Monday, September 21, 2015

Welcome To Rhinology

Setelah tanggal 10 yang lalu berjuang ke sana kemari ngurusin surat rujukan yang ngerepotin itu, akhirnya hari senin kemarin ( tanggal 14 ) gua kontrol lagi ke Rumah Sakit Sanglah. Kali ini beda karna sekarang gua udah punya jaminan kesehatan, haha. Gua membawa berkas - berkas yang diperlukan ( fotocopy surat JKBM, fotocopy KTP, fotocopy kk , fotocopy surat rujukan ). Gua sampe di RS jam setengah delapan pagi dan minta nomer antrian di bagian informasi.

Loket JKBM adalah loket nomer delapan. Ngantrinya ternyata kagak begitu lama karna lima sampe sepuluh menit nunggu, nomer gua udah dipanggil. Gua serahin semua berkas - berkasnya dan ternyata disuruh rangkap dua. Untungnya gua masih bawa cadangan fotocopynya ( kalo kagak ya mesti balik lagi dong, cape deh ). Setelah itu gua disuruh ke loket nomer tiga sambil bawa berkas - berkas yang udah dijepret dan ditandatangani.

Gua langsung ke loket nomer tiga dan habis itu dimintain kartu Rumah Sakitnya. Dan kemudian gua dikasi lembaran yang tadi plus nomer antrian di poli THT. Gua naik ke lantai dua ( di poli THT ) dan naruh nomer antrian gua di tempat yang disediakan. Ya seperti biasa deh nunggu di poli THT itu udah kayak ngantre sembako. Lama banget nama gua dipanggil. Kenapa poli THT nya kagak tiga aja ya dalam satu Rumah Sakit biar kagak perlu antre selama ini ? Hehe.

Hampir satu jam dan nama gua akhirnya dipanggil. Gua udah deg - degan aja kali ini apa gua langsung di bawa ke Rhino ato masih ditahan - tahan lagi kayak kemarin. Dan ternyata…….Gua langsung di ajak ke bagian Rhino. Akhirnya, setelah sekian lama di PHP in sama para dokter. Tapi gua shock karna yang jaga di bagian Rhino itu ternyata dokter amatiran yang endoskopin hidung gua keras banget waktu beberapa minggu yang lalu itu. Lah jadi dia yang bakal nanganin gua sekarang ? Hadeh, mimpi apa gua semalam ?

Dokter itu nanyain alasan gua seminggu kemarin kagak kontrol dan gua bilang kalo lagi ngurusin JKBM. “Oh, akhirnya di urus juga,” kata dokternya sambil ketawa. “Karna adik udah di bagian Rhino jadi sekarang lebih intensif ya pengamatannya ? Sekarang hidungnya diendoskopi dulu untuk ngeliat perkembangannya,” kata dokternya lagi. Hah ??? Buset dah, ni dokter nafsu banget endoskopin hidung gua. Kagak sadar apa dia bikin hidung gua hampir luka gara - gara dia nusuk endoskopinya keras banget ?

Gua dibawa ke ruangan untuk endoskopi. Dan ternyata memang dokter amatiran itu yang bakal endoskopin gua lagi. Gua minta supaya dia pelan - pelan dan cuma dijawab dengan iya. Hfffffffft, mungkin dia kagak ngarti arti kata pelan karna sekali lagi hidung gua ditusuk keras banget sama dia kayak mau ngerobek hidung gua. Hebatnya lagi sampe gua ngeluarin air karna tusukannya itu mungkin dalam banget dan nembus ke saluran air mata. Parah banget dah pokoknya.

Habis dia yang meriksa pun dokter yang lain pada ikutan. Untungnya kali ini cuma tiga doang beda kayak kemarin sampe satu banjar dokter pada kepo sama hidung gua. Gua disuruh balik lagi ke ruangan sebelumnya dan dikasi resep obat kayak biasanya. Dokter ini nulis sesuatu di sebuah kertas dan kemudian dia ngasi kertas itu gua. Gua disuruh rontgen dan hasilnya harus dibawa lagi hari kamisnya sekalian kontrol. Tambahan lagi gua diingetin kalo hari kamisnya bakal tes alergi. Gua nanya tesnya seperti apa dan katanya bakal ditusuk - tusuk gitu pake jarum. Iiiiiih, aneh banget.

