Friday, August 11, 2017

Petualangan di Lombok Part 4 - From Lombok to Bali

Waktu berlalu begitu cepat. Tepat jam setengah 8 gua bangun dan mandi untuk siap-siap. Tidur gua bener-bener ga nyenyak semalam. Tapi setidaknya lebih baik dari malam-malam sebelumnya. Selesai mandi gua langsung kemas-kemas barang seperti biasa. Perut udah mulai keroncongan. Setidaknya gua dapat sarapan gratis di Homestay.

Gua pergi ke resepsionis...........

Gua : “Permisi, saya mau sarapan.”

Resepsionis : “Sarapannya di sini ga banyak. Cuma dapet penki aja, mau ?”

Gua : “Ha ??? Penki ? Apa itu ?”

Resepsionis : “Pancake.”

Gua : “Oh, iya, gapapa kok.”

Resepsionis : “Nanti saya antar ke sana. Kamar yang no 4 itu kan ?”

Gua : “Iya, makasih bu.”

Gua kembali ke kamar. Halah, padahal udah ngarep dapat makanan enak ga taunya cuma pancake. Yah, disyukuri aja lah. 15 menit kemudian gua dipanggil. Katanya mau dianterin ke kamar ga taunya malah gua yang ngambil sendiri. Gua makan sambil ngecek Line. Belum ada kabar dari temen gua yang tinggal di Rembige. Alamat ga jadi jalan-jalan ke Mataram nih.

Habis makan gua istirahat beberapa menit dan langsung check out. Gua harus beli tiket boat untuk keberangkatan pertama yang jam setengah 10 jadi paling ga jam 9 gua harus ke pelabuhan. Untung deh gua cuma bawa satu tas jadi ga rempong. Gua pamit sama pemilik Home Stay dan langsung ngacir ke pelabuhan. Gua pikir bakal telat dan ga dapet tiket tapi untungnya ga.

Sambil nunggu gua jalan-jalan dan........ Astaga, jadi ada di sini. Gua ngeliat tulisan SELAMAT DATANG DI GILI TRAWANGAN. Tulisan yang udah bikin gua tersesat kemarin sampe ke sawah dan bukit segala. Ternyata jaraknya sedekat ini. Dan ada di pelabuhan. Gua berfoto di sana walaupun ga bisa full semua tulisannya kefoto. Yang penting rasa penasaran gua kemarin udah kejawab.

Setengah sepuluh kurang Public Boatnya udah dateng. Gua naik walaupun sempet hampir jatuh ke air gara-gara licin banget. Perjalananpun lancar. Ga ada lagi goyang-goyang yang berlebihan apalagi sampe hampir tenggelam kayak kemarin. Sampe juga di Pelabuhan Bangsal. Hiks, jadi pengen balik lagi ke Gili Trawangan (mewek dulu).

Gua jalan dari pelabuhan Bangsal keluar sambil sesekali ngecek hp. Belum ada balasan juga. Hadeh, ni orang ke mana sih ? Susah banget dihubunginnya. Tibalah gua di gapura Bangsal. Restoran yang kemarin terlihat jelas di sebelah kanan gua. Ga tau kenapa keadaannya sepi ga kayak kemarin. Malah kayaknya ga ada orang sama sekali. Apa karna sekarang hari Senin ? Jelas bukan itu jawabannya.

Gua bingung sekarang harus ngapain dan mau ke mana. Gua bener-bener awam banget tentang Lombok. Setelah bertanya ke beberapa orang, gua disuruh lurus terus karna biasanya ada banyak ojek gitu. Sebenernya rada males sih naik ojek tapi kalo misalnya gada angkutan lain ya terpaksa deh.

Di luar dugaan gua, di pertigaan ada bemo yang lagi mangkal dan teriak MATARAM MATARAM. Wew, bener-bener hoki banget. Gua langsung naik lah karna salah satu tujuan gua memang mau ke sana. Apalagi harganya murah cuma 20 ribu. Tancap deh, wkwkwk.

