapal gua melipir ke dalam ruangan ber-AC di tempat duduk yang disediain colokan. Lumayan lah buat charger hp. Gua selfie-selfie terus upload ke Instagram (eksis dong, wkwk). Gua mulai laper dan makan nasi bungkus yang dibeliin temen gua. Gua sisain yang satu bungkus lagi buat di Lombok nanti.

Mungkin gua terlalu awal naik ke kapal soalnya udah setengah jam lebih kapalnya belum jalan juga. Mulai deh gua mati gaya. Gua juga ga tau berapa lama perjalanan ke Lombok. Satu jam kemudian jalan juga kapalnya. Gua ngelirik ke luar dan mulai bosan. Kalo gua diem di sini terus bisa gila gua tapi kalo gua jalan keluar pasti ga lama tempat gua udah direbut sama orang sedangkan gua juga ga mau ambil risiko ninggalin barang gitu aja di sana.

Gua gada pilihan lagi. Selain udah enek dengan ruangan AC, gua juga pingin ke toilet. Di luar dugaan toiletnya bersih banget dan full AC kayak di mall gitu (tapi ga sebagus di mall juga sih). Habis dari toilet gua balik lagi ke tempat gua tadi dan bener aja tempat gua udah diambil orang. Makan dah tu tempat duduk !! Gua ke luar dan naik ke lantai atas ngeliat pemandangan.

Gua ngerasa aneh. Kok jalan gua gak bisa lurus ya??? Rasanya gua jalan kayak mau jatuh gitu oleng sana oleng sini. Baru kali ini gua naik kapal sensasinya aneh gini. Orang-orang pada ngeliatin gua kayak monster gitu karna jalan gua aneh. Apa gara-gara gua kecapekan karna ga tidur semalam ya??

Di lantai paling atas gua selfie sampe rambut gua ikut terbang. Sumpah anginnya kenceng banget deh. Ombak dan anginnya ganas euyyy. Gua turun lagi ke bawah setelah puas selfie dengan jalan semakin aneh dan miring ga jelas. Gua mulai ngerasa mual. Setelah gua baca di internet ternyata ombaknya kenceng karna berbatasan dengan laut Australia atau apalah gitu jadi kita ini ngelawan arus.

Gua ngeliat orang-orang pada tidur dengan cueknya di lantai. Kayaknya gada pilihan lain selain melakukan hal yang sama. Gua mulai rebahan dan jadiin tas gua bantal. Lumayan lah rasa pusing sama mualnya mulai agak hilang dibanding gua duduk. Walaupun gua ga bisa tidur karna khawatir sama barang bawaan plus dipelototin sama orang yang lewat setidaknya bisa rebahan aja udah cukup lah.

Gua cek WA dan si kancil udah balas dari jam 10 pagi tadi ...................

“Oh gitu, okok, have a nice day ya” ^_^

Hmmmm, gaje banget. Apa itu artinya gua tetep boleh ikut latian habis gua balik dari Lombok ato dia maklum kalo gua ga bisa ikut pentas ? Takutnya nanti dia salah persepsi lagi. Tapi gua ga enak nanya. Gua ganti topik pembicaraan lain dan habis itu gua tiduran lagi. Ga sengaja dengerin salah satu penumpang nanya ke awak kapal jam berapa kapalnya merapat. Dan gua shock ketika dijawab jam 3 baru sampe.

Gua ngelirik jam dan ini baru setengah satu. Padahal kapal ini udah jalan dari jam 11 tadi. Buset dah lama amat. Gua jalan-jalan keliling kapal sambil ngebunuh waktu. Pas lagi iseng-iseng duduk, ada mas-mas yang ngajak ngobrol. Widih, ketemu deh temen baru. Kami ngobrol banyak hal dan mas nya ini ternyata semacam ustad atau kyai gitu gua kayak ngarti karna dia mau ke Lombok buat dakwah gitu di sebuah masjid dan dia juga pergi sendiri sama kayak gua. Asek banget dah kita ngobrol macem-macem sampe ga kerasa udah mau jam 3.

