Monday, July 27, 2015

MSS = Mereka Suka Seenaknya ( Part 1 )

Ada pepatah yang mengatakan, “Hanya keledai yang jatuh dua kali pada lubang yang sama.” Tapi pepatah itu sama sekali ga berlaku buat gua karena udah berkali - kali gua kena jebakan betmen ajakan bisnis yang satu ini. Yups, kali ini gua bakal ngomongin tentang Melia Sehat Sejahtera ato yang sering disingkat dengan MLM eh maksud gua MSS. Apakah MLM dan MSS itu sama ? Ya kagak lah, dari tulisan aja udah beda, hehe.

Berawal dari tiga atau empat bulan yang lalu gua kagak sengaja baca pm dari bbm teman yang temenan sama temennya gua ( nah lo bingung kan ? ) yang isinya “Ayo yang mau kerja partime dengan gaji harian, bulanan, dan tahunan. Jam kerja hanya tiga sampe empat jam sehari. No tipu - tipu, bla bla bla, yang minat chat.” Gua yakin 80 % dari lu kalo yang belum pernah ngalamin sebelumya n ngebaca tulisan kayak gini pasti jadi tertarik ( ya iyalah, siapa yang ga mau kerja dibayar harian, bulanan sama tahunan tapi kerja cuma tiga - empat jam ? ). Karena merasa tertarik, akhirnya gua coba tanya - tanya lewat chat……….

Gua : “Bro, itu kerja apaan ?”

Mr. X : “Tertarik bro ? Kalau mau datang aja nanti malam ke kantor kami, alamatnya di jalan bla bla bla nomer bla bla bla .”

Gua : “Ini kerjaannya apaan dulu ?”

Mr. X : “Datang saja dulu, nanti akan kami jelaskan.

Gua : “Oh, boleh datang berdua sama temen ga ?”

Mr. X : “Boleh, kalau rame - rame juga ga masalah.”

Gua : “Ok, sip.”

Dan malemnya gua ga dateng. Males banget kan kalo kita harus pergi ke tempat yang ga jelas ? Apalagi kalo harus ngajak temen segala. Takutnya ga sesuai sama ekspekto patronum ( maksud gua ekspektasi ) mereka kan bisa gawat.

Karena gua ga dateng, jam 10 malem si Mr. X ini bbm gua………………..

Mr. X : “Kok tadi ga dateng ?”

Gua : “Sibuk.”

Mr. X : “Kapan bisanya ?”

Gua : “G tau, mungkin minggu.”

Mr. X : “Ok.”

Dan percakapan berakhir. Tiga hari kemudian ( Hari Sabtu ) Mr. X kembali meneror gua…………

Mr. X : “Besok jadi kan bro ?”

Gua : “Ga tau juga. Tak usahain.”

Mr. X : “Jangan gitu dong bro, aku harus ngomong sama leaderku dulu soalnya. Besok kebetulan dia ga sibuk.”

Gua : “Ini sebenarnya kerjaan apa sih ? Kayak MLM gitu kan ?”

Mr. X : “Bukan bro, kami ga kayak oriflame. Hanya dengan modal kecil tapi hasilnya memuaskan.”

Gua : “Hah ? Berapa emang modalnya ?”

Mr X : “Gabung satu paket 635 rb, tiga paket 1,8 Juta, lima paket 4,2 Juta dan ini cuma sekali seumur hidup.”

Gua : “Sorry bro. Aku ga bisa. Lagi bnyk pengeluaran akhir - akhir ni.”

Mr. X : “Nanti akan dikasi solusi. Gabung di bisnis kami ini banyak manfaatnya karena kami bergerak di bidang kesehatan, jadi kita juga pasti sembuh dari penyakit yang kita derita.”

Gua : “MSS ya ?”

Mr. X : “Apaan tuh ?”

Gua : “Melia Sehat Sejahtera.”

Mr. X : “Iya.”

Buset dah, bahkan marketingnya sendiri pun ga tau singkatan dari nama perusahannya sendiri. Kenapa gua langsung tahu kalo itu MSS ? Karena bokap gua dah melanglang buana nyobain segala macam tipe - tipe pekerjaan semacam ini mulai dari MLM, Goldquest, Wandermind, VO2, MSS n yang lainnya. Ketika dia mengatakan bidang kesehatan, yang ada di pikiran gua antara MSS atau herbalife dan ternyata dugaan gua bener. Gua bukan tipe orang yang suka berpikiran negatif duluan. Kalo orang lain dah ngomong kata MLM ato yang semacam itu pasti langsung negative thinking n nolak mentah - mentah. Tapi di sini gua mencoba berpikir positif n karena penasaran sama cara kerja mereka akhirnya gua setuju buat ketemuan minggu sore di KFC.