Perjalanan agak lama karna jaraknya 30 an km. Selama di jalan sama sekali gada pemandangan yang menarik. Mungkin karena rutenya ga lewat senggigi. Hujan juga turun lebat selama di jalan. Puji Tuhan deh selama gua ke Lombok ga pernah kehujanan pas lagi jalan kaki. Hujan cuma turun pas gua lagi naik bemo. Tuhan memang baik banget.

Mataram udah mulai terlihat. Supir menanyakan tujuan gua ke mana. Gua bilang ke Terminal Mandalika. Bemo pun terus jalan. Semua udah pada turun dan tinggal gua yang terakhir. Ga tau kenapa gua pingin ke terminal. Mungkin bisa dapet inspirasi kali ke sana, ga jelas pokoknya. Sampe di sebuah pasar atau apalah itu bemo-bemo rame meneriakkan PELABUHAN LEMBAR. Gua mah ga tertarik pulang. Kan gua masih pengen di Mataram. Bemo mulai masuk ke kompleks pasar yang agak sepi karna mungkin orang-orang pada mudik. Ruko-ruko pada tutup dan bemo itu tiba-tiba berhenti......

Supir : “Mas. Turun di sini.”

Gua : “Loh, ini terminal ?”

Supir : “Iya.”

Gua turun dan agak bingung karna ini seperti bukan terminal pada umumnya. Gada orang-orang berkerumun dan bus besar pun ga ada. Yang gua lihat cuma jalan sepi dan lengang di mana cuma angin bertiup kencang. Beberapa orang yang lagi duduk nawarin ojek tapi ga gua gubris. Gua duduk di ruko yang lagi tutup dan mencoba ngubungin temen gua. Dan lagi-lagi gada respon. Sialan, kok gini sih ? Apa ini berarti gua harus balik ke Bali ? Padahal udah ngebayangin lagi semalam menikmati kota Mataram.

Gua merogoh kocek. Masih ada sih budget lagi 500 ribu tapi rasanya sayang aja kalo dipake buat nginap yang minimal 150 ribu. Dan untuk pulang ke Bali pasti ga sedikit ngeluarin duit. Aduh, bingung deh gua. Dan temen gua masih belum ada kabar. Ya sudah, gada pilihan lain. Gua bertanya ke orang-orang yang lagi duduk di sekitaran situ.

Gua : “Mas, ini Terminal Mandalika ya ?”

Mas : “Iya.”

Gua : “Tapi kok sepi ya ? Tempat-tempat bus besar itu di mana ?”

Mas : “Semua kawasan ini masuk dalam Terminal Mandalika. Jalan di sana juga. Masnya mau ke mana ?”

Gua : “Saya mau ke Denpasar.”

Mas : “Masuk aja ke jalan yang di sana mas, nanti ada deh tempat-tempat bus besar.”

Setelah ngomong terimakasih gua jalan ngikutin petunjuk mas tadi. Bener aja gua sampe di terminal. Tapi keadaannya sepi pake banget. Ruang tunggunya aja cuma satu orang yang duduk di situ. Gua ngeliat jurusan bisnya gada yang Jawa ataupun Bali tapi adanya Flores, Sumbawa, pokoknya yang masih kawasan Nusa Tenggara Barat.

Gua jalan keluar dari ruang tunggu. Mulai kelihatan ada bus dengan jurusan Jawa kayak Yogya dan Surabaya tapi tersekat gitu jadi gua harus lewat jalan lain. Gua keluar dari terminal tadi dan menyusuri terminal dari luar. Gua nyari pintu masuk ke Terminal antar provinsi ini. Ngeliat jalanan sekeliling gua agak ngeri sih karna sepi banget. Siapa yang tahu apa yang bakal terjadi ke gua setelah ini ?

Gua sampai....... Baru mau masuk ke dalam di depan udah ada orang jaga dengan badan kekar menghadang gua...........

Orang 1 : “Mau ke mana ?”