Jam setengah 3 Lombok udah mulai keliatan. Gua mulai selfie-selfie lagi sendirian karna mas Ustadnya asik ngomong sama mbak tomboy yang baru diajak kenalan juga. Jam 3 pas kapal udah merapat dan gua langsung turun. Yaps, akhirnya petualangan gua dimulai. Gua turun dengan perasaan cemas tapi sekaligus senang karna bakal berpetualang lagi.

I’m coming Lombok. Sampe juga di Pelabuhan Lembar. Cuacanya lagi mendung pas gua sampe di Lombok. Ketika gua jalan ninggalin pelabuhan banyak banget orang-orang nawarin ojek dan taxi tapi gua cuekin aja terus jalan cepet-cepet. Kata orang yang gua tanya terminalnya ga terlalu jauh dari pelabuhan karna gua harus cari bemo (sejenis angkutan umum di Lombok) yang menuju ke Senggigi.

Di tengah jalan gua lihat ada bemo yang lagi ngetem. Gua deketin supirnya yang lagi duduk-duduk.......

Gua : “Mas, kalo dari sini ke Senggigi berapa ya ?”

Supir : “Untuk berapa orang ya ?” (celingak celinguk)

Gua : “Saya sendiri aja mas.”

Supir : “Kalo ke Senggigi ga ada bemo dari sini. Harus carter. Harganya kalo ke Senggigi 150 ribu.

Gua : “Wah, saya ga ada uang sebanyak itu mas. Kalo ke Mataram aja bisa ?”

Supir : “Oh bisa. Tunggu ya, masih nunggu penumpang yang lain.”

Gua nunggu di luar sambil duduk-duduk. Gini deh kalo ga baca-baca informasi dulu. Iya kali hari pertama langsung ngabisin 150 rb cuma buat ke Senggigi doang yang gua baca jaraknya cuma 50 km dari sini. Gua mah ogah deh. Apalagi setelah gua tanya ke supirnya dari sini ke Mataram yang jaraknya 30 km cuma 25 ribu. Sambil nunggu gua ngeliat jalanan. Kalo di Bali biasanya anjing yang sering kelihatan keluyuran di jalan kalo di Lombok kambing yang gua liat. Dengan santenya mereka di tengah jalan lari-lari sedangkan pengendara harus ngalah dan kadang berhenti dulu sebelum kambing-kambing itu lewat.

Bemo mulai jalan. Tiba-tiba hujan turun deras banget. Syukur deh gua udah di bemo. Gua mulai bingung nanti dari Mataram ke Senggigi naik apa karna udah mulai sore dan takutnya gada kendaraan umum lagi. Gua mulai inisiatif ngecek harga kalo naik gojek dari Mataram ke Senggigi dan ternyata cukup murah cuma 20 ribu. Sip deh, kelar urusan.

Kota Mataram ga beda jauh sama ibukota provinsi yang lain-lain. Jalan-jalan lebar dan keramaian ada di mana-mana. Gua termasuk orang yang suka ngeliat keadaan di kota-kota besar (anak kota gitu loh,wkwkwk). Gua sebenernya pengen bisa nginap di Mataram tapi mungkin di hari terakhir soalnya gua mikirnya Senggigi bakal lebih rame apalagi di malam minggu plus malam takbiran.

Gua diturunkan di tempat mangkal bemo dan untungnya hujan udah reda. Kata supirnya gua naik bemo kuning aja dan minta diturunin di Ampenan. Gua mah iya-iyain aja karna gua maunya naik gojek aja biar praktis. Baru gua turun dari bemo ada bapak tua yang nawarin ojek dan gua bilang ga terus lari menjauh. Bemo kuning yang dimaksud pak supir tadi jalan ngedeketin gua.

Supir 2 : “Mau ke mana ?”

