Monday, July 27, 2015

MSS = Mereka Suka Seenaknya ( Part 2 )

Setelah kejadian yang absurd itu gua jadi kapok berurusan sama hal - hal yang berbau “mengajak orang” seperti ini. Bagi gua duit seratus ribu itu termasuk jumlah yang lumayan besar ( beli bakso dapet berapa bungkus coba tuh ? ) dan berinvestasi untuk hal yang kurang menjamin seperti ini bukan hal yang bijak. Saat itu gua cuma merasa kasian aja sama si Leader karna dah ngomong ngalor ngidul tapi kagak dikasi ongkos ngomong tapi akhirnya gua deh yang harus dikasihani sekarang gara - gara kehabisan duit . Dan besoknya si Mr X kembali menghubungi gua di BBM tapi kagak gua respon.

Yang gua ga suka itu cara mereka yang “seenaknya” dalam memasang iklan untuk mengajak orang. Sering terkesan dibuat - buat n ga sesuai dengan kenyataan yang ada. Suatu kali gua sempat baca status / pm yang dibuat si Leader di bbm ( sengaja ga gua delcon karna penasaran aja sama iklan - iklannya, hehe) kayak gini……..

“Dicari lima karyawan untuk kerja Part time dengan gaji 300 - 400 ribu per hari baik itu anak SD, SMP, SMA, Mahasiswa, Pengangguran atau yang sudah bekerja bisa menjalankannya. Hanya lima orang saja.”

Bahkan sampe di pp bbmnya ada gambar poster yang berisi tulisan di atas. Buset dah . Yakin cuma lima orang aja tuh ? Kalo lebih juga lu pasti ga bakal nolak kan ? Hadeh, ada - ada aja tuh iklan. Beberapa minggu setelahnya gua ketipu lagi. Ada iklan seperti ini………….

“Dibutuhkan karyawan di bagian edifikasi dan pemostingan. Hubungi bla bla bla”

Gua coba sms ke no yang tertera di iklan…………..

Gua : Selamat siang pak / bu, apa lowongannya masih ada ?

? : Masih. Datang saja besok jam sembilan pagi. Alamatnya di jalan bla bla no bla bla

Gua : Ini kerjaannya seperti apa ya kalo boleh tahu ?

? : Datang aja besok . Nanti akan dijelaskan.

Gua : Apa nama perusahaannya ? Apa perlu membawa CV

? : State Bali. Datang saja dulu besok.

Gua sebenernya dah curiga karena tipe - tipe yang ada kata “datang aja dulu” ini udah familiar banget bagi gua. Apalagi pertanyaan gua tentang perlu membawa cv kagak dibalas. Tapi gua mencoba berpikir positif dulu n begitu nyari alamatnya dugaan gua ternyata bener. Di depan kantornya ada spanduk yang tulisannya “State Bali, Melia Sehat Sejahtera bla bla bla.” Hadeh, kena tipu deh n gua langsung balik ke rumah. Ngapain juga gua masuk ke sana ? Mau nyumbang 100 ribu lagi ? Cape deh.

Ga sampe di situ aja. Gua ketipu lagi dengan iklan lowongan dari Melia yang seperti ini……………………………

“Dicari Staff pengelola keuangan secepatnya, hubungi bla bla bla”

Kali ini gua tanya - tanya dulu biar ga kena jebakan betmen lagi. Gua tanya nama Perusahaannya dulu biar jaga - jaga n namanya ternyata PT Breakthrough. Aman deh, n gua langsung ke TKP besoknya membawa CV. Begitu sampai gua bingung karena alamat yang dituju ini ternyata konter hp / pulsa yang lagi tutup. Apa - apaan lagi nih ? Alamatnya juga sesuai kok. Tunggu dulu, tadi pas gua baru sampe sini kayaknya ada mbak - mbak pake baju kantoran gitu terus masuk ke rumah yang di sebelah deh. Jangan - jangan dia HRD nya ? Akhirnya gua memberanikan diri masuk ke rumah itu dan bener dugaan gua ternyata. Mbak - mbak tadi nyuruh gua nunggu sebentar karena ada yang harus disiapin sementara ada seorang bapak ngajak gua ngobrol…..

Bapak2 : “Sebelumnya kerja di mana dek ?”

Gua : “Saya ngajar les privat pak.”

Bapak2 : “Wah hebat. Ya, semoga bisa dpat tambahan lah dari part time ini.”

Part time ? Maksud lo ? Gua udah mulai nyium hal - hal yang mencurigakan di sini dan mbak - mbak tadi ngajak gua ke konter hp yang lagi tutup itu n masuk ke dalam. Mbak itu cerita kalo konter ini dah lama tutup karena bangkrut n sekarang dipake sebagai tempat meeting. Nah lo, makin curiga gua sekarang. Dan percakapan inti pun dimulai…………..

Mbak2 : “Oh ya, kita belum kenalan. Saya Nanik ( mengulurkan tangan ).”

Gua : “Saya Vega. Jadi desc job saya nanti seperti apa ya ?”

Mbak2 : “Sebelumnya saya mau tanya dulu, sudah pernah denger tentang Melia Sehat Sejahtera ?”