Gua : “Denpasar.”

Orang itu langsung menyobek kertas yang dia pegang dan menyerahkan ke gua........

Orang 1 : “250 ribu.”

Gua : “Waduh, saya ga ada uang segitu mas.”

Orang 1 : “Terus kamu punyanya berapa ?”

Gua : “Ga punya saya mas.”

Orang 1 : “Saya tanya kamu PUNYANYA BERAAAPAAAA !!!!!” (berteriak)

Loh loh kok jadi maksa gini. Gua mulai mencium bau-bau kriminalitas di sini. Setau gua karcis bus antar provinsi yang resmi ga seperti itu. Ini terkesan kayak karcis mainan. Lagian harganya juga mahal banget sampe 250 ribu. Gua coba jawab seadanya............

Gua : “Di bawah 100 ribu (sambil menjauh dari terminal)”

Orang 1 : “Bantu dia.”

Waduh, bantu gimana nih. Tiba-tiba temennya yang lagi bawa motor ngedeketin gua dan nyuruh gua naik motornya. Ya jelas gua tolak lah. Ntar yang ada gua dibawa ke tempat ke sepi terus duit sama barang-barang gua dijambret. Gua bener-bener heran. Petugas di sini pada ke mana gitu lo, saat itu cuma ada gua dan mereka berdua aja dan suasana benar-benar lengang. Gua langsung lari menjauh dan preman itu teriak terus.............

WOYYYYYYY WOYYYYYY WOYYYYYY WOYYYYY.

Gua terus lari. Entah gua dikejar atau ga saat itu yang gua pikir cuma lari. Gua harus segera cari tempat yang rame supaya aman dari mereka. Jantung gua bener-bener serasa mau copot. Jalannya pun kayak labirin. Gua berkali-kali salah jalan dan nyasar terus. Pokoknya gua mau pulang. Titik.........

Puji Tuhan gua mulai liat bemo-bemo yang menuju ke Lembar. Gua langsung naik tanpa babibu sambil terus megangin jantung. Jadi trauma pergi ke Terminal. Padahal gua dari SD sudah berani bolak balik naik bus sendiri dari rumah ke Panti Asuhan tempat gua tinggal yang jaraknya 100 km. Bahkan sejak SMP gua udah berkali-kali nak bus sendiri dari Bali ke Yogya dan ga pernah ngalamin kejadian se -traumatis ini di terminal. Sumpah, rasa ngeri itu masih ada sampe sekarang.

Bemo jalan juga akhirnya setelah nunggu lama banget. Well, gagal juga rencana bertualang ke Mataram dan sekitarnya. Tapi gua lebih ngutamain keselamatan aja deh. Sambil di jalan gua terus berdoa supaya ga terjadi sesuatu yang aneh-aneh lagi. Dan bemo pun sudah mulai mendekati Lembar. Bemo itu terus masuk dan terus masuk. Orang-orang rame banget berkerumun. Supir itu meneriakkan sesuatu ke orang yang ada di situ sambil nunjuk ke gua. Dan dateng beberapa orang menghadang di pintu keluar bemo.

Orang : “Ayo mas. 46 ribu. Nyeberang ke Bali.”

Gua : “Saya beli di loketnya aja mas.”

Orang : “Sama aja kok ini. Ayok bayar sekarang.” (nyodorin e-ticket ke tangan gua)

Waduh, kali ini lebih parah lagi. Gimana bisa keluar dan nolak kalo gua dihadang di pintu bemo begini. Rasa jengkel mulai muncul lagi ditambah kelelahan yang sangat. Gua udah capek. Dengan terpaksa gua ngeluarin duit dan eh tiba-tiba habis bayar e-ticket yang udah dikasi diambil lagi terus mereka pergi ke suatu tempat dan berhenti di situ. Ini maksudnya gimana coba ? Gua mau nyoba ngejar tapi gua harus bayar dulu ke supir bemo.

Supir : “Bayar dulu mas.”