Selesai periksa gua ke kasir dan deg - degan kira - kira berapa duit yang harus keluar karna biasanya bayar sekitar 30 k. And surprisingly, gratis men. Gua tinggal disuruh tanda tangan dan boleh pergi. Haha, mantap. Gua keluar dan menuju bagian radiologi untuk rontgen. Agak jauh sih dari poli THT karna harus keluar dari gedung dulu dan masuk gedung lain. Belokannya juga cukup banyak. Begitu sampe gua langsung tanya bagian administrasinya untuk naruh kertas rekomendasi rontgennya di mana dan disuruh taruh di keranjangnya.

Gua taruh kertasnya dan duduk sambil nunggu nama gua dipanggil. Pas dipanggil gua ditanyain bayarnya pake apa dan gua bilang lewat JKBM. Gua disuruh bawa berkas kelengkapan yang ada dan gua keluarin. Eh begitu gua keluarin ditanyain udah ke loket ato belum. Gua bilang udah tadi dan kagak taunya disuruh ke loket lagi. Ya elah, harus ke loket kayak awal - awal datang tadi itu ? Kok ngeselin kali sih ? Tapi ya udah gua nurut - nurut aja.

Sebelum ke loket gua fotocopy dulu berkas - berkasnya lagi biar nanti jaga - jaga kalo disuruh rangkap dua ato rangkap 200 ( sekalian aja rangkap sepuluh ribu ). Ketika ditanya fotocopy berapa kali, gua dengan jelas ngomong “lima” kali dan bahkan sampe tangan gua juga ikutin meragain angka lima tapi begitu dikasi ke gua ternyata cuma difotocopy dua kali aja. Budeg banget ni orang. Karna jengkel gua males harus minta fotocopy lagi jadi gua langsung aja bawa dan pergi ke loket awal.

Yups, istilahnya bolak balik bolak balik. Gua minta nomer antrean lagi dan ngantre di loket khusus JKBM ( loket delapan ). Bagusnya sih antreannya kagak lama dan tiga sampe lima menit setelah nyerahin berkas - berkasnya rangkap dua gua pergi lagi ke loket tiga. Sampe di loket tiga gua ditanyain mau ke bagian mana dan gua bilang ke radiologi. Ternyata gua kagak perlu lagi ke loket tiga karna itu cuma untuk yang mau ke poliklinik. Gua cepet - cepet lari ke radiologi lagi.

Berkas - berkas yang diperlukan gua taruh lagi di keranjang dan gua nunggu nama gua dipanggil. 10 menit kemudian gua dipanggil dan ditanyain di mana fotocopy surat rekomendasi rontgen dari dokter nya. “Lah, emang ini difotocopy juga ?” tanya gua yang waktu itu udah capek banget bolak balik. “Iya, kan sudah saya bilang tadi,” kata petugasnya dengan muka yang nyebelin banget plus nada suaranya yang nyelekit. Gua jengkel aja kenapa kagak bisa lebih halus dikit kek ngomongnya, ni udah ngomongnya kayak gitu, wajahnya juga kagak ada senyum - senyumnya lagi. Pekerja kesehatan kok kayak gitu ?

Mau ga mau gua harus balik lagi dong ke tempat fotocopy. Kalo tadi gua larinya semangat sekarang jadi lemes saking capeknya muter - muter dari tadi. Energi dan waktu bener - bener terkuras habis. Baru setelah gua fotocopy dan balik ke radiologi yang jaga bukan petugas cowok yang tadi. Sekarang ibu - ibu yang ( kelihatannya lebih ramah ). Gua langsung disuruh masuk ke dalam dan nunggu nama gua dipanggil.

Kali ini gua masuk dalam ruang tunggu yang cukup luas. Di situ gua liat ada pasien yang make kursi roda sambil ditemani suster, ada yang tidur di tempat tidur ( dipindah dari kamarnya ke ruang tunggu ), dan ada juga keluarga yang nemani pasien. Di situ gua merasa bersyukur karna penyakit gua belum seberapa dibanding mereka. Kadang dengan penyakit yang sekarang gua alamin aja masih suka mengeluh padahal orang lain ada yang lebih parah. Rupanya pasien - pasien yang rawat inap didahulukan untuk diperiksa. Gua sih kagak masalah. Mereka lebih butuh pemeriksaan itu dibanding gua.

Sebenernya gua agak waswas juga. Gua sama sekali belum pernah dirontgen dan di pikiran gua apakah sakit juga kayak diendoskopi ato kayak gimana gua juga masih meraba -raba. Ngebayanginnya aja udah bergidik duluan. Gua sampe browsing dirontgen itu kayak gimana dan kagak ada satupun artikel yang bisa ngasi penjelasan yang akurat. Malah ada yang bilang harus buka baju. Lah kan yang dirontgen hidung gua ? Aneh banget. Berarti ya pasrah aja deh. “Vega kurnianto,” kata dokter setelah ngebuka pintu di depan gua dan nyuruh gua masuk.

