Saturday, July 18, 2015

Puasa - Bukan Hanya Soal Tidak Makan dan Minum

Udah sebulan ini umat muslim merayakan puasa di Bulan Ramadan. Gua sih ga puasa ( karena gua bukan muslim ) , tapi menghargai mereka yang berpuasa adalah salah satu contoh dari kerukunan umat beragama yang semestinya kita terapkan satu dengan yang lain. Meskipun Bulan Ramadan sudah lewat, gada salahnya dong kalo kita bahas.

Puasa (menurut kamus gue ) adalah kegiatan untuk menahan hawa nafsu dan godaan setan dengan cara tidak makan dan minum yang dilakukan pada saat Bulan Ramadan ( dalam kalender Islam / Hijiriyah ) selama sebulan penuh dimulai dari subuh ( sebelum terbitnya fajar ) sampai dengan malam (setelah matahari terbenam ) yang di mana ini wajib hukumnya dalam Islam kecuali yang berhalangan seperti ibu hamil, menstruasi (bagi wanita ), anak – anak yang masih kecil, dan lain – lain ( Gua bener kagak si ? Kalo salah dibenerin ya ? hehe ).

Bagi Negara kita yang notabene Negara tropis yang terletak di garis khatulistwa dan jauh dari kutub utara, sangatlah fleksibel / lebih mudah untuk menjalankan puasa karena hanya 13 jam saja ( hanya lu bilang ? ). Yups, jangan protes dulu. Di Negara yang dekat dengan Kutub Utara contohnya Islandia, karena pada Bulan Juni matahari terbit selama hampir 22 jam, alhasil mereka hanya punya waktu buat buka dan tarawih dua jam saja (What ? Dua jam ? ). Lu bayangin aja puasa sampe 22 jam, mampus kagak tuh ? Kita aja yang Cuma puasa sekitar 13 jam dikit - dikit udah pada ngeluh.

Bahkan di Lulea, sebuah daerah di Swedia matahari terbit hampir 23 jam lebih. Malam hanya berkisar 38 menit saja. Jadi dalam sisa waktu yang singkat itu harus dipakai untuk buka puasa, Shalat Maghrib, Shalat Isya, Shalat Tarawih n buka puasa sekaligus. Bersyukurlah karna kita berasal dari Indonesia karna kagak perlu ribet kayak mereka. Waktu puasa yang paling singkat ada di Negara Chile karna hanya berkisar Sembilan jam saja ( dari pukul 05.31 a. m sampai 13.30 p. m ) karena di sana justru siang lebih cepat berjalan dibandingkan malam ( Ayo, siapa yang mau ke Chile Ramadan taun depan ? Hehe ).

Hal - hal yang paling gua benci ketika bulan Ramadan adalah status – status lebay di sosmed yang bermunculan. Contohnya gini nih……….

“Aduh Hari ini aQ sial banget, dimarah Bos, dikerjain temen, kuatkan aQ ya Allah supaya ga batal puasa.”

LOL banget, kalau gua jadi Tuhan mungkin gua bakal jawab “Lu mau puasa mau kagak juga bukan urusan gua, dosa juga lu yang tanggung sendiri !” Bukannya gimana tapi plis deh, yang elu lakuin itu biar Tuhan sama elu aja yang tahu. Ga usah pake gembar gembor sana sini juga kali mengenai kewajiban agama lu. Kalo lu puasa so what ? Gua pribadi emang kadang suka aktif di Path atau Foursquare ( masih zaman foursquare ? ) buat sekedar check in kalo lagi di suatu tempat. Tapi kalo misalnya gua lagi ada ibadah / ke Gereja, gua kagak pernah sama sekali check in di sosmed. Kenapa ? Bagi gua urusan kewajiban agama biar gua sama Tuhan aja yang tahu. That’s so simple.

Kadang ada juga status seperti ini………………….

“Ya Allah, perutku dah laper banget, cepetin dong waktu bukanya, udah ga kuaaaaaaat”

Menurut gua tipe orang seperti ini udah sangat lumrah di mana - mana. Kalo lu laper ya tinggal makan aja, ga usah nunggu waktu buka, simple kan ? Masalah lu jadi kelar. Lah itu kan dosa ? Emang ngeluh kagak dosa ? Kalo lu ngelakuin sesuatu dan cuma bisa mengeluh mending kagak usah ngelakuin kan ? Ada pepatah Ethiopia ( sebenarnya gua sendiri yang bikin ) yang mengatakan Melakukan suatu pekerjaan sambil mengeluh ibarat mengisi ember yang berlubang dengan air. Kagak ada gunanya kan ? Siapa yang bego coba ? Percuma lu udah sok bakal komitmen puasa tapi ujung - ujungnya ada masalah sedikit langsung ngeluh terus kata lapar dan lapar terus diucapkan seolah - olah hidup lu ga bakal lama lagi. Udah dosa karena mengeluh tambah dosa lagi gara - gara ngeliat KFC di depan rumah langsung ngiler dan akhirnya makan deh di sana ( Gubrak ).