Gua : “Mereka itu ga nipu kan pak ?”

Jawabannya agak kurang jelas dan sayup-sayup yang gua denger seperti ngomong “Siapa suruh mau bayar”. Ya ampun, tega banget, udah ngejerumusin gua, ga mau tanggung jawab juga. Gua banting pintu bemo dengan keras dan menuju tempat penjual tiket gadungan tadi. Gua disuruh naik ke bus jurusan Surabaya yang lagi ngetem di situ. Pas gua naik gua terkejut, gada tempat duduk yang kosong.

Akal-akalan mereka licik banget. Salah satu komplotan dari penjual tiket gadungan itu dengan polosnya masuk ke bus itu sambil jualan minuman. Dengan santenya juga gua disuruh berdiri aja di depan. Sabar sabar, rasanya saat itu gua pengen banget nimpukin orang itu pake batu. Bus itu akhirnya masuk ke sebuah kapal. Dan turun deh gua. Licik banget kan orang-orang itu ? Gua cuma numpang aja di bus itu buat naik ke kapal. Gua jadi penumpang illegal karna ga beli di loket resmi dan calo tadi dapet untung karna gua disamarin jadi salah satu penumpang di bus itu. Pantes tadi e-ticketnya diambil lagi.

Ngeri juga kalo dipikir dunia percaloan itu. Kalo dalam sehari aja dapet 10 orang yang dipaksa gitu bisa dapat 460 ribu tuh. Rasanya ga mungkin kalo cuma 10 orang aja dalam sehari. Aduh, pusing gua kumat lagi. Di kapal gua ada rasa ga nyaman gitu. Ini masih belum berakhir, Kapal ini bukan ke Denpasar tapi ke Karangasem. Berarti dari Karangasem gua harus cari angkutan lagi ke Denpasar. Nanti jangan-jangan ketemu calo lagi.

Gua mencoba tidur di lantai paling atas di tempat terbuka. Orang-orang juga rame di situ pada tiduran. Ada rombongan anak sekolah yang lagi Study Tour. Rasanya mereka gada beban banget. Nikmatin liburan mereka. Sedangkan gua......Baru kali ini gua merasa enek sama jalan-jalan. Pengen gitu cepet sampai kost terus tidur dan ngelakuin rutinitas biasa lagi.

Tadi sempet nanya juga ke Supir bus jurusan Surabaya tadi dan kalo mau nebeng lagi ke Denpasar gua tinggal nambah 50 ribu. Tapi kayaknya nggak deh. Nanti ujung-ujungnya turun di Terminal Ubung lagi, ketemu calo lagi. Calo Calo dan Calo. Rasanya tema perjalanan gua di hari ketiga ini adalah ketemu calo terus.

Hujan turun dengan lebat. Semua yang ada di situ langsung bubar dan turun ke lantai bawah. Gua masuk ke ruangan ber-AC dan nyari tempat duduk yang kosong. Orang-orang lagi pada nonton Film From London to Bali dari TV besar yang ada di depan. Gua nonton sambil berusaha ngelupain semua masalah yang gua alami dari tadi.

Gua kenalan sama seorang nenek yang lagi mau ngunjungin anaknya di Bali. Orangnya asyik sih tapi kadang suka nyeloteh sendiri ga jelas pake Bahasa Lombok gitu. Duh, jelas-jelas gua bilang kalo gua orang Jawa malah diajak ngomong Bahasa Lombok. Udah gitu kalo udah nyeloteh lamaaaa banget. Gua cuma pura-pura ngerti aja sambil ketawa gitu.

Gua juga sempet cerita tentang pengalaman pas lagi di Terminal Mandalika. Si nenek ikut prihatin tapi baru habis ngomong sedikit Bahasa Indonesia langsung deh nyeloteh lagi pake Bahasa Lombok. Haduuuuh, ampun deh. Udah gitu sarannya suka aneh-aneh, masak iya premannya disodorin kartu tanda miskin ? Haha, ngakak abis deh. Tapi salut sih sama si nenek berani pergi sendiri gitu dan banyak bawa barang lagi.