Di dalam gua disuruh duduk di tempat yang di sediakan. Ruangan ini agak sedikit gelap dan bikin gua takut. Kira - kira gua bakal di suruh ngapain ya ? Di sana ada satu dokter dan dua suster yang kayaknya masih baru karna orangnya masih agak kaku. Muka gua disuruh nempel ke alat yang ada di depan gua dan harus dipegang. Gua ngelakuin apa yang diminta terus hidung gua disuruh naik dikit. Dokter nyuruh susternya nekan tombol - tombol yang harus ditekan. Kagak sampe lima menit disuruh kayak gitu ternyata udah selese. Hah ? Cuma kayak gitu doang ? Gua disuruh nunggu 20 menitan sampe nama gua dipanggil lagi.

Setelah 20 menit, Gua di panggil perawatnya dan disuruh datang lagi besok untuk ngambil hasil rontgennya. Gua tanya persyaratan apa saja yang harus dibawa dan ternyata yang diperlukan cuma kartu Rumah Sakit aja. Yah berarti beres lah. Untuk memastikan pendengaran gua kagak salah gua memastikan lagi ke bagian depan dan bertanya ke tempat pengambilan hasil rontgen sambil nyerahin kartu RS gua dan emang hasilnya belum keluar. Gua bilang kalo bisanya ngambil di hari kamis dan kagak masalah. Ok, berarti misi udah hampir complete. Tinggal satu lagi yaitu beli ngambil obatnya.

Gua masuk ke apotek sambil ngebawa resepnya. Apotekernya bilang kalo untuk yang JKBM dan BPJS apoteknya di pojok dan bukan di situ. Sampe di apotek khusus JKBM gua ternganga karna yang ngantri buanyaaaak pake banget. Gua keluarin resepnya dan disuruh ngumpulin berkas - berkas JKBM lagi. Waduh, untung cadangan fotocopynya masih ada dan langsung gua keluarin dari tas dan gua satuin sama resepnya. Ribet banget ternyata kalo mo berobat gratis. Totalnya untuk sekali kontrol ngabisin fotocopy sampe lima rangkap.

Seperti biasa. Harus nunggu lagi deh. Gua ngeliat apotek di depan gua yang untuk umum dengan apotek tempat gua nunggu sekarang. Beda banget cuy. Di sana sepi banget yang ngantre dan tempatnya juga “lebih enak diliat” sedangkan apotek khusus JKBM ini kelihatan semrawut dan kita kagak boleh masuk ke dalam apoteknya ( kagak bisa ngadem jadinya, hffft ). Hampir dua jam nunggu baru nama gua dipanggil. Ini rekor terlama gua ngantre selama ini. Udah nunggu lama - lama obat yang dikasi cuma satu ( obat sirup ) dan copy resep yang menurut anggapan gua awalnya untuk ngambil obatnya lagi kalo udah habis. Tapi ya biarpun udah nunggu lama setidaknya gua kagak perlu bayar ( hehe, otak pelitnya keluar ).

Total waktu dari gua datang ke RS terus pulang itu nyampe empat jam ( udah kayak anak sekolahan aja ya ? ). Ya begini resiko berobat gratis, harus bolak balik terus makan waktu yang lama. Malam harinya pas gua buka tas kok rasanya ada yang basah - basah gitu eh ternyata obatnya bocor. Gua punya kebiasaan bawa obat ke mana - mana karna gua selalu pergi pagi pulang malem dan mungkin habis minum obat belum gua tutup rapat.

Celakanya lagi berkas - berkas penting yang diperlukan kayak surat rujukan dan surat JKBM yang asli ikutan basah. Untung gua cek kalo kagak mungkin besoknya udah rusak. Gua langsung angin - anginin di belakang rumah dan gua tinggal tidur. Besoknya udah lumayan kering tapi ya tetep ada bekasnya gitu. Yah yang penting kagak rusak deh. Kebayang harus repot - repot ngurusin surat rujukan lagi kalo sampe rusak. Obatnya juga langsung tinggal tetes - tetes terakhir. Kagak apa - apa, toh hari kamisnya kan kontrol sekalian aja minta obatnya lagi, hehe, mumpung gratis. Dan siap - siap deh buat tes alergi hari kamis, semangat……

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com