Monday, July 20, 2015

( Susahnya ) Bikin Blog

Sejak tahu temen gua udah punya blog dan bahkan udah berjalan dua tahunan, gua langsung ga mau kalah n bertekad untuk bikin blog sendiri. Jadi Jumat malam kemarin gua begadang sampe jam tiga pagi buat bikin tiga artikel sekaligus di laptop gua. Tiga ? Yups, gua saat ini udah merasa ketinggalan banget n gua harus ngejar ketertinggalan itu. Blognya sudah ada ? Saat membuat artikel waktu itu gua sama sekali belum punya blog. Jadi gua buat artikel di Microsoft Word dulu baru setelah itu rencananya bakal gua posting di blog yang bakal gua buat besoknya ( aneh kan ? tapi jangan protes dulu ).

Alasan kenapa gua mutusin buat bikin artikel lebih dulu dari blog ada dua, yang pertama karena di rumah gua kagak ada modem & wifi ( Kalau pake wifi dari hp bakal boros sedangkan kalo numpang wifi kudu nenteng laptop plus charger dan itupun mesti siap nanggung resiko kalo misalnya kagak ada colokan yang tersedia / penuh di TKP ) jadi terpaksa gua harus ke warnet buat bikin blognya. Lagian kalo bikin artikelnya langsung di warnet bisa bangkrut gua. Alasan kedua biar gua bisa langsung posting artikel yang gua tulis setelah blog gua jadi ( kalau cuma bikin satu artikel kan tanggung, biar ga terlalu sepi juga blognya, hehe ).

Saat nulis eh ngetik artikel gua jadi sadar kalo ternyata menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan / artikel itu memang ga gampang. Gua tipe orang spontanitas yang punya banyak ide gila pas lagi duduk santai / jalan - jalan tapi begitu gua di depan layar monitor, semua ide tadi tiba - tiba ilang gitu aja ( ngeselin ga tuh ? ) Dan gua juga baru sadar gimana capeknya mata gua karena harus ngetik berjam - jam buat bikin tiga artikel sekaligus. Gua jadi ngebayangin orang yang tugasnya ngetik Buku Harry Potter atau Alkitab ( kagak meledak tuh mata ngetik sampe beribu - ribu halaman ? )

Malem besoknya gua ngacir ke warnet n langsung daftar blog. Dan kendala gua yang pertama adalah masalah nama. What ? Yups, gua bingung nama apa yang cocok buat blog gua. Awalnya gua berpikir ngasi nama yang agak keren kayak Patronus Midnight, Fighting Dreamer ato Avada Kedavra, tapi setelah gua pikir nama ini kurang familiar. Gua sampe nyari inspirasi di Google n tetep aja gua bingung. Kambing Jantan ? Itu nama film. Domba Gaul ? Agak aneh. Dan akhirnya setelah rapat singkat dengan seluruh organ tubuh gua, kami memutuskan buat ngasi nama blog ini “SEMUT DINDING” karena lebih simple & mudah diinget orang ( tapi setelah dipikir - pikir bukannya cicak yang lebih sering merayap di dinding ? Ah, sudahlah).

Gua pikir setelah kita bikin nama blog dan alamatnya lalu klik Ok kita bisa tinggal langsung posting artikel , tapi ternyata masalah berikutnya adalah mengatur template. Yups, bagi gua pilihan template standar yang udah disiapin google sama sekali ga menarik dan otomatis gua harus nyari sendiri template yang lain di search engine. Sering terjadi masalah template yang udah gua download pas dicoba ternyata ga sinkron sama tata letaknya n kacau banget. Alhasil gua sampe harus gonta ganti berkali - kali dan banyak banget yang ga cocok.

Yang lebih parah lagi template yang kita download ternyata kagak bisa di atur tata letaknya, ukuran kagak bisa diubah n kagak bisa di pindah - pindah, beda kayak template standar yg udah disediakan ( Huffft, ribet amat ). Gua sampe sempet frustasi saking bingungnya tapi akhirnya bisa dapet juga yang lumayan cocok. Misi selesai ? Belum . Gua sekarang harus mulai posting artikel yang udah di save di flashdisk. Blog tanpa tulisan ibarat lu makan “Gudeg tanpa sayur nangka” atau “Bakso tanpa pentol.” Aneh kan ?

Dan tiba saatnya gua posting artikel. Di sini gua kagak merasa sulit karna tinggal copas aja dari Microsoft Word terus tinggal di Publish aja dan setelah gua cek hasil postingannya ternyata………………………………

Tulisannya acak - acakan. Yups, gua sampe bingung padahal jelas - jelas di Microsoft Word udah gua bikin serapi - rapinya tapi begitu dipublish kok jadi ancur gini ? Gua edit berkali - kali dan tetep aja kagak ada perubahan. Di sini gua sempet ngerasa putus asa soalnya lu bayangin deh gua sampe bela - belain begadang berjam - jam di depan layar monitor buat bikin artikel terus ngabisin duit di warnet tapi masak gada hasil yang gua dapetin ?

Akhirnya setelah berkutat dengan masalah ini gua coba cari solusinya di google dan ternyata ini disebabkan karna ekstension file yang berbeda di antara file word ( .docx ) dan blog ( .txt ) jadi harus di convert dulu. Gua cuma bisa nertawain kebegoan gua sendiri ( tapi gua yakin para blogger lain 90 % pasti juga ngalamin hal yang sama kayak gua, hayo ngaku ! Hehe ). Dan akhirnya masalah yang satu ini kelar, gua berhasil posting tiga artikel. Yayyy.

Selesai posting gua baru sadar kalau ternyata blog gua terlalu simple. Harus ada pemanis yang biasa disebut Widget. Apa itu Widget ? Widget itu semacam aplikasi kecil yang dapat diinstal dan dijalankan dalam halaman web untuk mempercantik sebuah blog / website. Biasanya berupa kalender, timeline twitter / facebook, keadaan cuaca, dan lain - lain. Akhirnya gua coba bikin di blog gua n walaupun masih rada sedikit bingung hasilnya lumayan lah. Lagi asyik - asyiknya bikin widget tiba - tiba ada notifikasi kecil dari operator warnet…………………………………………..

Sisa waktu anda tinggal 10 menit lagi…..Mau menambah waktu ?

Anjiiiir, kagak kerasa gua udah hampir empat jam di warnet n blog gua masih acakadut. Di warnet gua lebih suka make sistem paket karna harganya lebih murah dari yang personal ( tanpa paket ) dan paket langganan gua biasanya yang empat jam 10 ribu ( lumayan hemat kan daripada yang personal bisa sampe 20 ribu ? ). Karna gua dalam rangka penghematan jadi ga mungkin menambah jam dan dengan terpaksa harus logout. Yo weslah, besok dilanjutin lagi, hehe.

Dibalik ini semua gua banyak banget dapat pelajaran berharga. Gua jadi ngerti dikit tentang kode - kode html, cara bikin widget, ngatur template, ya banyak deh. Mungkin gua agak sedikit kolot karna baru ngerti sekarang tapi gua ngerasa bangga karna ngelakuin ini semua secara ototidak tanpa perlu diajarin atau dibuatin sama orang lain. Ada rasa puas sekaligus senang dan kedepannya gua berharap blog ini bisa lebih baik lagi. Quote : Tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar karna setiap proses hidup kita adalah pelajaran berharga.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com