Monday, August 3, 2015

Interview Paling Aneh dan Absurd

Ketika mendaftar di suatu instansi entah itu masuk perguruan tinggi, tes beasiwa atau melamar pekerjaan pastinya kita udah ga asing sama yang namanya interview. Karena gua udah begitu banyak pengalaman dalam melamar dan kerja di berbagai tempat ( gaya banget ), interview itu udah terasa biasa bagi gua dan bukan hal yang harus bikin nervous ato ga bisa tidur semaleman. Tapi ada satu Interview paling aneh yang pernah gua ikutin dan ga bisa dilupain waktu melamar kerja di sebuah tempat kursus bahasa inggris.

Ceritanya waktu gua lagi asyik baca - baca timeline facebook ada sebuah lowongan yang menarik dengan salary cukup menggiurkan antara 2 - 2,6 Juta ( Bikin ngiler ga tuh ? ). Emang sih ga gede - gede amat tapi setidaknya udah lebih dari UMR lah apalagi lulusan SMA boleh melamar. Coba lu tebak gua melamar sebagai apa ? Guru ? Kagak lah, mereka pasti nyari yang udah sarjana. Office Boy ? Ide bagus sih tapi coba tebak lagi. Cleaning Service ? Tukang mungut sampah ? Tukang gali kubur ? Lah, malah makin ngaco……

Kagak guys, gua saat itu melamar di bagian Front Office. Selama ini sih kalo gua melamar di mana - mana pasti selalu keterima dan dipanggil untuk interview setelah membawa CV dan mengikuti tes ( sombong mode on ) , tapi kadang yang jadi masalah sebuah perusahaan agak susah menerima mereka yang masih berkuliah kecuali kalo jam kuliahnya tidak tabrakan dengan jam kerja. Sayangnya banyak yang menerapkan sistem shift sehingga pelamar yang sebenarnya qualified jadi tidak diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Dengan berani gua coba kirim CV dan lamaran via email sesuai instruksi dari lowongannya karena bakal diseleksi dulu dan baru akan diumumin dua minggu setelahnya. Sempet ga yakin sih soalnya pasti saingan gua bakal banyak banget. Dan di tanggal X yang harusnya pengumuman ternyata gua malah kagak dihubungin. Yo weslah, gua mah pasrah aja kalo dah gitu. Tapi ternyata besoknya (waktu itu hari rabu ) gua dihubungin lewat sms kalo gua lulus n disuruh datang buat interview hari seninnya ( ya elah lama banget ).

Seninnya gua datang dan ngisi data - data semacam CV gitu tapi yang ini lebih detail. Setelah selesai gua langsung diajak ke sebuah ruangan sama resepsionisnya dan begitu pintu dibuka gua kaget banget karna di ruangan itu ada sekitar sembilan anak yang lagi duduk di sebuah kursi yang disusun membentuk lingkaran ( buset dah, ini mau interview ato mau pesta ? ). Apa jangan - jangan langsung training ya ? Bagus deh kalo gitu pikir gua dalam hati.

Dan setelah menunggu beberapa menit datang dua mbak - mbak yang gua pikir mungkin adalah orang yang akan mengajari kami…………..

Mbak 1 : Selamat pagi semua.

Semua : Pagi.

Mbak 2 : Perkenalkan saya Sinta dan ini Mbak Jojo. Sekarang kita akan mengadakan sesi interview. Namun ini agak sedikit berbeda jadi kami akan memberikan beberapa pertanyaan dan silahkan yang mau jawab boleh angkat tangan. Kami akan menunjuk tiga orang saja untuk menjawab.

Gua jadi mengerti trik kesuksesan dari interview aneh ini. Bisa dibilang siapa yang sering menjawab / aktif pasti kemungkinan suksesnya juga makin besar. Mbak Sinta pun mulai memberikan pertanyaan sementara Mbak Jojo ini seperti penilai gitu bawa pulpen sama kertas sambil menulis pas ada yang lagi jawab pertanyaan. Pertanyaannya seputar kepribadian kayak“Siapa di sini yang merasa punya kepribadian yang menyenangkan dan berikan alasannya !” atau hal - hal seputar Front Liner kayak “Siapa di sini yang mau sharing hal - hal apa saja yang harus dimiliki seorang Front Liner ?”

Selama proses interview ini, cuma tiga orang aja yang paling sering jawab pertanyaan dari Mbak Sinta yaitu gua, Bu Masning dan Mbak Ve. Gua sama Bu Masning ngejawab sembilan dari sepuluh pertanyaan dan Mbak Ve ngejawab tujuh pertanyaan. Sisanya ? Ada yang cuma jawab tiga, mungkin paling banyak lima. Malah ada yang cuma jawab satu itupun karna pertanyaan wajib yang harus dijawab sama semuanya. Kalo jawab cuma satu karena kagak dipilih waktu angkat tangan sih ga masalah ya tapi ironisnya empat dari sepuluh orang peserta di sini sama sekali kagak pernah angkat tangan alias pasif. Ini yang gua bingung. Mereka mau ngelamar jadi Resepsionis atau Cleaning Service ? Masak ngomong aja kagak berani? Belepotan mah kagak masalah yang penting ada niat untuk ngomong. Kalo lu ga punya keberanian buat ngomong di depan orang lain ngapain ngelamar di Front Office ? Cape deh.