Blaaaaar, lagi lagi kena gua. Daripada harus ngeluarin kocek lagi gua pura - pura udah bergabung sebagai anggota n dia ternyata kaget . Gua bilang kalo udah hampir tiga bulan gua jadi anggota MSS tapi jarang aktif n ga pernah ikut pertemuannya sama sekali. Kami ngobrol cukup lama n dari sini gua tahu kalo MSS punya beberapa cabang di bali n namanya juga beda - beda kayak State Bali, Breakthrough, ato apalah. Dan konter hp yang bangkrut ini dipake sebagai markas untuk cabang Brekathrough. Hadeh, ada - ada aja. Tapi untung deh gua jadinya gak harus dengerin prospeknya dia tentang MSS.

Mbak : “Haha, ga nyangka lo bisa ketemu sama anggota Melia juga walau kita beda tim. Pasti kamu awalnya pengen nyari kerjaan lain kan makanya kamu tertarik sama iklan yang saya buat? Ngapain lagi cari kerjaan lain ? Udah bagus lo di Melia. Pasti kapok ditolak ya ? Kakak juga sering kok. Udah biasa itu.”

Gua : “Hehe, iya ( padahal ngejalanin aja belum ).”

Mbak : “Udah jalanin aja. Pasti sukses kok.”

Gua : “Haha, berarti intinya mbak ga jadi dapet duit nih ?”

Mbak : “Iiih, gapapa kali. Seneng bisa ketemu kamu kok bisa share pengalaman juga. Anak muda zaman sekarang pikirannya duit mulu ya ? Hehe.”

Padahal gua tahu dalam hatinya pasti kesel banget tuh ga jadi dapet duit. Akhirnya gua pamit sama mbaknya dan balik ke rumah sambil ketawa dalam hati. Rasain tuh gua kerjain, siapa suruh bikin lowongan seenaknya gitu ? Staff pengelola keuangan ? Apa - apaan coba ? Selain iklan tadi ada juga iklan seperti ini……………

“Dicari lima orang, cowo dengan tinggi badan minimal 170 cewe minimal 160 untuk kerja part time di Hotel Grand Santhi. Di interview langsung di hotel. Khusus hari ini saja”

Kali ini gua dah kebal sama iklan yang beginian. Gua sms nomer yang tertera n langsung tanya dengan frontal, “MSS ya ?”, dan ternyata tebakan gua bener. Sumpah deh, gua cuma bisa geleng - geleng kepala doang ngeliat cara mereka bikin iklan yang ga sesuai fakta di lapangan. Malah gua baru - baru ini ngeliat iklan di OLX yang judulnya “Lowongan Part Time di Hotel Melia.” Ini apa - apaan coba ? Sejak Kapan MSS punya hotel ? Udah ganti usaha sekarang ? Ada - ada aja deh.

Dan baru - baru ini juga ada orang MSS yang neror gua. Suatu kali gua di miss call sama seseorang dan itu pun cuma satu detik doang. Gila lo, ga modal banget. Pasti di pikirannya gua bakal nelpon balik tapi sori banget men, gua bales pake sms……

Gua : “Sapa ni ?”

MSS : “Rendra, add pinku 7fb…….”

Gua : “Ada perlu apa dulu ni ? Tau nomer ini dari mana ?”

MSS : “Dari OLX.”

Glek, gua emang pernah sempat pasang iklan di OLX tapi waktu itu yang gua cari itu kerjaan nyanyi di kafe. Ga mungkin ini dari café yang lagi nyari penyanyi. Masak ga modal buat nelpon sih ? Akhirnya gua tanya lagi dengan mantap, “Ini MSS kan ?” Dan lagi - lagi tebakan gua ga meleset, dengan polosnya orang ini ngejawab iya. Setelah jawaban terakhir itu gua ga bls lagi tapi sialnya gua malah diteror terus. Masak jam satu malam ni orang miscall gua ? Ga sopan banget kan ? Emang ga tau jam orang istirahat? Besok siangnya dia sms lagi tapi gua ga responin. Akhirnya nomernya gua blokir biar ga ngeganggu lagi. Dan ini bukan pertama kalinya gua diteror sama orang MSS tapi udah kesekian kalinya. Emang nasib dah.

Sebenarnya gua gada masalah dengan Melia Sehat Sejahtera ini. Bagi gua program mereka cukup bagus kok dan produk mereka juga baik untuk kesehatan. Cuma yang jadi masalah itu ya marketingnya. Mereka suka meneror orang yang jelas - jelas sudah tidak tertarik dan nomer kita dioper - oper dari yang satu ke yang lain dan kalo begini kan jadi sangat mengganggu. Belum lagi iklan - iklan aneh yang mereka buat. Boleh saja kreatif tapi tetap saja jangan melenceng sampai jauh banget contohnya yang staff pengelola keuangan itu. Apaan coba tu ? Mending jujur aja kan bisa waktu bikin iklan misalnya kayak gini……..

“Kami PT Melia Sehat Sejahtera yang bergerak di bidang kesehatan mengajak anda untuk bergabung bersama kami. Hanya dengan pembayaran sekali seumur hidup saja anda sudah dapat mengerjakannya dan mendapat keuntungan yang fantastis”

Bukannya seperti itu lebih baik? Biarpun lebih simple tapi setidaknya tidak menipu seperti iklan - iklan tadi. Dengan iklan - iklan aneh tadi malah bikin orang berpikiran makin negatif tentang MSS. Gua sih berharap semoga para marketing / anggotanya bisa memperbaiki kinerjanya mereka jadi lebih baik lagi dan tidak melakukan hal - hal yang mengganggu privasi orang lain seperti yang gua alamin. Semoga……………

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com