Monday, August 10, 2015

Makna di Balik Sebuah Nama

Mungkin kita udah sering banget denger pernyataan “Apalah arti nama sebuah nama?” Pernyataan ini berasal dari William Shakespeare, seorang sastrawan Inggris yang karyanya betul - betul luar biasa dan terkenal yang diantaranya adalah Romeo & Juliet. Pernyataan lengkapnya seperti ini : “What’s in a name ? That which we call a rose by any other name would smell as a sweet.” ( Apalah arti sebuah nama ? Andaikata kamu memberikan nama lain untuk bunga mawar, ia akan tetap berbau wangi ).

Sebagian orang mungkin nganggep pernyataan ini keliru termasuk gua. Tapi itu karena kita ngeliat dari sisi yang berbeda. Sebenernya hal yang ingin diutarakan oleh Shakespeare ini dari segi esensi ato hakikat yang terkandung di dalamnya. Dalam cerita Romeo & Juliet yang dia karang, Romeo ini merasa kesel hanya karna nama keluarganya itu musuh besar keluarga Juliet, orang tua mereka ngelarang keduanya buat berteman apalagi saling cinta. Jadi yang dimaksud Shakespeare bukan berarti nama itu kagak penting, tapi jangan hanya karena sebuah nama kita jadi mendiskreditkan seseorang / sekelompok orang.

Bicara soal nama gua dulu sering banget nanya,“kenapa sih nama gua vega ? kenapa ga nama - nama keren kayak Albert kek, Arnold kek, kakek kek ?” Dan dengan polosnya bokap gua jawab, “soalnya waktu kamu lahir dulu motor yang namanya vega belum ada.” Lah, ga nyambung kan ? Terus nama belakang gua itu kurnianto. Kombinasi nama yang aneh gimana gitu. Mending Kurniawan kan lebih enak didengar. Akhirnya gua harus ikhlas mengantongi nama Vega Kurnianto sebagai nama asli plus nama di KTP.

Terus matias itu nama apa ? Jadi gini, di Kristen itu setelah dibaptis kita bakal dapat nama baru / tambahan. Oh jadi Matias itu nama baptis ? Jangan dipotong dulu makanya, nama baptis gua itu sebenernya Gamaliel jadi nama gua sekarang itu Gamaliel Vega Kurnianto. Kalo matias itu mah nama bikin - bikin aja biar agak keren gitu ( Gubrak ). Lumayan lah biar nama gua ga terlalu ndeso banget ( biarpun orangnya tetep ndeso sih ).

Respon yang paling sering orang lain tanggepin kalo gua kenalan dan nyebutin nama gua “Vega” ada dua, yang pertama gini……………..

Gua : “Hai, boleh kenalan ga ?” ( sok SKSD ).

Nita : “Boleh, aku Nita, kamu ?

Gua : “Aku vega.”

Nita : “Wih, keren, udah kayak nama motor aja. Berarti makanannya sehari - hari bensin dong.”

Yah yang kayak gitu sih udah basi ya ? Yang paling jleb itu tanggepan kayak gini……………………………

Temen : “Veg, kenalin ini temen gua Christine.”

Gua : “Vega.” ( mengulurkan tangan).

Christine : “Christine, oh, kok namanya kayak cewe ?" ( mengernyit ).

Gua : “Iya, haha.” (pura - pura ketawa padahal jengkel ).

Pengen banget deh orang yang respon begini gua timpuk pake batu bata. Lah, lu ngapain protesnya ke gua coba ? Tanya aja ke bokap sama nyokap gua kenapa gua dikasi nama gitu. Masalah gitu buat elu kalo nama gua kayak nama cewe ? Toh sejak kapan ada peraturan yang ngelarang nama cewek dipake sama cowo dan sebaliknya ? Ya udah deh, ga penting juga dipikirin.

