Monday, September 28, 2015

My Sister, Justin

Seminggu yang lalu adik gua Justin ultah yang ke 12 tahun. Saat ini dia baru kelas 6 SD. Umurnya cukup jauh dibanding gua karna beda delapan tahunan padahal gua anak kedua dan dia anak ketiga. Ya karna keluarga kami kagak pernah ngadain pesta ulang tahun jadi semua terasa kayak hari biasa aja. Paling cuma disalamin sama anggota keluarga dan selesai deh ( #pengiritan ).

Ulang tahun adik gua pernah dirayain waktu umurnya delapan tahun. Waktu itu tetangga kami yang panggilannya “Bunda” inisiatif bikin perayaan dengan ngundang beberapa orang dan makanan seadanya yaitu nasi kuning bungkus. Lucunya, tamu undangannya lebih banyak dari perkiraan jadi ada yang kagak dapet konsumsi ( termasuk gua juga ). Gua sampe ngakak ngeliat acara ulang tahun amatiran kayak gini ( kalo kagak mampu bikin acara ultah mending dari awal kagak usah dirayain deh ).

Kagak tau kenapa dalam satu keluarga ini emang mengalir darah seni. Paul ( kakak gua ), gua, sama Justin suka banget nyanyi. Sebenernya suara Justin biasa - biasa aja sih cuma ya kagak fals dan ada bakat lah sedikit. Justin suka banget ikut paduan suara dan kadang kalo lagi latian suka ganggu gua yang lagi belajar. Udah gua nasihatin ya paling cuma sebentar habis itu ribut lagi deh tu anak.

Pernah suatu kali dia ngomong ke gua kalo bakal ikut lomba paduan suara. Gua mah iya iyain aja. Berarti emang dia berbakat dan kehebatan kakaknya nurun ke dia ( sombong dikit, hehe. ). Hampir tiap hari dia latian mulu dan bikin kepala gua pening soalnya nadanya sering banyak yang ngaco ( tapi kagak terlalu parah sih ). Intinya gua masih lebih suka dengerin suaranya Mariah Carey dibanding dia ( jelas lah ).

Dan ternyata sekolahnya juara 3 di kompetisi paduann suara itu kata bokap gua beberapa minggu setelahnya. Hah ? Hebat juga ya ? Ternyata adik gua emang berbakat. Berarti anggapan gua yang selalu underestimate ke dia salah dong ? Baru mau ngasi selamat ternyata sekolahnya itu juara tiga dari empat peserta. Sumpah gua langsung ngakak. Kirain gua juara tiga dari 20 peserta ato lebih gitu. Ternyata cuma empat peserta. Yah yang penting juara deh, haha. Tapi ternyata kagak sampe di situ aja. Fakta yang lebih mengejutkan ternyata adik gua cuma cadangan di tim paduan suara itu dan kagak ikut nyanyi waktu lomba, Lol, kasian banget.

Berbeda dengan kakak - kakaknya, Justin payah banget di matematika. Bahkan sampe sekarang dia belum hapal perkalian padahal udah kelas enam. Sempat gua suruh hapalin perkalian dua sampe tiga dan gua tes terus dia malah nangis . Cape deh. Udah gitu anaknya males belajar. Maunya maen aja terus. Jadinya ya setiap ulangan matematika nilainya selalu jeblok dan di bawah rata - rata.

Tapi harus diakui untuk mata pelajaran yang menghafal dia cukup bagus. Nilainya kagak ada yang jelek. Yang nilainya sering tinggi itu IPS sama agama kalo kagak salah. Kalo dibandingin sama gua ya masih pinteran gua lah ( sombong dikit ). Setiap ulangan dia sering kagak belajar tapi nilai ulangannya jarang ada yang jelek banget sih ( kecuali matematika ). Berarti bisa disimpulkan dianya punya kemampuan sebenarnya tapi kagak mau diasah.

Justin ini paling dimanja sama bokap diantara anak - anak yang lain. Mungkin karna anak bungsu kali ya ? Jadi setiap dia nangis pasti gua yang selalu disalahin dan setiap dia minta sesuatu pasti bokap selalu ngasi ( asal kagak minta dibeliin iphone aja ). Ya pokoknya dimanja banget deh sampe kagak pernah ditegur sama bokap buat belajar. Jelas - jelas itu kagak bagus buat dia ke depannya. Nanti otomatis kan dia bakal terus males dan ngerasa selalu dibelain sama bokap. Sering banget pas lagi bertengkar, si Justin ini sengaja nangis keras - keras biar didenger sama bokap. Gua dimarah habis - habisan deh.

Kebiasaan jelek Justin yang lain adalah kurang bertanggung jawab. Sering banget habis pulang sekolah sepatu, baju dan tas ditaruh gitu aja kayak bos. Emang sapa yang mau beresin coba ? Habis makan juga piring ditaruh gitu aja kagak dicuci. Nonton TV juga gitu. Sering gua lihat dia pergi gitu aja tanpa matiin TV padahal kagak ada orang yang mau nonton. Parahnya dia selalu ngulang - ngulang kesalahan yang sama. Dinasihatin sekali ya besoknya diulang lagi. Beda banget sama gua yang orangnya teratur.

Tapi dibalik kebiasaan jeleknya itu dia banyak punya sisi baik. Adik gua orangnya suka banget berbagi. Setiap dia punya jajan gitu pasti dia nawarin ke gua dan anggota keluarga yang lain padahal kami sama sekali kagak ada minta. Kadang malah dia maksa kita buat nerima jajannya itu. Lucu juga sih. Tapi kadang jajan yang sering dikasi ke gua itu yang gua kagak suka ( ya sudahlah ).

Dia juga anaknya rajin ibadah ke gereja. Mirip banget kayak gua waktu masih seumur dia dulu. Bedanya mungkin gua lebih semangat dan rajin dibanding dia ( tetep sombong ). Dia suka nyanyi - nyanyiin lagu rohani dan kalo gua tegur gara - gara ganggu gua belajar dianya ngeles “ini kan nyanyi lagu rohani” dan kalo udah gitu ya no comment deh.

Yang namanya kakak adik pasti wajar lah kalo sering bertengkar. Tapi sekitar 3 bulan yang lalu Justin ngelakuin sesuatu hal yang bikin gua “Sakit Hati” banget. Mungkin agak lebay tapi percaya deh kalo kalian ngalamin sendiri pasti bakal kecewa dan kesel banget. Sejak itu gua jarang ngajak dia bercanda lagi dan ngomong paling seperlunya aja. Apa yang dia lakuin itu udah di luar batas toleransi gua. Memaafkan sih udah tapi ya tetep aja perbuatannya bikin gua bingung. Kenapa dia bisa ngelakuin hal itu ke kakaknya sendiri ? ( #curhatdikit ). Ok, lupakan bagian yang ini.

Akhir - akhir ini dia sering banget nginap di rumah temennya, Vula. Hampir tiap hari kerjaannnya ke sana terus dan makin males belajar. Yah, gua bisa bilang apa ? Dari sononya udah males. Kalo dipaksa malah hasilnya kagak maksimal. Gua sih berharap dia bisa sadar dengan sendirinya dan mulai rajin belajar kayak kakak - kakaknya dulu. Semoga di usia 12 tahun dia makin dewasa dan lebih bertanggung jawab lagi. HBD JUSTIN !!!!

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com