Saturday, July 18, 2015

In Memoriam : Lebaran

Lebaran….. Apa yang ada di benak kalian kalau mendengar kata ini ? Baju baru ? Ketupat ? THR ? Mudik ? Halal Bihalal ? Makan – makan ? Malam takbiran ? Yups, lebaran emang identik dengan kesemuanya itu. Saat ini seluruh umat muslim di seluruh dunia sedang merayakan hari Lebaran atau Idul Fitri ini.

Makna Lebaran secara harfiah adalah kembali dalam keadaan fitrah (kembali dalam kesucian ). Jadi Lebaran merupakan suatu hari dimana umat muslim mengalami kemenangan atas segala dosa dan hawa nafsu. Lebaran merupakan hari dan momen - momen yang sangat ditunggu – tunggu karena berkah – berkah dari Tuhan banyak diturunkan pada hari ini.

Namun sangat disayangkan banyak orang yang menyalahartikan arti lebaran yang sesungguhnya. Lebaran begitu diidentikkan dengan bajubaru, celana baru, sepatu baru dan hal – hal lain yang bersifat duniawi, padahal menurut gua hati dan jiwa yang baru lebih penting dibandingkan itu semua. Ga salah sih kalo kita beli baju baru tapi bukankah momen ini lebih baik kita gunakan untuk beramal daripada menghabiskan uang untuk hal yang sebenarnya tidak begitu kita perlukan ?

Walaupun gua bukan orang muslim tapi Lebaran jg salah satu hari raya yang paling gua tunggu. Di kampung gua di Jogja setiap lebaran Mbah Putri ( sebutan untuk nenek ) pasti selalu bikin ketupat n bikin kari ayam so itu yang paling bikin gua betah kalo lebaran di Jogja. Ga tau kenapa gua lebih suka makan ketupat dibanding nasi ( padahal sama aja kan ? ). Dan sampe sekarang gua belum bisa bikin ketupat sendiri ( Huffffft).

Waktu dulu Lebaran di Jogja gua juga sering halal bihalal bareng sepupu gua yang masih kuecil – kuecil. Gua yang wktu itu masih kelas 2 SMP tergolong yang paling senior ( baca : tua ) di antara mereka. Kami lebih sering menyebutnya dengan istilah Balalan, jadi kami keliling desa dan masuk ke rumah warga yang ingin kami ingin kunjungi setelah itu kami akan dijamu dengan camilan yang ada di sana ( gua paling suka ngumpulin permen dari balalan di setiap rumah ), begitu kita merasa sudah cukup baru kita pamit sama Tuan Rumah.

Dan kalau beruntung setelah pamit pada Tuan Rumah, biasanya kita bakal dikasih amplop n ini yang biasanya gua tunggu – tunggu. Pernah suatu kali setelah pamit sama Tuan Rumah kami masing – masing diberi amplop n begitu keluar kami langsung buka, adik sepupu gua pada dapat 50 ribu eh pas pnya gua dibuka ternyata cuma dapat 10 ribu ( sakit ga tuh ?). Menurut mitos semakin tua usianya semakin dikit pula dapat THR- nya ( Masak si gua tua ? ). Yo weslah, yang penting dapet. Malah pernah suatu waktu sepupu gua pada dapat amplop tapi begitu giliran gua ternyata Cuma disalamin aja sama Tuan Rumahnya.

Enaknya balalan ini adalah kita jadi ga perlu makan di rumah karena kita pasti bakalan kenyang banget dengan berkeliling rumah warga. Di setiap rumah punya menu yang beda - beda , ada yang masak opor, ada yang bikin siomay, sampai yang hanya camilan saja. Biasanya kami selalu pilih - pilih rumah yang akan kami kunjungi karna semakin besar rumahnya pasti jackpotnya jg makin besar ( Haha, muncul otak bisnisnya ). Kadang kami juga pake strategi licik seperti ini ( Sepupu gua ada 4, sebut saja maman, mimin, mumun, dan memen )……….

Maman : “Kita masuk ke rumah ini g ya ?” ( menunjuk rumah di depan)

Mimin : “Jangan ah, terlalu rame, gimana kalo yang di situ ?”

Mumun : “Iya, aku mau ke situ aja.”

Memen : “Tapi katanya pemilik rumahnya pelit lo, nanti malah ga dikasi Uang.”

Maman : “Waduh, gimana nih Mas Veg ?

Gua : “Aku sih rapopo.”

Memen : “Ojo Guyon mas.” (terjemahan bisa didownload di pasar terdekat )

Gua : “Aha, gua ada ide, gimana kalo kita mencar ? Gua sama Memen ke rumah yang di depan terus kalian bertiga ke rumah yang lagi satu. Nanti kita kumpul di sini lagi kalau udah kelar, Ok ?”

