Monday, September 7, 2015

Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Setelah senin kemarin ngabisin duit hampir 500 k dalam sehari cuma buat periksa dan beli obat, gua minta tolong bokap buat ngurusin BPJS secepetnya biar minggu depannya waktu kontrol lagi kagak perlu ngeluarin duit sebanyak ato bahkan lebih dari itu. Kata bokap sih setelah daftar dalam waktu tiga hari setelahnya udah bisa dipake, berarti masih ada waktu lah buat ngurusin sebelum hari senin depan. Untuk biaya bakal gua yang urus karna alasan klasik bokap pasti ujung - ujungnya ya masalah biaya. Padahal kan bayaran BPJS per bulan kagak seberapa dibanding biaya yang harus keluar kalo beli obat, rawat inap, apalagi operasi.

Sebelumnya beberapa bulan yang lalu nyokap sempet nyuruh bokap daftar BPJS dan bahkan dikasi uangnya. Tapi payahnya bokap malah pake uang itu untuk keperluan lain ( nyebelin banget ya ? ). Jadinya ya kagak kedaftar - daftar karna bokap pun gada niat ngembaliin uang yang harusnya dipake buat daftar itu.

Ternyata untuk daftar BPJS syaratnya harus ada buku tabungan. Karna di keluarga kami cuma kakak gua yang punya akhirnya bokap ngubungin dia hari selasa ( kenapa kagak seninnya aja coba ? ) untuk ngasi buku tabungannya ke tempat kerja nyokap ( karna dia kost di tempat lain ). Dan ternyata kakak gua kagak datang karna sibuk jadi ya otomatis pendaftaran bakal makin diundur.

Hari Rabunya bokap tiba - tiba nanyain kenapa ga gua sendiri aja yang ikut BPJS n anggota keluarga yang kagak usah karna yang lain sehat - sehat aja. Kalo gua sih fine - fine aja ( malah seneng banget soalnya kagak perlu keluar duit banyak - banyak ). Tapi bukannya BPJS itu satu KK dan kagak boleh perorangan ? Bokap bilang kalo ternyata kakak gua udah punya BPJS. What ? Kok bisa ? Usut demi usut ternyata dia dapet BPJS ketenagakerjaan dari tempatnya kerja ( Ya iyalah dia kan kerja di hotel, lah gua ? ).

Gua baca - baca di internet sebentar seputar BPJS dan ternyata aktivasi keanggotaan di BPJS berlaku setelah dua minggu kita mendaftar ( bukan tiga hari seperti yang bokap bilang ). Buset dah lama amat, kalo gini mah mendingan ngurus JKBM ( yang katanya gratis itu ). Biarpun cuma dirawat di bangsal kelas tiga setidaknya gratis tis tis lah. Cuma kagak tau pelayanan waktu kita berobat setara sama yang BPJS ato kagak ( harusnya sih sama ).

Galau deh gua, gua sampe nanya sama temen - temen kerja tentang bedanya JKBM sama BPJS. Katanya sih hampir sama cuma bedanya gratis sama bayar ( entahlah, makin galau gua ). Tapi kata temen kerja sih JKBM udah kagak ada lagi ( serius lo ? ), jadi emang kayaknya BPJS emang the one and only solution ( intinya gua harus tetep keluar duit deh ). Di tempat kerja gua sampe sms bokap nanyain apa kakak gua udah bawa buku tabungannya dan sialnya belum. Ini kan artinya pendaftaran BPJS bakal makin diundur - undur dong gara - gara nunggu buku tabungan plus surat kalo kakak gua udah ikut BPJS. Karna kesel gua sms bokap nyuruh dia ngurus JKBM aja dulu di kelurahan entah itu masih ada ato udah kagak yang penting cari informasi dulu deh.

Malemnya gua tanya bokap dan ternyata dia belum ngurusin JKBM. Katanya daftar BPJS aja deh. Hadeh, it’s ok kalo misalnya daftar BPJS nya tadi ato dari kemarin. Lah ini masih harus nunggu kakak gua besok sorenya, dan pendaftarannya kagak mungkin sore itu juga, pasti besok paginya lagi dong. Karna ortu dah ngomong gitu ya gua nurut - nurut aja deh. Mau marah - marah juga kagak nyelesaiin masalah kan ?

Kamisnya datang juga kakak gua, itu pun bawa buku tabungan dan surat keterangan yang belum difotocoy ( ya sudahlah ). Karna alasan udah sore bokap bilang mau ngurusnya besok ( Jumat paginya ). Hari jumat sebelum berangkat kerja dengan miris gua ngeluarin duit 100 k Eh begitu gua lagi di tempat kerja hari jumatnya tiba - tiba ada sms dari bokap dan isinya bikin nyesek…………………….

“No urut / antrian sudah habis, hanya 50 saja, Senin datang pagi - pagi lagi baru bisa !”