Gua : “Ke Senggigi mas. Berapa ya ?”

Supir 2 : “Oh gitu. Harus carter mas kalo gitu. Mas adanya berapa ?’

Gua : “20 ribu bisa mas ?”

Supir 2 : “Wah, ga bisa mas.”

Gua : “Ya udah ga jadi kalo gitu.”

Supir 2 : “Mas, cepetan naik. Kita ngobrolnya sambil jalan aja. Itu ada preman nanti uangnya mas habis.” (membuka pintu bemo)

Gua langsung naik dan preman yang dimaksud itu bapak tua yang nawarin ojek tadi. Ternyata dia lagi jalan cepet setengah berlari ngedeketin gua. Untung bemonya langsung tancap gas. Kok baru hari pertama aja langsung horor gini ya ? Duh, gua megang jantung gua untung masih belum copot. Nah lo, sekarang gimana nih gua udah terlanjur naik bemonya. Gagal deh rencana naik gojeknya.

Gua : “Oh jadi yang tadi itu preman ya ?”

Supir 2 : “Iya. Mas dari mana ?”

Gua : “Saya dari Denpasar. Baru pertama kali ke sini.”

Supir 2 : “Oh, susah kalo gitu.”

Gua : “Kalo dari sini ke Ampenan berapa ya?”

Supir 2 : “10 ribu.”

Gua : “Ya udah, nanti saya turun di Ampenan aja.”

Supir 2 : “Jam segini biasanya bemo udah sepi mas. Udah ga ada lagi yang ke Senggigi. Kalo naik bemo juga naik turun bisa sampe 4 kali ganti,”

Gua : “Kalo ditotal naik turunnya itu bisa sampe habis berapa ya?”

Supir 2 : “Bisa sampai 90 ribu mas. Mending carter aja bemo ini biar ga capek bolak balik naik turun. Harganya saya samain deh.”

Gua : “Emmmm engga deh mas. Gapapa saya turun naik. Saya udah terbiasa kok.”

Supir 2 : “Saya turunin aja deh harganya mas jadi 80 ribu.”

Gua : “Engga deh.”

Gua udah mulai jengkel. Sepanjang jalan ada 4 sampe 5 kali ni supir bemo ngebujuk gua terus. Ga liat apa tampang gua gembel gini malah disuruh bayar semahal itu untuk jarak cuma 20 kilometer. Lagian gua ga percaya iya kali sampe 90 ribu gila banget. Di Ampenan supir bemo ini mulai ngebujuk gua lagi dan nawarin nganterin dengan jarak yang lebih jauh ga sampe senggigi dengan tambahan 10 rb tapi gua tolak. Duh, maksa banget dah.

Gua turun di Ampenan. Lagi-lagi cuacanya mendung. Dan bener aja gada satupun bemo yang lewat. Gua duduk di taman dan ngecek di map jarak dari Ampenan ke Senggigi sekitar 4 km. Dan kalo naik gojek dari Ampenan ke tempat homestay gua nginap cuma 5 rebu. Waduh, murah amat. Gua coba order lah kalo murah gini.

Hampir sepuluh menit dan ga ada telpon dari gojek yang masuk. Cuacanya makin mendung. Bisa gawat ni kalo ga sampe homestay tepat waktu padahal waktu check in udah dari jam 1 tadi tapi ini udah jam setengah 5. Gua takutnya kena denda gitu di penginapan. karna udah telat lama banget ato malah hal-hal aneh lainnya. Duh jangan sampe deh.

Gua mulai jalan kaki sambil nyari spot lain untuk order. Gua cari-cari alfamart supaya lebih gampang pas dijemputnya dan mulai order lagi. Hujan mulai rintik-rintik dan sama sekali gada gojek yang nelpon setelah hampir 15 menit. Apa jangan-jangan di Lombok gada gojek ya ? Gua ga bisa menunggu sesuatu yang ga pasti begini. Waktu terus berjalan sedangkan jarak yang gua tempuh masih jauh.

