Monday, July 27, 2015

Penyesalan Tidak Pernah "On Time"

Setiap dari kita pasti pernah ngalamin yang namanya penyesalan. Orang menyesal karena berbagai macam hal ada yang karena putus cinta, salah milih jurusan waktu SMA / Kuliah, salah ngambil keputusan, salah milih pasangan hidup ( jangan sampe deh kalo yang ini ), belum bisa ngebanggain orang tua dan hal - hal lainnya. Tapi dari menyesal itu biasanya kita dapat suatu pelajaran yang berharga.

Gua sempat nyesel waktu masa SMA dulu ga gua manfaatin dengan baik. Gua terlalu memforsir diri untuk menjadi yang terbaik di kelas jadinya waktu untuk ngumpul ato main sama temen sering berkurang. Emang sih itu hal yang positif tapi tetep aja gua jadi ga punya waktu untuk bersosialisasi. Selama bukan hari libur gua ga bakal mau pergi keluar rumah kecuali itu urusan kerja kelompok ato ngajar les ( dari kelas 2 SMA gua udah ngajar ). Jadi saat temen - temen pada ngadain acara kumpul - kumpul gitu gua pasti ga ikut.

Sering juga gua ngeluh “Kok SMA ini lama banget ya, cepetan selese dong?” karna waktu itu gua jenuh sama ulangan - ulangan dan keseharian yang membosankan di sekolah. Temen gua ngingetin, “ Hati - hati lo entar nyesel, nikmatin aja masa SMA ini, nanti kalo dah lulus pasti kamu pengen balik lagi”. Waktu itu gua cuma ngeremehin aja kata - katanya dan ternyata sekarang baru sadar akhirnya. Ada banyak hal mengasyikkan yang harusnya bisa dilakuin waktu SMA tapi gua lewatin begitu aja.

Penyesalan berikutnya juga datang setelah gua lulus SMA. Gua terlalu banyak pertimbangan untuk memilih tempat kuliah. Karena gua bukan berasal dari keluarga yang kurang mampu jadi ga mungkin bisa daftar di beberapa tempat seperti anak - anak yang lain. Terpaksa gua harus milih antara PTN, PTS ato STAN. Dan akhirnya gua melepas keinginan untuk kuliah di STAN dan memilih PTN ato PTS. Bukan karena takut gagal di ujian tulisnya, bagi gua yang dulu jurusan IPA, matematika itu udah makanan sehari - hari, kalo bahasa inggris ya gua ga bego - bego amat lah, terus kalo TPA mah ga perlu belajar juga bisa ( sombong amat ya ? ). Yang gua takutin malah tes kesehatannya. Gua pikir kalo mata minus delapan kayak gua itu udah gada harapan dan takut juga kalo setelah dites ternyata gua divonis mengidap penyakit meningitis dan hidupnya tinggal sebulan lagi ( lebay banget dah ). Tapi karena ketakutan ga berdasar itulah gua jadi ngelepasin keinginan untuk kuliah di STAN.

Beberapa bulan kemudian bokap gua cerita kalo ada anak temennya yang baru lulus dari STAN dan gajinya sekarang 9 Juta per bulan. What ? Gua langsung mangap ga percaya. Bahkan ada juga anak temennya yang lain setelah tiga tahun kerja ( lulusan STAN juga ) dia sudah bisa beli rumah sendiri. Bokap gua sebenernya ga tau apa itu STAN dan maksudnya ngomong itu cuma sekedar share doang, tapi setelah denger cerita bokap gua jadi semangat lagi. Gua coba cari tahu tes kesehatan di STAN itu seperti apa dan ternyata gua cukup shock.

Ternyata tesnya ga begitu sulit dan mata tidak boleh minus pun hanya di beberapa jurusan tertentu aja . Bahkan tes kebugarannya cuma lari keliling lapangan ( kalo ini mah udah biasa ). Tapi sayangnya tes udah lama lewat dan terpaksa gua harus nunggu tahun depan ( kalau tahu gini kenapa gua ga nyoba nyari tahu aja dulu waktu itu ? Bego banget).

Dan sekitar bulan April gua coba cari tahu tentang pendaftaran STAN dan begitu baca syarat - syaratnya gua cuma bisa melongo sama yang ini……………

Peserta USM lahir di antara tanggal 1 September 1998 sampe 1 Agustus 1995

Pupus deh harapan karna gua lahir tanggal 10 Agustus 1995. Padahal kurang lagi sembilan hari aja. Buset dah sampe segitunya. Dan mimpi gua akhirnya kandas deh. Saat itu sempet shock juga dan pikiran gua jadi ga jernih. Kalo tau gitu tahun lalu kan langsung aja daftar di STAN kagak perlu mikir - mikir lagi. Apa boleh buat ?

Tapi ternyata gua baru sadar betapa begonya gua. Beberapa minggu setelah ujian tulis STAN selesai gua coba iseng - iseng buka lagi tentang syarat - syaratnya dan astaganaga, yang ini bener - bener bikin gua frustasi banget………..

“Usia peserta tidak kurang dari 17 tahun pada tanggal 30 September 2015 dan tidak lebih dari 20 tahun pada tanggal 1 September 2015”

“Jadi harusnya gua bisa daftar dong kalo gitu” teriak gua yang waktu itu kagak percaya. Terus yang waktu itu gua baca apa dong ? Saat itu gua baru sadar kalo yang gua baca beberapa bulan yang lalu itu mungkin syarat - syarat yang mengikuti kebijakan tahun lalu dan belum direvisi. Dan yang saat ini gua baca itu yang versi website resminya STAN. Gua jadi nyesel karena terlalu cepat berkesimpulan waktu itu dan mau gimana lagi ? Udah ga ada kesempatan lagi buat gua. Tahun depan ya pasti usia gua 21 tahun dan pintu STAN udah tertutup selamanya buat gua.

Besoknya ( ini kejadian nyata ), pas gua lagi baca - baca buku di gramedia, ada tiga remaja seumuran gua make jaket STAN 2014 lagi nyari buku di depan mata gua. Gua ga tau ni kebetulan ato kagak karena sebelumnya gua sama sekali ga pernah ngeliat anak STAN sebelumnya dan ini baru terjadi saat itu di mana sehari sebelumnya gua habis frustasi gara - gara kebegoan diri sendiri. Seolah - olah Tuhan mau nyindir gua karena suka begitu cepat mengambil kesimpulan n menyerah duluan sebelum mencoba. Kalo tahun lalu gua ikutan daftar mungkin bisa jadi salah satu bagian dari mereka kan saat itu ? Selang beberapa lama gua udah lupa kejadian tadi, tiba - tiba di buku yang gua baca ada tulisan “Stan pameran.” Buset dah, gua nyerah deh. Akhirnya gua pulang.

Begitulah penyesalan. Ga pernah on time datangnya. Selalu datang di saat - saat terakhir dan pastinya bikin kita frustasi. Dari sini gua jadi banyak belajar n mencoba membenahi diri gua lebih baik lagi. Banyak hikmah yang bisa kita ambil dari sebuah penyesalan. Kalo kejadian - kejadian di atas ga gua alamin mungkin saat ini gua bakal tetap jadi orang yang suka mengeluh, pesimistis, suka cepat menarik kesimpulan n cepat percaya dengan informasi yang belum tentu benar. Jadi gua bersyukur banget bisa dapat pengalaman kayak gini. Satu pepatah dari gua : Orang yang hebat bukanlah mereka yang tidak pernah mengalami penyesalan, melainkan mereka yang berhasil mengubah penyesalan itu menjadi penyelesaian bagi hidup mereka .

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com