Ada juga seorang ibu yang baru pulang tour dari Lombok dengan rombongan guru-guru dari Bali. Ga bosen sih ngomong sama mereka sambil nonton film juga. Tiba-tiba gua merasa lapar. Gua baru sadar tadi cuma makan sekali pas tadi pagi itupun cuma pancake yang kecil dan tipis banget. Gua melipir ke belakang nyari Pop Mie. Mahal banget harganya sampe 15 ribu. Nasi bungkus gada yang jualan di situ jadi terpaksa deh.

Cuaca saat itu lagi ga bagus jadi kapal kami sempat berhenti agak lama di tengah laut. Alamat bakal sampe malam nih di Padang Bay. Bahkan sampe jam 6 sore pun belum ada tanda kapal bakal berhenti. Film From London To Bali yang lagi ditayangin juga tiba-tiba ngulang lagi dari awal padahal baru sampe pertengahan. Apaan coba ? Padahal lagi asyik nonton.

Jam setengah 7 lebih kapal akhirnya sukses merapat di Pelabuhan Padang Bay, Karangasem. Gua mulai mulas lagi. Pulangnya naik apa coba ? Jam segini mah yang ada cuma ojek sama taxi. Apalagi ngebayangin ada oknum calo-calo yang suka maksa kayak tadi. Gua turun dengan rasa gelisah. Suasana Padang Bay lumayan sepi tapi banyak taxi-taxi bertebaran. Gua berjalan terus keluar walaupun ada beberapa ojek yang nawarin jasanya.

Puji Tuhan gua berhasil keluar dari Pelabuhan. Rasanya lega banget. Tapi langit udah gelap banget. Gua jalan terus. Karangasem berbeda dengan Denpasar apalagi Kuta yang super rame. Jalan yang gua lalui bener-bener sepiiiiii banget tanpa ada penerangan. Sesekali bus-bus besar lewat dan membunyikan klaksonnya. Gua mau minta tolong dijemput sama teman juga ga enak karna dia lagi ada kesibukan.

Gua terus jalan dengan pasrah. Kalo emang terpaksa harus jalan ke Denpasar ya terima aja deh. Sempet juga ada keinginan nginap di salah satu penginapan di Padang Bay tapi sayang kalo ngabisin duit. Jalan yang gua lalui rasanya ga ada ujungnya gitu. Udah gitu jam terasa cepet banget lagi. Sampe di sebuah warung gua coba tanya.........

Gua : “Permisi bu, di sini kalo mo nyari angkutan umum yang ke Denpasar ada ga ya ?”

Ibu Warung : “Wah, emang di Pelabuhan ga ada ?”

Gua : “Cuma ojek sama taxi aja yang ada. Itu juga mahal banget bisa 100 ribu ke atas.”

Ibu Warung : “Ah, masak. Kemarin ada saudara saya juga ke Denpasar 70 ribu mau kok ojeknya.”

Gua : “Oh, kalo di sekitaran sini ga ada ya ?”

Ibu Warung : “Ga ada kalo di sini.”

Gua langsung pamit. Ga mungkin lah gua balik ke Pelabuhan. Udah terlalu jauh gua jalan. Lagian gua yakin tukang ojek di sana mau dibayar segitu. Ntar yang ada gua kena tipu lagi deh. Udah cukup ah. Gua jalan lagi sambil berharap nemu keajaiban gitu. Sampe di suatu warung juga tapi kali ini gua nanya ke seorang bapak yang lagi mau pulang naik motor habis beli makan.

Gua : “Permisi pak, kalo mau nyari angkutan umum atau ojek sekitaran di sini di mana ya ?”

Si Bapak : “Masih jauh mas. Jalan aja lurus terus nanti ketemu dah pos polisi. biasanya ada ojek yang mangkal di sekitaran jalan situ.”

