Monday, August 24, 2015

Handphone dan Charger yang Menyebalkan

Di saat orang - orang udah pada punya Hp Blackberry, Samsung, dan Hp - Hp canggih yang lain, gua hanya bisa bersyukur dengan Hp XP, Hp China yang kalo diliat sekilas mirip kayak Blackberry tapi tetep aja isinya beda jauh sama Blackberry yang asli. Tapi biar gitu, ini Hp kamera gua yang pertama. Dari SMP gua ngebet banget punya Hp yang bisa dipake foto - foto dan ada gamenya gitu. Tapi ya karna faktor ekonomi itu cuma jadi mimpi aja. Waktu itu hp yang gua bawa hp Smart yang harganya 150 rb kalo ga salah yang cuma bisa dipake buat nelpon dan sms an doang. Selfie ? Main game ? Jangan mimpi deh

Setelah sabar menanti akhirnya begitu lulus SMP nyokap ngasi Hp XP - nya ke gua. Sebagai orang yang pertama kali megang hp “agak canggih”, pastinya gua seneng banget dong. Biarpun kameranya juga kurang bagus ( mungkin sekitar dua MP ) dan kagak ada gamenya, tapi setidaknya level gua udah naik dikit sekarang. Bayangin aja hp gua yang smart itu kagak bisa dipake muter musik ato video cuma bisa sms dan nelpon doang belum lagi gambarnya yang kagak jelas ( kebayang kan gimana bosennya ? ).

Gua jadi sering download mp3 di warnet terus pindahin ke hp pake kabel usb, jalan ke mana - mana sering pake headset. Belum lagi Hp China itu ada TV nya jadi kalo bosen kagak ada guru di kelas gua bisa nonton TV. Yah hari - hari gua jadi lebih asyik deh sejak punya hp itu. Belum lagi orang - orang yang selalu salah ngira kalo hp gua itu Blackberry. Haha, bagus deh kalo gitu biar keliatan keren.

Dua tahun setelah gua pake, lama - lama tombolnya mulai copot satu demi satu ( tapi ini bukan karna gua gigit ya ? ). Masak bokap gua suruh dilem aja ? Gila kagak tuh ? Karna kagak ada biaya dan juga pasrah akhirnya terpaksa gua kasi bokap biar dilem. Eh begitu dilem ternyata tombolnya jadi katos dan kagak bisa ditekan semua. Jengkel dong, akhirnya dibawa ke tukang service dan gua harus ikhlas tombol “P” gua kagak ada. Terus gimana kalo mo nulis “P” ? Jadi gua harus nekan lubang di tombol yang udah kagak ada itu pake pupen ato gagang kacamata. Ribet kan ? Tapi kadang kalo udah males gua terpaksa ganti huruf “P” pake “F”, contohnya gini…………

Kancil : “Veg, lu entar malam sibuk kagak ?” ( lagi sms an ceritanya )

Gua : “Kagak, emang kenafa ? sori terfaksa nulis make f soalnya tombolnya rusak

Kancil : “Oh, Ok, Entar jalan - jalan yuk ?”

Gua : “Jam berafa ?”

Kancil : “Jam delapan bisa ?”

Gua : “OK, entar jemfut ya ? Jangan lufa !”

Ilfeel banget kan ? Ya gitu deh kalo lagi males ato kagak ketemu benda yang bisa dipake nekan tombol P. Tapi akhirnya kebiasa juga sih. Sekarang udah lima tombol hp gua yang copot tapi kagak separah hurup “P” ini ( tuh kan nulis hurup aja jadi kebawa suasana ). Jadi yang empat ini masih gua pencet pake tangan soalnya copotnya ga sampe semuanya.

Masalah berikutnya terjadi ketika gua mau naik kelas tiga. Begitu mau ngecas hp, ternyata adaptornya kagak nyala. Yah, itu artinya cuma ada dua kemungkinan, antara mati listrik ato memang chargernya udah rusak. Dan ternyata kemungkinan kedua yang bener soalnya adik gua lagi nonton TV. Nah lo, bingung deh gua selanjutnya gimana. Mungkin ini juga salah gua soalnya sering ngecas hp dalam keadaan ngidupin musik dan sambil ditinggal tidur jadinya chargernya terlalu banyak ngeluarin daya ato juga karna sering gua bawa ke mana - mana kalo lagi pergi.

