Monday, July 27, 2015

Ngeband - Antara Hobi dan Cita - Cita

Hari selasa yang lalu gua dikejutkan dengan telepon dari seorang pemilik restoran yang lagi membutuhkan seorang penyanyi untuk kerja di sana. Astaga, gua smpe kaget banget. Padahal gua buat iklan itu hampir tiga bulan yang lalu. Ternyata masih ada aja orang yang baca. Tapi sayangnya gua kecewa karna dia butuh satu penyanyi dan satu gitaris sedangkan gua udah ga ngeband lagi sejak lulus SMA. Temen - temen band juga udah gada kabarnya lagi dan susah banget buat ngubungin mereka. Dan dengan berat hati akhirnya tawaran ini gua tolak ( mungkin emang belum jalannya ).

Waktu masih SMA gua sempet aktif di tiga band ( banyak amat ). Yang satu terbentuk dari komunitas musik di facebook, yang satu band dari teman - teman gereja dan yang satu lagi terbentuk secara dadakan karena keperluan pensi di sekolah. Ketiga band ini sekarang udah bubar karena kami masing - masing dari kami juga udah sibuk kuliah, ada yang kerja dan ada juga yang merantau ke luar. Sedih juga sih tapi ya mau gimana lagi ?

Yang paling berkesan itu ketika gua ngebentuk band untuk acara pensi di sekolah. Sebenernya gua bukan tipe orang yang suka ekspose kemampuan di depan banyak orang dan sering ga pede gitu. Tapi setelah gua pikir - pikir ini kan pensi terakhir dan tahun depan udah lulus SMA ( kalo lulus ya ? ), kapan lagi bisa asyik - asyikan gitu di atas panggung. Akhirnya gua putusin buat ikutan tampil n mendaftar sebulan sebelum acara. Gua ngajak sohib gua ( sebut saja kancil ) untuk ngiringin gua pake gitar. Jadi rencananya kami cuma tampil berdua aja akustikan gitu.

Seminggu dua minggu latihan, kami rasa gada masalah di lagu pertama. Di lagu kedua ini yang kami bingung karna rencananya gua bakal bawain lagu jazz tapi rasanya agak aneh kalo cuma diiringi satu gitar aja dan si Kancil kayaknya kesulitan banget buat ngiringin lagu ini karna kordnya jelimet banget. Akhirnya lagu kedua kami ganti dan ga tau kenapa gua ga srek gitu sama lagu kedua dan udah berkali - kali kami ganti terus. Dan lima hari sebelum pentas kami tetep aja kebingungan untuk lagu kedua ini. Gua sampe berpikir buat nyerah tapi Si Kancil tetap nyemangatin. Dan tiba - tiba aja gua inget sama adik kelas yang jago maen musik. Kan lebih asyik kalo ada drumnya gitu biar lebih rame. Akhirnya kami langsung terbang ( lu pikir burung ? ) ke rumahnya.

Ternyata orangnya ga ada di rumah. Bokapnya cuma bilang kalo dia lagi ikut lomba di Renon. Di Renon ? Renon itu luas kali om. Masak kita harus kelilingin seluruh Renon buat nyari dia. Renon itu nama sebuah daerah di Kota Denpasar yang identik dengan kantor - kantor pemerintahan karena merupakan jantungnya Kota Denpasar. Karena itu di sini juga ada lapangan besar yang fungsinya sama kayak alun - alun kalau kita ada di pusat kota di Jawa.

Karena bingung harus ke mana akhirnya kami sepakat untuk ke Lapangan Renon dulu. Di sini ternyata ada artis yang lagi syuting buat FTV namanya Ridwan Ghani ( tau kagak lu ? ). Tapi tujuan kami bukan mau ngeliatin artis men, kami lagi sibuk - sibuknya nyari personil supaya lima hari lagi bisa tampil. Dan setelah muter - muter ga jelas kami sama sekali ga menemukan ada tanda - tanda lomba yang berbau musik di sini. Nomer hp si adik kelas ini juga ga aktif. Tapi hebatnya, saat keadaan genting begitu tiba - tiba ada teman kami yang menelepon ke hp nya si kancil………….

Teman : “Kak, aku bentar lagi mau tampil lo. Nonton ya ? Ajak kak Vega sama yang lain juga.”

Kancil : “Lah, emang kamu tampil di mana ? Ada acara apa ?”

Teman : “Masak ga tau sih kak ? Hari ini kan ada acara dari Yamaha yang nyari talent - talent berbakat buat dikirim ke Jakarta. Acaranya di ay*****. Cepet ke sini kak.”

Kancil : “Ok.”

