Monday, July 20, 2015

Grand Final #SUCI5 Kurang Greget

Sebagai pecinta komedi, tentunya kita kagak asing sama acara yang satu ini. Yups, Stand Up Comedy Indonesia atau yang biasa disingkat SUCI ini adalah acara kompetisi lawak besutan Kompas TV yang menurut gua recommended banget bagi lu semua yang suka dengan humor yang dikemas dengan cerdas ( bahasanya cuy ). Gua pribadi lebih suka humor yang tipe seperti ini daripada canda - candaan kagak lucu yang pake lempar tepung lah, bedak lah ( kenapa kagak semen aja sekalian ? ), saling mencaci maki kejelekan orang lain, dan yang make adegan kekerasan ( walau gua tahu propertinya boongan dan adegannya juga cuma sandiwara tetep aja bagi gua kagak ada lucunya ).

Waktu SUCI I pertama kali gua tonton, kesan pertama gua adalah : Indonesia perlu hiburan yang berkelas kayak gini. Seumur - umur gua nonton acara komedi, baru kali ini ada acara yang bikin gua kagak bosen nonton dan selalu nungguin episode selanjutnya. Yang paling gua jagoin itu Ryan sama Ernest dan ternyata salah satu dari mereka akhirnya jadi juara pertama di kompetisi ini ( hayo, siapa yang masih inget ? Hehe ).

Dan jujur aja, di SUCI - SUCI berikutnya gua sama sekali gada ngikutin. Kenapa ? Tugas sekolah yang melimpah, ulangan yang hampir tiap hari n kesibukan yang padat bikin gua jadi kagak sempet nonton tv lagi ( sok sibuk banget ya ? ). Gua sempet nonton SUCI 2 dan itu pun pas finalnya doang dengan hasil juara pertamanya dipegang sama Ge Pamungkas.

Semenjak Final SUCI 2, gua udah kagak pernah nonton season selanjutnya sampe suatu saat waktu lagi gonta ganti channel TV acara ini muncul dan tebak SUCI berapa yang gua tonton ? Ternyata acara ini udah sampe season 5 dan masuk ke empat besar ( buset dah, cepet amat ). Saat itu yang lagi tampil si Dani, komika asal Malang yang biarpun punya kekurangan fisik, tapi semangatnya bener - bener bikin gua kagum. Tapi kalo boleh jujur , gua kagak bisa menangkap di mana bagian dari lawakannya yang lucu. Agak pedas sih tapi ini menurut penilaian gua secara objektif. Saat dia stand up gua cuma bisa sesekali mengangguk dan ngomong “Oh, gitu, terus ?” berkali - kali dalam hati. Tapi di satu sisi gua tetep salut sama usaha kerasnya.

Berikutnya Si Rigen, komika asal Bima. Pas nonton dia gua sih cukup terhibur, tapi menurut gua lawakannya terlalu standar n kurang greget sampe ke peserta terakhir ( eh terakhir ? Yups, ternyata yang tampil pertama si Rahmet dan gua belum sempat nonton ) si Indra yang saat itu ngebawain tema Jakarta sama kayak peserta yang lain, gua ngerasa ada sesuatu yang beda dari orang ini. Ketika gua nonton dia, kata “Unique” emang pantes dilabelkan untuk komika yang satu ini. Mukanya sih emang absurd plus sok serius gitu tapi lawakan n permainan katanya itu lo bikin gua angkat jempol. Ini lawakan yang paling gua inget…………………….

Gua pernah beli petasan g meledak, orang g gua nyalain. Pas gua mau nyalain tetep g meledak, orang gua nyalain TV. Pas petasannya gua nyalain tetep g meledak, orang lu gua boongin yee……

Dan gua langsung ngefans sama si Indra ini. Lanjut putaran kedua akhirnya gua bisa ngeliat orang yang namanya Rahmet tampil. Harus gua akui ni orang emang keren banget. Pembawaannya santai, nguasain panggung banget, lawakannya jeli banget dengan keseharian kita sehari - hari yang dikemas dengan apik. Kompor gas deh. Tapi kagak tau kenapa gua sama sekali ga ada interest sama si Rahmet ini. Bagi gua yang begini kayaknya udah banyak ( sori kalo gua sok tahu ) n gua tetep ngefans sama bang Indra. Setelah semua tampil gua udah bisa menebak sapa yang bakal tereliminasi dan prediksi gua ternyata bener ( siapa hayo ? ).

Begitu si Dani dinyatakan harus tereliminasi, ternyata minggu depannya adalah Grand final. Grand Final ? Yups, untuk SUCI 5 kali ini Grand Finalisnya ada tiga orang yang di mana SUCI sebelumnya cuma dua orang aja. Gua langsung semangat nonton buat minggu depannya. Ternyata begitu minggu depannya, mereka berdua kagak tampil. Yang ada cuma reuni para komika sebelumnya yang pernah tereliminasi. Mereka kocak sih tapi tetep aja bukan ini yang gua tunggu. Dan minggu depannya lagi ternyata juga bukan Grand Final. Terus kapan dong ?