Nyesek kan bacanya ? Mungkin karna saking capek dan laper ( belum lagi kesel banget sama kesantaiannya bokap ) jadinya gua balas sms dari bokap panjang banget ( nyampe 4 sms ). Gua marah - marah kenapa kagak ngurus dari kemarin - kemarin, kenapa kagak bokap aja yang nyamperin langsung ke kostnya Paul ( kakak gua ). Pokoknya panjang banget balasan gua habisnya kesel banget sih masak ngurus gituan aja lama banget ( padahal duitnya udah gua yang tanggung untuk satu keluarga ).

Mungkin lu bertanya - tanya kenapa kagak gua sendiri aja yang ngurusin dan kenapa harus bokap ? Yups, pertanyaan bagus. Di antara semua anggota keluarga, cuma bokap gua aja yang kerjaannya paling santé dari yang lain. Gua kerja dari pagi, nyokap juga, kakak gua kostnya jauh banget dari tempat daftar BPJS, adik gua juga sekolah dari pagi ( lagian dia mana bisa ngurus hal beginian, ok, abaikan ). Sedangkan bokap kerjanya sebagai makelar tanah. Jadi ya kerjaaanya nunggu telepon gitu siapa yang mau beli tanah, terus kalo yang mau nengok bisa di temenin, kalo fix ya langsung ke notaris.

Kerjaan ni bisa dibilang santai karna kalo keluar paling cuma setengah jam, paling banter ya satu sampe dua jam lah. Dalam sehari ya 80 % kerjaan bokap ya cuma di rumah sambil nunggu telpon. Nah, kagak salah dong kalo kami sekeluarga percayain semuanya ke dia buat ngurusin ? Tapi ya liat sendiri deh, dalam keadaan santé gitu aja kagak selese - selese apalagi kalo sibuk ? Apa susahnya kan langsung ke kost kakak gua bentar terus langsung diurus secepatnya.

Tapi dari dulu sifat bokap emang kayak gitu sih, suka nunda - nunda pekerjaan. Untungnya sifat itu kagak nurun ke gua ( walau kadang gua suka kayak gitu sih, tapi sekali - sekali aja kok, hehe ). Bayangin aja masak begitu anaknya mau lulus ( entah itu SD, SMP, SMA, Kuliah ) dia santé banget kagak ngurusin pendaftaran anak - anaknya kayak ortu - ortu yang laen. Begitu seminggu ato bahkan 2 hari sebelum tahun ajaran baru panik deh dia langsung, jadi pinjem orang sana sini deh akhirnya ( beda sama gua yang orangnya selalu prepare banget ).

Gua akhirnya harus menerima deh kalo senin ( hari ini ) baru bisa daftar. Tadi bokap sukses daftar ke BPJS dan udah dapat semacam nomer registrasi gitu walau paginya ada sedikit keributan soalnya masak tiba - tiba aja dia minta foto 3x4 berwarna nya gua sama nyokap ? Nyokap ya bingung dong soalnya kok dadakan banget gitu ngomongnya. Untungnya setelah nyari sana sini akhirnya dapet juga. Coba kalo kagak ada ? Alamat bakal diundur ke besok lagi dong daftar BPJS nya ? Cape deh.

Sebenernya pemerintah sudah menyediakan fasilitas tapi kitanya aja yang kurang tanggap. Sudah disediakan BPJS tapi masih banyak orang yang belum mengerti pentingnya itu ( termasuk bokap ). Hitung - hitung investasi buat masa depan kan ? Kita kan kagak tau hal - hal apa yang bakal nimpa kita nantinya. Kalo udah ada jaminan kesehatan kan kita kagak perlu khawatir lagi. Menurut gua sih kebijakan untuk aktivasi keanggotaan BPJS dua minggu setelah daftar itu adalah tepat jadi orang - orang kagak mendaftar kalo pas lagi perlu aja ato pas lagi sakit keras baru daftar ( namanya mau enaknya aja tuh ). Tapi gua deh yang jadi korban sekarang gara - gara kelalaian bokap padahal niat buat ngurusin itu udah gua pikirin berbulan - bulan yang lalu.

Karna kelalaian itu akhirnya gua kagak jadi kontrol deh hari ini dan mungkin harus nunggu aktivasi BPJS dua minggu lagi. Gaji udah tinggal dikit banget padahal masih awal bulan kan kagak mungkin bakal gua habisin buat beli obat doang. Jam 12 an surprisingly banget ternyata bokap gua berhasil juga ngurusin JKBM tapi jam segitu poli THT udah pada tutup kali. Terpaksa nungguin hari kamis soalnya selasa sama rabu gua kerja. Baca - baca sih katanya katanya kalo mo periksa ke THT harus ada surat rujukan dari Puskesmas, baru ke RS daerah , baru deh ke Sanglah. Rempong banget ya ? Yang penting bisa berobat deh.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com