Dan ternyata tempatnya ga begitu jauh dari Lapangan Renon. Rame banget tempatnya dan banyak teman - teman satu sekolah yang ikut acara ini. Di sini kami juga ketemu sama adik kelas yang kami cari - cari itu lagi ngobrol sama temannya. Hebatnya lagi, temennya juga bisa maen musik ( bass ) jadi kami langsung nawarin mereka berdua buat gabung di band ( sekali mancing langsung dapat dua ikan , hehe ) dan merekapun setuju. Saat itu gua seneng banget karena udah hampir putus asa sebelumnya. Tuhan emang ga pernah tidur men.

Besoknya kami latian dan mereka emang cepet belajar padahal baru kemarin dikasi aransemennya. Lagu pertama lancar begitupun lagu kedua. Dan hari seninnya si pemain drum ga bisa ikut latian karna dia juga ada latihan sama band yang lain. Sempat khawatir juga karna waktu tampil udah ga lama lagi tapi dia malah ga latian, cuma harus diakui kalo dia emang jago banget main jadi tanpa latian bareng yang sering sebenernya ga masalah juga asal di rumah latian sendiri. Dan gua juga mulai disibukkan sama latihan padan suara tiap hari di sekolah, latian nyanyi sama band sekolah karena bakal tampil dengan lima lagu, latian paduan suara di gereja untuk natal dan ditambah lagi latian sama band ini yang bikin suara gua jadi bener - bener mau habis. Kadang gua siasati waktu latian paduan suara gua ga ngeluarin suara biar ga habis waktu pentas nanti. Yang gua takutin pas hari H nya gua tampil sama band yang baru dibentuk ini terus suara gua ngilang gitu kan ga lucu. Kalo nyanyi sama band sekolah kan penyanyinya ada empat, bisa lah kalo suara habis mereka yang nyanyi gua tinggal ikutan cuap - cuap. Tapi kalo band yang ini kan gua nyanyi sendiri. Ga mungkin lah bisa kayak gitu juga.

Sehari sebelum tampil gua juga sempet kehilangan suara, tapi akhirnya begitu hari - H suara gua udah kembali lagi dan walau ada sedikit masalah teknis kami berhasil tampil semaksimal mungkin. Ini bener - bener pengalaman yang ga bisa gua lupain karna prosesnya begitu panjang tapi mengesankan banget. Kami sempat bertengkar lah, sempat niat bubar, sempat ada ketidakcocokan juga tapi akhirnya semua terbayarkan di hari itu. Hasil emang ga pernah mengkhianati prosesnya.

Bagi gua ngeband itu udah kayak bagian dari hidup. Kadang kalo lagi bosen gua pasti langsung ngubungin temen - temen buat ngumpul terus asyik - asyikan bareng. Sempat ada keinginan / cita - cita juga buat bisa ngebentuk band yang terkenal dan tampil - tampil di TV gitu kayak Noah, Gigi, Ungu dan band - band hebat yang lain. Tapi kita juga harus lihat kapasitas diri kita juga kan ? Untuk bisa seperti mereka harus punya usaha n kerja keras yang luar biasa dan ga semua orang bisa kayak gitu. Tapi gada salahnya juga kita bermimpi karena teman satu gereja gua yang saat ini kuliah di Jakarta juga pernah tampil di acara Inbox sama bandnya. Berarti di dunia ini gada yang mustahil kan ? Janganlah berhenti bermimpi selama bermimpi itu masih gratis.

Gua juga sempat ditawari jadi vokalis sama seorang manajer band tapi lagunya ga sesuai sama warna suara gua jadinya terpaksa gua tolak. Lagian manajernya juga PHP sih, dia nyari vokalis baru tapi tetep ngarepin si vokalis lama supaya balik ke bandnya ( gimana ga kesel tuh ? ). Tapi hubungan gua sama si manajer ini baik - baik aja sih. Dia sering curhat masalahnya ke gua ( kebetulan dia cewe ) dan biasanya gua ngehibur dia sambil ngasi solusi. Cuma lama - lama ngeselin juga karna hampir tiap hari dia curhat ke gua terus ( udah kayak tempat sampah aja gua ) dan akhirnya gua ga pernah respon lagi.

Mungkin emang belum jalannya Tuhan kali ya tapi gua yakin suatu saat nanti pasti mimpi gua untuk jadi seorang vokalis band atau solois yang terkenal bakal terwujud. Kalo emang rejeki mah ga bakal ke mana. Dan kalo itu ga terwujud pun bagi gua masalah karena hidup ini sudah ada yang menentukan. Tapi selama kita masih diberi kesempatan untuk mewujudkan mimpi itu menjadi nyata, gua rasa ga ada salahnya untuk mencoba kan ?

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com