Semua : “Ok.”

Jadi strategi kami adalah dengan berpencar untuk mengetahui kondisi di tempat yang berbeda. Saat itu gua merasa kayak seorang mata – mata FBI yang ditugaskan menyusup ke markas musuh untuk persiapan perang eh mengumpulkan THR sih. Sayangnya gua kagak bawa kacamata item wktu itu. 20 menit kemudian…….

Maman : “Gimana mas veg? Dapet duit g ?”

Gua : “Aduh, asem tenan e, ora ki.”

Memen : “Pemiliknya pelit banget, rumah gede – gede cuma dapet camilan.”

Mumun : “Hahaha.”

Memen : “Lucu po?”

Mumun : “Haha, emang enak g dapet duit ?”

Mimin : “Kwetyau deh lu.”

Gua : “Kasian woy ! Lu pikirannya makanan mulu. Lah emangnya kalian beneran dapet ?”

Ma, Mi, & Mu : “Nih (mengeluarkan amplop berisi 100 ribu ).”

Gua : “Anjir, kalian dpt sebanyak itu ?”

Maman : “Ojo ngiler mas.”

Memen : “Yo wes mas, kita langsung ke TKP wae.”

Gua : “Ayok wes, kalian bertiga tunggu di sini ya sekarang kami gantian ke sana? Percuma kalo kalian ke tempat kami tadi, kagak dapet apa - apa.”

Sekembalinya dari sana……………………………………………

Maman : “Piye mas veg ? Dapet duit piro”

Gua : “Duit opo ?”

Memen : “Amplopnya habis. Dah nunggu sampe satu jam, ga dapet apa – apa malahan.”

Mumun : “Oh iya, aku baru inget tadi tuan rumahnya waktu ngasi kami amplop bilang kalo kami yang terakhir dapet soalnya udah mau habis. Hehe, sorry mas yo mas ?” (dengan tampang polos)

Gua & Memen : “Hah?” (Gubrak)

Sejak saat itu strategi berpencar sebagai mata – mata ga kami ( Gua lebih tepatnya) terapkan lagi. Gua jadi lebih sering pergi sendiri ato pergi berdua sama Memen n kami ngambil rute yang berbeda dari Maman, Mimin , sama Mumun ( daripada makan ati lagi ?). Tapi tetep aja setelah balalan selesai , biarpun rumah yang gua kunjungi mungkin lebih banyak dari mereka, penghasilan gua ( cieh penghasilan ) pasti paling sedikit dari mereka semua. Gua cuma bisa ngiler ngeliat sepupu pada ngitung beberapa pecahan seratus ribu sementara gua cma bisa terpana dengan kenyataan yang gua alamin ( yaps, gua paling mentok cuma dapet 30 ribu n itu udh termasuk duit yang kakek sama nenek gua kasi, miris kan ? )

Tapi balalan eh Lebaran kali ini gua cuma di bali aja. What ? Yups, sebenarnya ini dah keempat kalinya sih gua lebaran di Bali so bukan sesuatu yang surprising banget, hehe. Lebaran kali ini agak berbeda sedikit soalnya dalam seminggu ini ada dua hari raya besar agama yaitu Lebaran sama Galungan. Galungan itu hari raya Agama Hindu yang intinya ga beda jauh sama Lebaran. Galungan merupakan hari raya atas kemenangan Dharma melawan Adharma, ga jauh beda sama Lebaran yang merayakan kemenangan atas hawa nafsu. Jadi para pendatang yang berasal dari luar Denpasar pada mudik ke kampung halamannya yang ada di Kabupaten lain di Bali. Belum lagi ada Lebaran yang di mana Bali bukan merupakan arus mudik tapi arus “yang ditinggalkan” (apaan sih ? ). Jadi bisa lu bayangin gimana sepinya Kota Denpasar karena efek Galungan plus Lebaran. Tapi gua sih ga ambil pusing ya ( yang nyuruh pusing juga siapa ? ) , gua jadi bisa lebih menikmati indahnya kota Denpasar n gua pake momen ini buat nyari inspirasi untuk karangan gue. Hebat kan ? ( Biasa aja si ). So buat kalian yang mau mudik semoga dilancarkan mudiknya, selamat sampai tujuan n bagi yang udah di kampung halamannya selamat berkumpul kembali sama keluarga n begitu balik ke tempat rantauan ga kena macet ( Amin, tapi kayaknya mustahil sih ) dan sampai dengan selamat. Minal Aidin Walfaidzin, mohon maaf lahir & batin.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com