Tapi ada lagi nih status yang paling bikin gua ngakak………………

“Untung ini bulan Ramadan, kalo ga udah gua bunuh lu sekarang”

Wusss, santé mas bro, Lebaran masih 20 hari, wkwkwk. Kalo ngeliat status kayak gtu gua cuma bisa geleng – geleng aja ( sambil ketawa ). Statement seperti ini sering banget gua temuin waktu bulan Ramadan : “Ini Bulan Ramadan lo, ga boleh nyontek, entar dosa. ” Lah emang kalo nyontek bukan di bulan Ramadan kagak dosa ? Ngebunuh, mencuri, zinah atau dosa yang lain ga boleh dilakukan di bulan Ramadan doang ? Walaupun gua tau Bulan Ramadan dianggap spesial bagi kaum muslim, tetep aja yang namanya dosa ya tetep dosa di bulan manapun. Emang lu pikir Tuhan cuma ada di bulan Ramadan doang ?

Selain status – status lebay yang bertebaran, hal yang mengganjal di Bulan Ramadan bagi gua itu penutupan rumah / warung makan ( Untungnya sekarang sudah tidak lagi ). Ini bagi gua ga banget. Kenapa ? Kita bukan Negara Agama men, kita tinggal di Negara Pancasila yang di mana Negara kita berdasar kepada Ke-Tuhanan yang Maha Esa yang terdiri dari berbagai macam agama. Bukan hanya Agama Islam saja tetapi masih ada agama yang lain. Memang betul di Indonesia mayoritas beragama Islam, tetapi apakah dengan begitu kita harus memaksakan kewajiban agama kita kepada mereka yang minoritas ? Bukankah itu sama saja dengan kediktatoran ?

Mereka yang mempunyai usaha warung makan tersebut juga saya yakin banyak di antara mereka yang muslim, kalau mereka tidak kerja selama sebulan mereka mau makan apa ? Terus bagaimana cara mereka mengumpulkan uang untuk Lebaran ? Ngemis ? Seharusnya kita juga harus menelaah sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Bagaimana dengan ibu hamil, anak - anak kecil dan mereka yang berhalangan sehingga tidak bisa berpuasa ?

Apa sih arti puasa itu sebenarnya ? yaps, seperti yang udah gua katakan berulang kali puasa itu sama dengan menahan hawa nafsu. Apa gunanya kalo lu puasa tapi gada tantangan yang lu hadapi ? Masak ngeliat orang makan di restoran deket rumah iman lu langsung goyah ? Justru di sinilah orang muslim dilatih untuk kuat melawan godaan yang ada. Orang - orang pasti bakal menghargai juga kok kalo kita menghargai mereka.

Ada statement yang mengatakan kalo Rumah Makan boleh dibuka saat Bulan Ramadan berarti Nyepi di Bali boleh dong orang - orang yang non – Hindu keluar rumah atau bersuara ribut n Bandara ga usah ditutup ? LOL, sorry to say, tapi bagi gua ni bener - bener statement yang “TIDAK CERDAS”. Dari jumlah hari aja udah beda banget, nyepi cuma sehari lah kalo Bulan Ramadan ? Dengan adanya nyepi, ga ada manusia yang dirugikan kok. Nyepi sering dimanfaatkan orang - orang untuk kumpul dengan keluarga. Anak yang sering ditinggalkan orangtuanya pergi kerja setiap hari karena Nyepi jadi bisa kumpul bersama - sama dalam satu hari (Apa ga berkah tuh ?), yang sudah menikah bertahun – tahun sebelumnya bisa honeymoon lagi seharian ( maksud lo ? ). Di sisi lain Bali menghemat pengeluaran listrik karena dalam satu hari dilarang menyalakan lampu ataupun alat elektronik yang menyebabkan suara bising, selain itu juga dalam satu hari Bali telah mengurangi pemanasan global karena tidak ada satupun kendaraan yang boleh berlalu lalang di jalanan Pulau Bali ( Kecuali Ambulance dan sesuatu yang mendesak seperti mengantar wanita yang mau melahirkan). Lu bayangin betapa besarnya sumbangan Bali untuk dunia. Emang lu mau dunia cepet – cepet tenggelam gara – gara pemanasan global ? Gua sih kagak mau.

Dari berbagai poin yang gua sebutin , gua bisa simpulkan kalo Nyepi itu banyak memberikan manfaat walau ada juga ga enaknya dan itu adalah Bosan. Yups, cuma itu doang ( itu menurut gua sih, tapi kalo lu tanya ke orang - orang yang pernah nyepi di Bali apa ga enaknya pasti rata – rata mereka bakal jwb hal yang sama ). Nah bagaimana dengan menutup warung makan di Bulan Ramadan ? Seperti yang udah gua bahas sebelumnya , kita sama saja menutup rezeki bagi orang lain, mereka juga butuh uang untuk perputaran hidup mereka sehari - hari, belum lagi kalau mereka punya karyawan yang harus digaji, belum lagi kalau mereka harus menyiapkan THR, darimana mereka dapat uang untuk itu?

Jadi menurut gua Puasa itu bukan hanya soal perkara tidak makan dan minum melainkan suatu proses untuk menahan segala godaan dari perilaku yang tidak baik serta di dalamnya suatu proses saling menghargai antara pemeluk yang menjalankan ( Umat Muslim ) dan yang tidak ( Umat Non Muslim ). Dan selamat bagi kalian yang selama bulan Ramadan kemarin puasanya lancer ( ga ada yg bolong ), dan bagi yang masih sering - sering bolong sebagai refleksi agar tahun depan bisa lebih baik lagi. Selamat merayakan HARI KEMENANGAN !!!!

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com