Akhirnya gua nyerah. Gua kayaknya harus jalan kaki aja. Jugaan jaraknya cuma 4 km ke jalan raya senggigi. Masih kuat lah. Biasanya keseharian gua juga jalan kaki sampe 6 km ke tempat kerja jadi gada masalah sih walau kali ini dalam rangka liburan. Gua jalan dengan mantap sambil ngeliat map. Sepanjang gua jalan gua deg-degan ngeliat jam yang rasanya makin cepat sedangkan gua masih harus nyari alamat homestaynya.

Jam setengah 6 gua sampe juga di jalan raya senggigi. Gua celinguk-celinguk ke kanan dan ke kiri sambil jalan nyari nama homestay gua. Udah 10 menit jalan gua cari tapi ga ketemu-ketemu. Jangan sampai kelewatan nih. Gua coba cari di google map nama homestay gua dan jaraknya masih 6 km. Waduh, jauh amat. Gua langsung lemes. Gua kira deket tapi nyatanya masih jauh banget.

Gua jalan terus sambil terseok-seok. Taxi yang lewat berkali-kali nglakson gua dan tukang ojek juga selalu nawarin tapi gua tolak. Udah jalan sejauh ini demi pengiritan budget kalo sampe terpaksa naik ojek atau taxi ya rugi deh gua. Jalanan mulai agak sepi jam 6. Gua jalan terus sambil ngeliat sekeliling. Ini jalan sepi banget ya, gada penerangan gitu padahal menuju pantai yang terkenal di Lombok.

Beberapa kali gua ngelewatin pohon beringin dan jalan-jalan sepi tanpa penerangan dan kendaraan cuma lewat sesekali. Ini beneran gua ga salah jalan kan ? Gua mulai lelah. Padahal niatnya berlibur tapi malah capek. Banyak banget hotel-hotel mewah yang gua lewatin dan ngebet banget bisa dapet hadiah undian gitu terus bisa nginep di sana, hehe.

Semakin lama mulai kelihatan pantainya. Gua ga tau di mana jalan masuk ke pantainya karna rugi dong gua jauh-jauh nginap ke Senggigi tapi ga maen ke pantainya ? Tapi tujuan gua sekarang nyari penginapan. Semakin jauh gua jalan gua ngeliat ada tulisan pintu masuk ke pantai gitu. Oh jadi di situ ? Gua cek di google map dan masih 3 km lagi ke homestay.

Loh, jadi gua ketipu nih ? Di traveloka gua lihat jaraknya cuma 300 an meter dari pantai tapi di sini kok malah jauh banget ? Gua jalan terus sambil geleng-geleng sendiri. Masak gua harus jalan 3 km lagi ke sini kalo mau ke pantai ? Itu pikirin nanti aja lah yang jelas gua lagi laper banget dan pengen rebahan sebentar di homestay.

Semakin lama penerangan mulai agak lebih banyak (agak ya?) dan sampe juga di homestay. Gua ga terkejut sih, dengan harga yang gua bayar setara lah. Ga terlalu berekspektasi tinggi juga. Tapi sampe di homestay gada satupun orang di resepsionis. Gua panggil berkali-kali gada jawaban juga. Gua telpon baru akhirnya diangkat. Pemiliknya lagi di dalam ternyata. Gua minta maaf karna datang telat dan gua dikasi kamar yang bersebelahan dengan kamar pemiliknya.

Kamarnya lumayan luas menurut gua yang biasanya tinggal di kos sempit. Colokan juga lumayan banyak. Kamar mandinya aja yang ga bikin gua nyaman ditutupin semacam tirai gitu bukan pintu jadi kalo mandi pasti airnya merembes ke tirai. Showernya agak kusam dan tua gitu bikin ga pengen mandi dan kesannya agak horor gitu tapi ya udahlah.

Gua nanya beberapa hal ke ibu pemilik homestay......

