Monday, July 20, 2015

Tikus Oh Tikus

Judul postingan kali ini sedikit mirip nama sinetron zaman gua masih TK dulu. Jinny Oh Jinny……. Ada yang masih inget ? Hehe. Pemerannya kalo kagak salah Diana Pungky sm Indra L. Brugman terus yang jadi Mustafa gua lupa siapa namanya yang meranin ( Eh, bukannya Mustafa ada di sinetron Jin dan Jun ? Entahlah ). Kali ini yang mau gua bahas bukan film - film jadul ini ( ketauan banget umur gua tua banget ) tapi masalah tikus. Ada yang belum tau tikus itu apa ? Nih gambarnya……………..

Eh salah, maksud gua ini……………………………………..

Tetep salah. Gambar yang bener bisa lu liat di paling atas artikel ini setelah judul ato kalo masih bingung bisa di cari di got - got terdekat. Back to our topic, kalo ngomongin tikus gua jadi inget sama kartun Tom & Jerry. Kartun ini bikin gua bingung. Lu bayangin coba di kartun ini pasti si Jerry selalu aja menang kalo ngelawan Tom. Kayaknya si Tom ini selalu ditakdirkan untuk bernasib sial. Kalo kita balik pelajaran bahasa Indonesia ada dua jenis tokoh yaitu protagonis sama antagonis. Sekarang menurut elu siapa yang protagonist di antara Tom sama Jerry ?

Pasti 99.9 % orang bakal menjawab Tom yang antagonis. Nah sekarang gua tanya ,bukannya di sinetron - sinetron itu yang selalu kena musibah tokoh utama / yang protagonis ? Di kartun ini siapa yang sering kena celaka / musibah ? Tom kan ? Dari awal sampe akhir cerita hampir kagak ada kita liat si Tom ini beruntung. Tapi kalau kita bilang Tom yang protagonis itu juga berlebihan karna dia selalu punya niat buat nyelakain si Jerry. Nah kalo gitu bener dong kalo Tom antagonis ? Kagak juga karena sering kita liat si Jerry ini malah ngusilin Tom duluan n terjadilah gontok - gontokan di antara mereka. Bingung kan siapa yang protagonis dan Antagonis ? PR tuh buat kalian.

Hal lain yang bikin gua bingung di kartun Tom & Jerry itu adalah tikus yang makan keju. What ? Hebat kan ? Padahal kalo di Indonesia tikus itu makannya dari sisa - sisa makanan yang ada di tempat sampah, remah - remah n ada juga yang makan manusia ( yang ini boong ). Jadi ini rahasia kenapa orang - orang di Eropa pinter - pinter n jadi Negara maju? Tikus di sana aja makan keju, apalagi manusianya. Wkwkwk, tapi jangan percaya guys, kalo kita belajar kimia dan biologi sedikit, ternyata bau dari keju kagak disukain sama tikus dan kandungannya yaitu laktosa bisa membahayakan dan bahkan mematikan bagi tikus. Ada banyak tikus di rumah elu ? Sebarin aja keju di sudut - sudut rumah ( tapi sayang juga sih, mending dimakan sendiri ato hibahkan ke gua gitu, hehe ).

Tikus juga di abadikan ke nama salah satu perangkat komputer / laptop yang dipake buat gerakin kursor. Gua bingung kenapa namanya harus mouse sih ? Apa karna warnanya item ? Kagak tuh, mouse sekarang udah berwarna - warni, lagian tikus juga warnanya g cuman item ( kok tau ? Temennya ya ? ). Karna bentuknya mirip ? Kagak juga. Kenapa namanya kagak Patronus kek, Pertrificius, ato Wimbledon ? Tapi ternyata nama mouse ini diberikan penemunya, Douglas Engelbart karna waktu itu dibuat dari kotak dari balok kayu yang di bawahnya diisi roda - roda terus disambung kabel panjang yang kalo diliat dari jauh “katanya” kayak tikus ( masak sih ? Entahlah ).