Gua : “Kira-kira masih berapa km ya ?”

Si Bapak : “Agak lumayan jauh sih. Ayo bareng. Saya antar ke sana.”

Tanpa ragu-ragu gua mengiyakan. Bersyukur banget dapat bantuan dari orang yang baik. Gua diturunin di pertigaan yang rame dan deket dari pos polisi yang dimaksud tadi. Beda banget suasananya sama yang tadi. Kali ini penerangan jalannya begitu jelas. Kendaraan juga rame lalu lalang. Gua menuju pos polisi di sana dan bertemu sama dua orang ibu-ibu yang lagi nungguin sesuatu.

Ternyata mereka lagi nungguin temennya. Mereka ikut prihatin dengan keadaan gua. Kalo seandainya mereka bawa dua motor pasti gua bakal dianterin pulang gitu katanya. Ya gua sih ga enak hati lah seandainya itu bener-bener terjadi. Polisi tiba-tiba datang.....

Gua : “Emmm, pak, maaf. Saya mau nanya di sini gada ojek yang mangkal ya pak soalnya saya mau ke Denpasar.”

Polisi : “Wah, ga tau juga saya. Tapi coba aja tunggu dulu di sini.”

Gua nunggu di pos polisi sambil coba pesen gojek. Ternyata untuk mesen gojek maksimal jaraknya cuma 25 km sedangkan dari sini ke tempat kost gua aja jaraknya hampir 50 km. Maunya sih order untuk jarak 25 km dulu tapi ga tau berhentinya sampe mana. Aduh, pokoknya serba bingung dan ga ngerti deh. Polisi juga sempet nawarin nginap aja di pos polisi besoknya baru pulang. Gua sih udah pasrah aja, yang penting ada tempat menginap, dan gratiiiiis.

Tapi Tuhan berkata lain. Polisi itu ngeberhentiin supir truk yang lagi jalan dan tujuannya ke Denpasar juga. Polisi yang baik itu nitip gua ke supir truk itu. Woooow, dan gua naik truk kawan-kawan. Gua naik dengan bangga gitu padahal gara-gara gua jalanan jadi sempat macet karna truk yang diberhentiin dadakan tadi.

Yah, tapi sayangnya si supir truk kurang asyik diajak ngobrol. Orangnya pendiam banget, gua juga jadi males ngomong banyak-banyak. Udah gitu di jalan nelpon terus sampe diklakson berkali-kali sama kendaraan lain yang lewat. Jujur sih gua agak sedikit takut kalo supir truk ini bukan orang baik-baik. Entar gua disuruh bayar mahal lagi gara-gara nebeng truknya.

Semoga ga deh. Di jalan itu terus yang gua pikirin. Kami sempet berhenti agak lama di suatu tempat sepi di jalan karna katanya mesin truknya biar istirahat dulu. Terserah deh ya yang jelas gua bisa sampe di kos nanti dengan selamat. Setengah jam berhenti di jalan truknya mulai jalan lagi. Tiba-tiba dia nanya.....

Supir : “Nanti terus berhentinya di mana nih ? Kita kan beda arah, saya ke Ubung, masnya ke Sesetan.”

Gua : “Terserah aja.”

Supir : “Kalo gitu di persimpangan blab la bla ya. Nanti saya ke kanan, mas ke kiri.”

Gua : “Tapi itu deket sama Sesetan ga ?”

Supir : “Lumayan kok, belok kiri dari persimpangannya udah nembus ke Sanur itu. Nanti di sana ada yang jemput ?”

Gua : “Ga ada. Palingan jalan aja nanti.”

Supir : “Oh, saya kira ada yang jemput lagi di sana.”

Hening lagi setelah itu. Wkwkwk, padahal gua pikir tadi dia bakal mau nganterin sampe ke kost gua. Tapi ternyata cuma sampe Sanur. Ya disyukurin aja sih udah ketemu orang-orang yang baik dari tadi. Nanti di Sanur gua paling naik Sarbagita aja. Sekarang nikmatin aja perjalanannya dulu.