Terpaksa deh beli charger baru. Bokap beli yang harga lima puluh ribuan. Dari harganya sih udah jelas ni bukan charger original dan pasti kualitasnya kagak bagus. Dan emang bener ngecas dua jam aja baru dikit banget yang terisi. Ya sudahlah yang penting ada deh. Kebiasaan ngidupin musik waktu lagi ngecas juga udah kagak gua lakuin lagi. Tapi namanya barang murah ya pasti cepet rusak, begitu dua minggu dipake, setelah ngecas beberapa menit ada tulisan “Awas Kontak, Pengisi Jelek !”

Dan kalo udah kayak gini ya kagak ada cara lain kecuali copot chargernya dari colokan terus dicolokin lagi karna kalo udah ada tulisan gitu baterenya kagak bakal nambah - nambah kecuali dicopot pasang lagi. Pernah suatu kali gua ngecas hp sambil ditinggal tidur siang, begitu dua jam setelahnya ternyata ada tulisan itu dan begitu gua copot gua kesel banget karna baterenya baru nambah 10 %. Emosi kagak tuh ? Apalagi sore itu ada acara yang harus gua datengin.

Karna begitu seringnya ngalamin hal kayak gitu akhirnya gua selalu beli charger baru setiap enam bulan sekali ( kalo beli yang ori takut kemahalan dan lagipula Hp dan perangkatnya kayaknya udah kagak ada lagi di pasaran). Dan kejadian yang terjadi selalu sama, hari pertama dan kedua masih lancar - lancar aja ngecasnya tapi kalo udah hari ketiga dan seterusnya jangan ditanya deh, rasanya bikin emosi aja. Pernah saking jengkelnya gua sampe pengen ngebanting chargernya, tapi kagak jadi soalnya ntar gua ngecas hp gua pake apaan ? Jadi terpaksa niat itu gua buang jauh - jauh sambil ngelus idung eh ngelus dada maksudnya.

Memasuki kelas 3 semester dua, baterenya yang mulai bermasalah, dipake sms dan nelpon bentar aja langsung mulai ngedrop, jadinya gua selalu buka hp kalo lagi penting banget aja. Mulai deh hidup gua tersiksa. Yah namanya juga udah bertahun dipake - pake, toh ini kan hibah dari nyokap gua dan bukan beli baru jadi wajar kalo semakin lama performanya makin nurun.

Karna kagak tahan beberapa bulan setelahnya gua coba beli batere ke counter hp eh pas gua tanya ada batere untuk hp XP mereka bilang kagak ada tapi ada batere yang lebih baik dan gua dikasi batere nokia. Hari - hari pertama ya kagak ada masalah tapi makin lama kok makin parah ? Masak baru muter tiga sampe empat lagu doang baterenya langsung abis padahal itu baru habis dicas sampe bener - bener full ? Kesel parah gua. Udah Chargernya soak sekarang baterenya lagi yang ikut - ikutan.

Dan biasanya sih kalo lagi ngecas keluar kata - kata awas kontak bla bla bla itu gua lepas adaptor chargernya dari USB terus gua lap pake baju begitu gua colokin kadang langsung lancar ngecasnya tapi dua hari belakangan ini usaha itu kagak mempan sama sekali. Malah makin parah sekarang. Kalo dulu setiap ngecas mungkin setiap sepuluh menit sekali ada tulisan awas kontak bla bla tapi sekarang setiap hampir kurang dari satu menit tulisan ini muncul. Gua coba copot dan lap berkali - kali juga sama aja. Lu bayangin aja coba setiap kurang dari satu menit gua copot pasang copot pasang, kapan baterainya full men ? Apalagi sering terjadi kadang kalo kita mau ngecas ternyata chargernya kagak connect, hp harus dilempar dari ketinggian sekian ato dilempar - dilempar dulu baru tulisan “pengisian terhubungnya” keluar. Oh, habis deh kesabaran gua.

Kalo dah tau gitu kenapa kagak dibuang aja ? Eiiiiits, biarpun jelek - jelek gitu tuh hp udah nemenin gua ngelaluin masa SMA guys , bisa dibilang Hp itu udah kayak saksi sejarah buat gua. Emang sih begitu lulus SMA gua punya Hp baru dan Hp XP udah jarang gua pake lagi, paling cuma buat nonton TV ato “alat” buat download mp3 soalnya Hp gua yang baru ini kalo colokin USB ke computer harus didownload dulu aplikasinya beda banget sama XP gua yang tinggal colok bisa langsung dipake transfer mp3/ foto/ file yang lain dari komputer ke hp. Tapi tetep aja kagak ada yang bisa ngegantiin XP gua ini. Bulan depan sih begitu gajian rencananya gua mau beli batere sama charger orinya, semoga masih ada yang jual deh biar bisa dipake normal lagi. Kalo kagak ya pasrah ae wes……….

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com