Dan besok sorenya gua dah datang sesuai jam yang disepakatkan. Sampe setengah jam nunggu mereka belum ada yang datang. Si Mr. X bahkan baru otw jam enam kurang lima belas menit ( dasar orang Indonesia). Kata si Mr. X leadernya dia udah dateng tapi gua bingung yang mana ya ? Kakek - kakek yang lagi ngantri itu ? Ah, ga mungkin. Cewe cakep yang dari tadi kedip - kedip di depan gua ? Itu ternyata cuma ilusi. Sampe gua ngeliat dua cowok lagi duduk di meja yang agak jauh dari gua ngobrol - ngobrol sambil ketawa cekikikan.

Sehari sebelumnya pin gua sempet di invite sama leadernya si Mr. X ini dan gua nyoba nyocokin pp nya sama dua cowok itu. Gua ragu karna yang di pp itu dia make kacamata item n megang duit lima puluh ribuan banyak di tangannya ( yang menurut gua lebay ) tapi yang ini dia kagak make n gua takutnya kalo disamperin malah salah orang ( bisa malu banget gua). Lagipula si leader jg ga ada ngubungin gua.

Dan ternyata si Mr X baru nyampe jam setengah tujuh terus yang bikin gua kaget dia menuju ke arah dua cowok itu. Ya elah dugaan gua ternyata bener n gua langsung menuju ke sana. Gua langsung kenalan sama si leader n dia juga awalnya ragu - ragu katanya buat nyamperin soalnya di pp bbm gua ga pake kacamata n saat itu gua lagi make ( kenapa lu ga bbm gua dari tadi kalo bingung ? ).

Setelah perkenalan singkat akhirnya dia mulai menjelaskan tentang MSS dan gua bahkan baru tahu kalo Jokowi pun juga salah satu anggota dari bisnis ini & dia sangat mendukung keberadaannnya ( ini serius men ). Dan gua dijelaskan perbedaan MLM sama MSS yang di mana kalo MLM itu pake tutup point ( harus bayar ke perusahaan setiap bulan ) tapi kalo di MSS ga ada. Kemudian kalo di MLM ada iming - iming dapat mobil, rumah atau kolam susu lah kalo di MSS itu semua murni mereka membeli dari hasil kerja mereka sendiri ( bukan bonus seperti dari MLM ). Makanya jangan heran kalo anak SMP pun bisa jajan mobil sendiri kalo ikutan MSS ( gitu sih katanya ). Terus juga kalo di MLM ada tingkatan - tingkatannya tapi di MSS semua kedudukannya sama. Jadi ga ada yang lebih tinggi ato lebih rendah. Mau setahun gabung pun kedudukannya tetap sama dengan yang baru seminggu.

Setelah dijelasin panjang lebar ga tentu arah akhirnya dia langsung nanya, “gimana ? udah siap bergabung ?” . Glek, gua langsung kaget. Waduh, gimana nih ? Ini momen yang paling ga gua suka sebenernya. Niat gua awalnya cuma sekedar mau tahu aja tapi setelah denger penjelasannya agak tertarik juga sih soalnya tugas gua cma broadcast kayak si Mr X doang terus kalo ada yang nge – chat tinggal hubungin aja si leader ntar dia yang bakal ngejelasin panjang lebar di tempat yang dijanjikan. Sementara tugas gua ? Ya cuma nontonin aja kayak di bioskop & gua tetep dibayar. Gua baru sadar kalo si Mr X ini dari tadi cuma duduk manis sedangkan temennya si leader cuma motret - motret ga jelas. Tapi apa enaknya kerja kayak gitu ?

Si Leader terus ngebujuk gua buat gabung n bahkan ngeliatin dengan pandangan memelas terus cerita juga kalo kmarin ada cewek yang ikutan gabung sampe jual kalung emasnya segala. Habis cerita dia langsung ngeluarin formulir pendaftaran n ditaruh di atas meja. Buset dah, sampe segitunya. Yang bikin gua keberatan tu harus ngeluarin duit segala. Masak kita yang butuh duit malah harus bayar dulu ? Ga banget kan ? Kecuali kalo lu mau bikin usaha kayak kos - kosan atau restoran baru lain ceritanya.

Tapi karena ngerasa ga enak karena dia udah ngomong begitu lama sampe berbusa akhirnya gua tanya………..

Gua : “Saya lagi ga punya uang nih, boleh lain kali bayarnya ?”

Leader : “DP dulu boleh kok, sisanya boleh nyusul. Tapi jangan terlalu lama ya ? Kalo mas ga gabung sekarang bakalan susah soalnya kita ga tau leader yang lain seperti apa nantinya. Kalo daftar sekarang dijamin aman.”

Dan gua ngecek ke dalam dompet. Buset dah cuma tinggal seribuan yang cukup banyak plus satu lembar seratus ribu. Masak gua ngasi uang seribuan sih ? Dan akhirnya dengan berat hati gua ngeluarin seratus ribu gua yang tinggal satu - satunya ( bego banget kan ? ) terus gua langsung di foto sama Mr X dalam keadaan megang formulir yang sudah diisi n duit seratus ribu ( untung bukan seribuan yang gua kasi ). Akhirnya gua pamit sama mereka dan sampe rumah gua merasa jadi orang yang paling bego sedunia.

( Bersambung ke bagian dua )

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com