Gua : “Maaf bu, kalo mau ke pantai lewat mana ya soalnya saya lihat jauh banget ?”

Ibu : “Ga jauh ah, orang jalan bentar dari sini langsung nyanpe kok. Paling cuma 200 meter.”

Gua : “Oh gitu, terus kalo mau ke Pelabuhan Bangsal kira-kira naik apa ya yang murah kalo dari sini ?”

Ibu : “Emang adek mau ke mana ?”

Gua : “Saya mau ke Gili Trawangan rencananya besok bu.”

Ibu : “Oh kebetulan saya di sini ada jasa Shuttle bus dek dari sini ke Gili Trawangan harganya 75 ribu.”

Gua : “75 ribu itu sampai ke Bangsal aja apa sekalian nyeberang ke Gili Trawangan ?”

Ibu : “Sudah nyebrang ke Gili. Gimana, mau ? Soalnya di sini jarang ada angkutan umum yang lewat.”

Gua : “Emm, ya udah deh.” (agak ragu)

Ibu : “Bisa langsung dibayar sekarang biar saya bisa order ?”

Entah kenapa gua merasa seperti tersihir gitu mau aja bayar padahal gua jelas-jelas tau kalo naik bemo ke Bangsal dari Senggigi katanya cuma berkisar 10-20 ribu dan harga nyeberang dari Bangsal ke Gili Trawangan cuma 15 ribu jadi kalo ditotal maksimal 35 ribu berdasarkan cerita dari pengalaman para backpacker yang disharing di blognya. Mungkin karna gua udah terlanjur capek dan malas nyari-nyari lagi takutnya ga dapet kendaraan lagi kayak tadi jadi gua nurut-nurut aja. Gua kasi uang 100 ribu dan ibu pemilik Homestay belum bisa ngasi uang kembalian dulu karna uangnya juga besar-besar. Kata si Ibu besok Shuttlenya berangkat jam 9 pagi.

Sambil nunggu kembalian gua makan nasi goreng yang sisa satu bungkus yang temen gua beliin itu. Gua makan lahap banget (maklum kelaperan) dan gua masih laper. Mungkin gua harus beli makan di luar. Habis makan gua mandi dan agak kurang nyaman gitu pas mandi karna kamar mandinya ya gitu deh ga perlu diceritain. Habis mandi gua ngecek line dan banyak banget notif yang masuk.

Banyak yang komen dan nuduh gua banyak duit. Ya terserah mereka lah mau menjudge gimana padahal gua mah nekan banget pengeluaran seirit-iritnya (sampe jalan kaki 10 km lebih). Jauh dari kesan nyaman tapi yang penting gua enjoy. Ada juga yang minta oleh-oleh. Hmmm yang ini no comment lah ya, gua aja ga ada niat bawa oleh-oleh untuk gua sendiri masak iya gua bawain oleh-oleh buat orang lain.

Gua tagih kembaliannya ke Ibu pemilik Homestay (gua singkat Ibu PH aja ya ?) tapi dia bilang belum ada. Waduh, jangan sampe deh pas gua check out duit gua ga dikembaliin. Walaupun cuma 25 ribu tapi bagi gua berharga banget (lumayan buat makan). Gua kemas-kemas barang dan jalan-jalan keluar sambil cari makan.

Pikiran gua bakal susah cari makanan murah di daerah dekat pantai gini tapi ada juga warung yang jual nasi seharga 10 ribu. Gua ga beli air karna udah bawa dari kos walaupun tinggal tetes terakhir. Setelah kenyang gua cari alfamart terdekat buat pesen penginapan di Gili Trawangan dan beli air juga. Harga penginapan murah di Gili Trawangan relatif sama dengan di Senggigi. Padahal waktu kemarin gua ngecek harganya masih 120 ribuan tapi sekarang mendadak naik jadi 140 ribuan (mungkin karna besok lebaran).