Pertanyaan terakhir selesai. Mbak Sinta sama Mbak Jojo keluar sebentar buat nentuin siapa tiga orang yang bakal diterima. Gua sih pede - pede aja karna cuma tiga orang termasuk gua yang bener - bener manfaatin kesempatan ini dengan baik. Kedua Mbak itu pun masuk kembali setelah tiga menitan dan ternyata dugaan gua salah besar. Yang terpilih itu Bu Masning ( kalo ini gua juga dah yakin ), cewe yang cuma jawab tiga pertanyaan, dan yang lagi satu gua bahkan ga inget kapan dia pernah jawab pertanyaan. Otomatis gua bingung dong. Mbak Ve aja yang cara ngomongnya bagus juga ga lolos kok. Apalagi gua padahal kalo misalnya dalam satu pertanyaan ada lebih dari tiga yang mau jawab pasti gua sama Bu Masning yang bakal ditunjuk dan satu orangnya lagi bakal diacak sama Mbak Sinta. Sumpah deh kesel banget gua.

Tapi ya sudahlah gua ga bisa bilang apa - apa. Gua coba berpikir positif aja sih. Setelah gua coba telaah sedikit alasan Mbak Ve ga keterima mungkin karena dia sempat mengeluarkan statement yang agak “frontal” waktu menjawab salah satu pertanyaan seperti ini : “Saya dulu pernah kerja di sebuah perusahaan yang di mana saya harus kerja hampir dua belas jam dari jam 10 pagi - jam 10 malam. Saya ga suka kerja dengan sistem seperti itu karna saya selalu merasa capek setiap pulang kerja. Apalagi saya tinggal di Nusa Dua dan tempat kerja saya lumayan jauh dari situ bla bla bla”

Nah lo malah curhat dia. Bukannya perusahaan tidak suka dengan orang - orang macam begini yang suka mengeluh. Setiap pekerjaan pastilah ada tantangannya dan emang itu yang harus dihadapi. Menjelekkan tempat kerjanya dulu gua rasa juga bukan hal yang bijak. Nanti kalo dia keluar juga dari situ terus menjelekkan lagi kan bakal repot urusannya. Terus juga dia tinggal di Nusa Dua yang jaraknya hampir 20 km dari tempat kursus Bahasa Inggris ini. Mau berangkat dari jam berapa coba tuh ? Pasti bakal sering telat.

Sementara gua masih bingung kenapa gua bisa ga keterima. Mungkin karena waktu ngejawab pertanyaan gua sempet ngomong kalo gua masih kuliah. Pas gua ngomong gitu Mbak Sinta langsung motong jawaban gua sambil nanya jam kuliah bla bla bla dan dia sempet ngelirik pelan ke Mbak Jojo yang mungkin jadi sinyal kalo gua bakal ga keterima. Dan sempet juga ada satu pertanyaan aneh yang jadi misteri gua. Pertanyaannya waktu itu “Siapa di sini yang merasa punya bakat sebagai pemimpin dan coba jelaskan ?”

Sama sekali ga da satupun yang berani angkat tangan kecuali gua. Bu Masning yang selalu aktif aja kagak ikutan. Gua coba menjawab kalo dulu sempat jadi ketua di beberapa organisasi jadi memimpin bukan suatu hal yang baru bagi gua. Tapi setelah dipikir - pikir bukannya Front Liner itu bekerja dalam tim ya ? Jadi di sini ga ada yang namanya ketua atau orang yang menyuruh ini itu. Karakter bossy ( orang yang suka memimpin ) ga begitu diperlukan di bidang Front Liner. Mungkin mereka berpikir kalo gua lebih cocok jadi Bos Besar daripada Resepsionis ( Amin deh, hehe ).

Gua sih rela kalo ga keterima tapi dua orang selain Bu Masning ini yang sampe sekarang ngeganjel banget di hati gua. Padahal aktif aja kagak tapi bisa - bisanya dipilih. Mungkin hanya Mbak Sinta dan Jojo aja yang tahu jawabannya. Menurut gua sih interview kayak gini itu ga banget. Kita kan belum tahu potensi mereka seperti apa. Mungkin waktu rame - rame mereka pendiam tapi siapa tahu kan ada potensi yang di sembunyikan yang kita ga tahu. Harusnya interview itu ya dua orang aja antara interviewer dan pelamar empat mata jadi kita bisa lebih banyak mengetahui secara personal tentang pelamar dan bukannya seperti ini. Mungkin supaya lebih mempersingkat waktu kali ya ? Tapi ya sudahlah moga - moga mereka ga salah pilih. Di antara tiga orang tadi sih katanya bakal diseleksi lagi untuk nyisain satu orang aja. Kalau gua sih yakin Bu Masning yang bakal kepilih. Kalo elu milih siapa ?

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com