Pertanyaan gua terjawab di minggu depannya ( tiga minggu setelah Dani dieliminasi ). Ini akhirnya yang gua tunggu - tunggu. Dari kemarin kek kayak gini. Acara berjalan dengan lancar sampai akhir dan kesan gua adalah : “Kacau Parah ” Apakah itu pujian ? Kagak sama sekali karena gua kecewa banget sama Grand Finalnya. Menurut gua ini sama sekali di luar ekspetasi dan ternyata banyak orang yang punya pikiran senada ( lu pikir nyanyi ? ) sama gua.

Di Grand Final ini mereka cuma tampil dua kali ( cuma dua kali ? ). Sebenarnya sih tiga kali tapi karna yang pertama itu mereka tampil bertiga dan bukan stand up ( seperti lawakan yang ada di Extravaganza ato OVJ ), ini bagi gua kagak masuk itungan. Ketika nonton penampilan mereka, gua sampe bingung. Ini Grand Final ato audisi ? Yups, gua kehilangan sosok Indra yang waktu itu ada di empat besar. Dia kayak lagi baru belajar stand up, kata - katanya ngambang, nervousnya keliatan banget n sering salah ngomong yang pasti bakal ngurangin nilai performancenya dia. Si Rahmet juga kagak jauh beda. Dia yang biasanya keren kali ini ngedrop abis tapi masih lebih mending daripada Indra. Kalau Rigen ? Kali ini dia lebih santé sih tapi tetep aja bagi gua dia masih terlalu standar.

Sumpah deh, ini beda banget sama Final SUCI I sama II yang pernah gua liat sebelumnya. Waktu itu para Grand Finalis bener - bener ngeluarin semua kemampuan dan teknik yang mereka punya tapi di Grand Final SUCI 5 ini pesertanya entah karena gugup atau nervous ( sama aja kali ya ? ) jadinya mereka terkesan mentah banget n gua kagak ngeliat gregetnya sama sekali. Indro pun di Grand Final ini kagak ada ngeluarin kata kompor gas satupun ke para peserta pas lagi ngomentarin mereka.

Yang paling surprised adalah ketika pengumumuman juara. Sebenarnya prediksi gua yang juara satu si Rahmet, juara dua si Indra, n yang terakhir si Rigen. Gua tipe orang yang objektif. Biarpun jagoan gua Indra, tapi tetep aja bagi gua yang layak jadi pemenang itu Rahmet. Dia yang menurut gua paling lengkap dari semuanya. Aneh kan gua , ngejagoin orang tapi malah kagak ngarepin dia jadi juara ? Bukannya gitu, tapi sekali lagi gua menilai ini dari sudut pandang netral. Juara ato kagak toh intinya kita lihat prestasi mereka setelah terjun langsung ke industri hiburan Indonesia kan ?

Dan ternyata perkiraan gua salah. Yang juara tiganya ternyata jagoan gua si Indra. Ok, kagak masalah sih. Lagian penampilannya juga ngecewain waktu itu. Gua langsung berpikir kalo juara duanya pasti Rigen dan ternyata gua salah lagi, si kuda hitam ini malah dapat juara satu. Sempat kaget juga soalnya biarpun yang paling santé dia pas lagi stand up, tapi yang paling punya kecakapan buat menang itu bagi gua ya Rahmet biarpun penampilannya kemarin ada banyak kurangnya. Gimanapun rasanya kagak adil juga sih kalo penilaian cuma didasarkan sama penampilan di hari itu doang. Tapi ini udah keputusan mutlak sih. Legowo wae lah. Toh kalo jagoan ato orang yang kita prediksi ternyata menang kita kagak ikutan dapet hadiahnya kan ? ( kecuali kalo lu masang taruhan sama temen n kalo kalah lu harus nyerahin semua harta lu ke dia, itu sih derita lu, hehe ).

Tapi di Final ini ada satu statement dari Indra pas lagi perform yang menurut gua keren……………………….

“Kalo lu g bisa jadi yang terbaik, jadilah yang unik / berbeda.”

Simple, tapi ngena banget. Kalo kita kagak bisa jadi yang nomor satu, bukannya jadi yang paling unik salah satu alternatif yang terbaik ? Banyak orang yang ingin bisa seperti orang ini atau orang itu tapi mereka kagak sadar sm potensi mereka sendiri yang kalo dikembangin bahkan bisa lebih wow dari orang yang ingin mereka ikuti itu. Gua ngarep di SUCI season berikutnya bakal ada komika yang unik - unik lagi n ngebawa suasana baru bagi industri hiburan / komedi Indonesia n Grand Finalnya bisa lebih greget dari yang sekarang ini atau season - season sebelumnya. Amin.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com