Gua masuk ke Alfamart dan ngambil air mineral 1500 ml dengan merk yang sama yang harganya cuma 5200 terus mau bayar ke kasir sekalian bayar traveloka.......

Gua : “Mas, saya mau bayar traveloka.”

Mas : “Maaf mas, ga bisa, lagi rame.”

Busseeeet, gedeg banget gua. Baru kali ini gua ditolak sama kasir. Eh, gua mau bayar mas bukan mau maling. Diajarin etika ga sih sama bos lu ? Dengan jengkel gua kembaliin tu air mineral yang gua ambil ke tempatnya lagi sambil geleng-geleng kepala sendiri. Lucu sih kalo dipikir-pikir ada orang yang mau bayar malah ga dibolehin.

Gua jalan terus tapi ga ketemu-ketemu alfamart yang lain akhirnya gua mutusin ke pantai aja dulu sambil nunggu alfamartnya sepi. Sempat tersesat dikit karna ga tau jalannya. Kata Ibu PH ke kiri dan cuma 200 an meter padahal kan tadi yang gua lihat jaraknya 3 km dan dari Homestay harusnya ke kanan. Gua nurut aja karna Ibu PH nya yang lebih tau. Tapi ga ketemu-ketemu tuh. Sampe di jalan sepi ada dua orang yang nanyain gua mau ke mana. Gua udah waswas aja ngira mereka orang jahat tapi ternyata mereka baik tuh. Mereka bilang kalo gua udah lewat kejauhan dan malah mau bantu nganterin tapi karna gua liat mereka mau takbiran gua tolak. Ga enak ganggu mereka.

Malam takbiran di sini ga terlalu semarak. Biasa aja sih dan cenderung sepi ga kayak di Jawa yang ruameee banget. Sempet gua videoin juga walupun cuma bentar. Habis itu gua nerusin cari pantainya. Katanya gua harus masuk ke pasar seni tapi di mana pasar seninya. Berkali-kali gua nanya orang dan selalu dibilang udah kelewat tempatnya. Jadi di mana sebenernya.

Baru pas gua telusuri dengan hati-hati ternyata pasar seni itu emang deket bamget dari homestay gua. Tempatnya sepi banget dan gelap karna emang udah tutup. Gua coba masuk dan jalannya agak sedikit seram tapi gua udah biasa sih di tempat-tempat gelap gitu dan sampe juga di pantai. Dan.................

Sepi. Pantai Senggigi jauh banget dari bayangan gua yang rame, berisik, meriah, keren yah pokoknya wow gitu. Bener-bener gada tanda kehidupan deh. Gua sampe bingung mau ngapain di situ. Restorannya aja cuma ada satu atau dua pengunjung aja. Bener-bener malam minggu yang sepi di sebuah pantai terkenal. Gua cuma foto keadaan pantai yang sepi itu aja terus balik lagi.

Alfamart yang gua kunjungi tadi udah sepi tapi ternyata masih ga bisa melayani traveloka karna sistemnya lagi error dan gua disuruh ke alfamart yang lain atau ke Indomart yang lebih dekat. Akhirnya gua beli air minumnya aja terus pergi ke Indomart terdekat buat bayar traveloka. Di Indomart gada masalah dan beres. Gua pesen Homestay seharga 142 rb semalam dan udah termasuk breakfast. Setelah kelar gua nongkrong sebentar di depan Indomart terus balik ke Homestay.

Gua pasang alarm jam 7 pagi karna besoknya jam 8 ada breakfast yang disediain pihak homestay. Gua mencoba tidur karna udah kelelahan banget dan kemarinnya ga tidur. Selama tidur gua samar-samar ngeliat ada orang di luar dan sedikit mengganggu karna agak ribut tapi gua coba ga hirauin dan tidur lagi. Petualangan besar lainnya udah menunggu besok, gua udah ga sabar........

(Bersambung ke Petualangan di Lombok Part 3 – Tersesat di Gili Trawangan)

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com