Saking populernya, tikus juga pernah dijadikan judul lagu anak - anak di Indonesia. Siapa yang masih inget lagu Tikus Makan Sabun ? Ini lagu waktu zaman gua TK dulu. Kalo kagak salah sih gini liriknya…………

Tikus makan sabun

Tikus makan sabun

Sabun mandi ditartarin

Aku kesal dan menjadi takut

Ditartarin ? Apaan tuh ? Haha, gua juga kagak tahu. Itu sih yang gua inget ( walau ada lirik yang sedikit ngawur karena dah lupa ), habisnya itu udah hampir lima belas tahun yang lalu . Gua juga males nyari liriknya di google. Tapi gua bahkan kagak tahu apa tikus beneran suka makan sabun . Apa itu yang bikin sabun d rumah gua cepet banget abis ? Mungkin hanya Tuhan dan penyanyinya yang tau.

Bicara soal tikus, dapur d rumah gua juga sering banget didatengin tikus dari yang gede banget sampe yang kecil kayak bayi marmut . Ini karena dapur di rumah gua ada di bagian belakang yang deket sama pembuangan limbah ( semacam parit gitu ). Agak susah sih ngejelasinnya, untuk yang masih bingung kalian bisa mampir ke rumah gua ( jangan lupa bawa makanan ). Pernah suatu kali gua mergokin tikus yang mau nyolong makanan n pas gua usir malah lari ke bawah kompor. Gua nyoba ngidupin kompor n ternyata tikusnya kagak terbakar ( ya iyalah apinya kan ke atas bukan ke bawah ). Dan setelah itu gua tinggalin tikusnya eh kompornya soalnya gua kebelet, pas gua balik udah ngilang.

Ternyata besoknya bokap gua yang ketemu sama tikus ini. Ceritanya kan bokap mau makan, dia ngerasa ada sesuatu yang aneh di kompor. Ada kayak semacam kabel warna item gitu yang nyambung ke bagian bawah kompor. Awalnya sih kagak curiga, tapi setelah dipikir - pikir kok aneh ya soalnya tipis banget gitu dan setelah bokap nengok ke bawah ternyata bener ada tikus di sana. Bego banget tuh tikus sembunyi tapi ekornya nyembul ke luar. Akhirnya tikus berhasil ditangkap n habis itu dibakar sama bokap setelah dipukul pake palu ( sadis banget kagak tuh ? ).

Beberapa hari yang lalu juga waktu gua buka pintu kamar mandi tiba - tiba ada tikus yang meluncur keluar n menuju ke pembuangan limbah / air ( ternyata dia masuk lewat lubang di kamar mandi ) dan sialnya bagi si tikus, jalan menuju pembuangan limbah udah ditutup pake triplek n bongkahan besi yang besar - besar. Otomatis tikus ini kejebak dan dia terpaksa sembunyi di pojokan di bawah meja. Gua saat itu langsung mengambil sapu dan mencoba untuk nangkap , eh tiba - tiba dengan nekatnya dia malah maju n menuju ke arah gua. Gua yang tanpa persiapan apa - apa secara refleks malah kabur lari ke atas kursi. Gua bukannya takut men, tapi jijik. Bedanya apa ? Sekarang gua tanya, kalo lu ngeliat buaya di depan mata lu ngerasa takut ato jijik ? Atau yang lebih simple deh, misalnya ada orang yang habis ngupil terus dia nempelin tangannya ke muka elu yang lu rasain takut ato jijik ? Kalo lu ngerasa takut berarti lu sama gilanya kayak gua, hehe. Tikus juga berbahaya karena nyebarin penyakit pes. Apa itu pes ? Yang jelas bukan nama game playstation. Tapi akhirnya gua berhasil nangkap tikus ini & gua buang ke got yang agak jauh dari rumah ( kalau gua bakar kasian emak babenya yang lagi nunggu d rumah ).

Sejak kejadian itu tikus - tikus udah jarang lagi maen ke dapur gua. Mungkin karna lubang di kamar mandi sama pembuangan limbah udah ditutup ato tikus yang gua lepasin itu ngadu sama keluarganya. Tapi kadang gua masih sering sering denger suara tikus ribut gedor - gedor lubang pembuangan limbah mengganggu kami yang lagi / mau tidur ( rasain lu kagak bisa masuk ). Setidaknya suara tikus itu bisa menjadi musik buat pengantar tidur gua. Salam tikus. Ciiiiiiit Ciiiiiiit Ciiiit…………….

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com