Akhirnya jam 9 an kami berpisah di persimpangan apa lah itu namanya. Gua ga ditagih uang sepeserpun dari pak Supir. Bener-bener berkah banget. Lega banget ngeliat Denpasar setelah kemarin pergi ke suatu tempat yang asing sendirian. Gua duduk di Halte Trans Sarbagita. Ada ibu-ibu juga di sana yang lagi nungguin seseorang. Gua panggil.....

Gua : “Ibu nungguin siapa ?”

Ibu : “Ini lagi nungguin suami, dia masih di Airport.”

Gua : “Oh, kalo mau ke Sesetan haltenya di sini ya ?”

Ibu : “Emmm, mungkin (agak ragu), di sana haltenya !”(nunjuk ke arah lain)

Gua : “Makasih bu.”

Gua turun dari halte tadi dan jalan lurus terus nyari halte yang dimaksud si Ibu tadi. Lah ternyata haltenya cukup jauh dan arahnya berlawanan dari halte yang tadi. Yang ditunjuk si ibu malah arahnya ke Bandara. Gimana sih si ibu ini ? Malah ngasi informasi yang sesat. Gua balik lagi deh ke halte tadi terus duduk.

Lama banget gua nunggu tapi gada Sarbagita yang lewat. Yang ke arah bandara dan Gianyar malah lewat terus berkali-kali. Sekalinya ada yang lewat malah busnya ga mau berhenti malah asal tancap gas saja. Ini gimana coba ? Apa jam operasinya udah selesai ? Si Ibuk juga dengan setia masih nungguin suaminya di bawah halte dengan motornya. Akhirnya kami ngobrol-ngobrol banyak.

Karna udah terlalu malam dan di PHP in terus sama Sarbagita yang cuma lewat aja dan ga mau berhenti gua pake satu senjata pamungkas terakhir, G-O-J-E-K.......Gua sama sekali ga pernah make aplikasi ini untuk nyari ojek. Dua hari yang lalu waktu di Lombok sempet nyobain tapi ga ada Driver yang ngambil orderan gua. Sekarang gua bakal coba lagi.

Harga dari Halte sampe ke kost gua cuma 7 ribu, wooow, murah amat. Gua langsung order deh mumpung dapet harga segitu. Dan beberapa menit kemudian ada telpon masuk dari drivernya. Sip deh, gua tinggal tunggu. Gojek pun datang kami langsung cabut. Di jalan kami cerita macam-macam. Si Gojek ini ternyata pernah nganterin penumpang dari Denpasar ke Padang Bay dan bayarnya 75 ribu. Hmm, tapi tetep mahal sih menurut gua. Mesen gojek katanya bisa untuk jarak lebih dari 25 km tapi caranya nyicil ato gimana gitu gua ga denger terlalu jelas soalnya gua lagi capek banget ga fokus.

Finally, sampe juga di kos dengan selamat. Puji Tuhan deh, dan total perjalanan gua selama 3 hari 2 malam di Lombok Rp 601.200...............Semua itu udah include transport bolak balik dari kost ke Lombok dan sebaliknya, makan, penginapan pokoknya semua sekecil-kecilnya pengeluaran gua hitung. Bagi gua sebenarnya masih bisa lebih murah lagi sih seandainya gua ga tergoda naik Shuttle dari Senggigi ke Pelabuhan Bangsal atau nginap di rumah temen pasti bakal jauh jauh lebih murah lagi.

Apakah gua kapok jalan-jalan lagi ? Ga sih, gua justru lebih tertantang lagi untuk travelling. Semua perjalanan ga selamanya selalu indah, pasti ada seneng ada susahnya. Yang penting enjoy. Next time mau jalan-jalan ke mana lagi ? Ga tau juga, mau nabung dulu deh. Doain aja biar bisa jalan-jalan lagi......So, masih takut travelling sendiri ???? Ayok berangkat.

1 comment:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com