Hal yang mengejutkan itu ternyata nama vega berasal dari bahasa arab yang artinya bintang jatuh. Berarti kalo lu punya permintaan ga perlu nunggu bintang jatuh segala, lu tinggal minta aja ke gua ( dijamin ga bakal terkabul ). Dan gua baru tau arti nama kurnianto itu waktu kelas 3 SMP. Guru bahasa inggris yang baru di kelas ngabsen nama kami satu - satu ( ya iyalah masak tiga - tiga ? ). Setiap manggil, nama murid yang dipanggil disuruh berdiri n dia tau - tau ngomentarin tentang nama murid tersebut. Saat itu temen gua yang namanya Rizky berdiri dan saat itu dia berkomentar, “Rizky, artinya kamu bakal membawa rezeki bagi keluarga dan orang - orang di sekitarmu.” Begitu juga temen - temen yang lain digituin sama guru kami ini.

Dan tiba saatnya gua dipanggil. Waduh, kayaknya nama gua bakal diketawain nih habisnya aneh banget. Eh ternyata dia bilang gini, “Kurnianto, artinya suara kenabian, kamu akan membawa orang - orang ke jalan yang benar bla bla bla. Waduh ternyata arti nama gua keren juga. Dan baru - baru ini gua sempet searching di google arti nama kurnianto yang lain itu “pekerjaan yang sempurna.” Buset dah nama boleh ndeso tapi artinya dalem banget men, wkwkwk.

Satu hal yang paling membanggakan dari nama gua adalah the one and only, nama gua ini cuma ada satu di dunia men. Kagak percaya ? Coba cari di facebook ato sosmed yang lain nama vega kurnianto, dijamin isinya pasti fb gua semua. Begitu juga dengan sosmed yang lain. Bandingin sama nama nyokap gua Ni Made Indrawati yang di facebook nama segitu udah bejibun sampe ribuan bahkan ratusan ribu ( gua ga bilang nama nyokap gua pasaran ya tapi kenyataannya emang gitu ).

Yang lebih hebat lagi, nama gua itu terindeks di search engine google. Maksudnya ? Contohnya gini, kalo kita lagi browsing di google misalnya mau nyari lirik lagu separuh aku kan begitu kita ngetik bentar pasti ada tulisan rekomendasi di bawahnya. Begitu ngetik “lirik lagu separuh” tau - tau ada tulisan - tulisan di bawahnya kayak lirik lagu separuh aku, lirik lagu separuh nafasku, lirik lagu separuh jiwaku, yah pokoknya bakal ada tulisan - tulisan rekomendasi gitu jadi kita ga perlu ngetik kata “aku” lagi karna udah ada di rekomendasi jadi tinggal diklik aja yang “lirik lagu separuh aku.”

Begitu juga nama gua men. Coba aja lu ketik “vega kurnianto” tanpa tanda petik di google. Dijamin deh baru lu ngetik “vega kur” aja tau - tau udah ada rekomendasinya di bawah jadi tinggal klik aja langsung. Terus hebatnya apa ? Biasanya yang bisa kayak gitu artis ato orang yang hebat. Coba aja lu ketik artis idola lu, ga perlu lu tulis namanya sampe habis pasti namanya langsung direkomendasi di bawah. Dan sekarang coba lu lakuin hal yang sama pake nama lu, pasti ga bakal keluar di rekomendasi google ( percaya deh sama gua ). Masih ga percaya ? Coba praktekkin deh.

Kemudian kalo lu udah klik nama gua di google pasti yang lu liat di page one itu akun sosmed gua semua entah itu fb, twitter, foursquare, instagram, ya semuanya deh. Jadi bener - bener gada yang lain di page one selain gua. Gua kagak tau sih kok bisa kayak gitu tapi ya disyukuri aja, berarti gua ada bakat jadi orang terkenal ( ngarep mode on ).

Jadi bagi elu yang masih ngerasa nama elu kok aneh ato ga banget mending jangan negative thinking dulu deh. Pasti ada maksud yang baik kok. Ga mungkin orang tua ngasih nama yang jelek ato artinya buruk buat kita. Percaya deh pasti di balik nama kita ada doa yang dititip orangtua buat Tuhan dengan harapan supaya nama kita bisa sesuai dengan diri kita di masa depan nantinya. So, jangan berkecil hati. “Nama hanya menjadi sebuah kata tak bermakna jika kita hanya melihat dari sisi estetika belaka tanpa menerawang sebuah arti yang terkandung di dalamnya.”

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com