Monday, August 3, 2015

Internet Berkuota Vs Unlimited

Dari pertama kali punya smartphone, gua selalu make paket Internet XL Unlimited yang harganya 49 ribu per bulan. Kecepatannya sih lumayan cuma kalo udah lewat dari batas pemakaian wajar itu jangan di tanya deh kayak gimana parahnya. Tapi biasanya sih dalam sebulan batas pemakain wajar gua mau habis di hari - hari terakhir dan kadang malah belum habis karena gua ga pernah streaming youtube n cuma aktif di sosmed sama browsing jadi paket internet ini menurut gua mantep deh.

Tapi dua bulan yang lalu karena suatu hal, gua jadi belum bisa beli pulsa untuk perpanjangan paket ini secara otomatis di tanggal yang seharusnya. Bagi gua ga masalah sih, besok kalo udah ada duit baru beli paket lagi, Eh besoknya pas gua beli pulsa terus ke menu paket internet tau - tau paket yang 49 ribu itu udah kagak ada lagi dan diganti sama paket Worry free 50 rb dgn fup / batas pemakaian wajar 500 MB.

Kenapa jadi gini ? Gitu pikiran gua. 500 MB bukannya dikit banget ya ? Tapi paket internet unlimited yang gua pake bisa tahan lama tuh sampe sebulan. Emang sih yang dulu kagak dijelasin berapa MB/ GB batas pemakaian wajarnya tapi yang ini kan lebih mahal harusnya lebih bagus dong. Akhirnya dengan berani gua beli paket ini dengan sedikit jengkel juga soalnya naik seribu ( nyari duit susah masbro ).

Awalnya sih asyik - asyik aja ya , ga ada sesuatu yang berbeda dan itu artinya gua salah pilih. Eh tau - tau begitu hari kelima gua dapat sms ini dari XL……

“Saat ini anda telah melewati batas wajar pemakaian paket unlimited Worry Free. Mau lebih ngebut bla bla bla bla”

What ? Serius lu ? Ini baru lima hari lo padahal. Paket unlimited yang dulu aja di hari - hari terakhir masih belum habis kok fup nya ? Parah banget dah. Dan akhirnya gua harus bisa nrimo kecepatan internet yang super lemot selama sisa 25 hari lagi. Lu bayangin aja kecepatannya cuma 120 an kbps. Apa ga bikin geregetan tuh setiap mo buka sosmed loadingnya lama banget, mo browsing sering error, dan jangan harap lu bisa download sesuatu karena dengan kecepatan segitu file yang cuma 1 MB aja bisa berpuluh - puluh menit. Kagak percaya ? Silahkan coba sendiri.

Ternyata ga cuma gua yang jengkel sama XL, tapi banyak banget orang - orang pada protes di akun fb nya XL n pada ngejelekin operator yang satu ini. Ada yang ngeluarin kata - kata kasar, ngajak orang - orang supaya pindah ke operator lain, sampe ada yang nanya cara supaya bisa beli paket XL unlimited yang 49 ribu lagi. Gua sih pengen ganti kartu tapi rasanya males aja soalnya udah banyak juga yang tahu nomer gua. Sempat protes juga ke XL tapi dengan gampangnya mereka ngomong kalo itu mereka lakukan demi meningkatkan kualitas. Kualitas Mbahmu ? Darimananya coba yang meningkatkan kualitas ? Harga naik tapi ga sebanding sama kecepatan yang kita dapet.

Selama 25 hari gua ngerasain penderitaan yang berkepanjangan gara - gara kecepatan internet yang payah ini. Tobat deh make yang unlimited. Kalo gitu kenapa ga beli paket lagi aja ? Gua tipe orang yang hemat banget jadi sebisa mungkin sebulan cuma sekali aja beli paket. 50 ribu itu juga bukan jumlah yang sedikit. Kadang saking jengkelnya sama kecepatan internet nya, gua sampe hampir mau ngebanting hp gara - gara mau browsing aja sampe sepuluh kali error mulu.

Gara - gara trauma, akhirnya bulan lalu gua coba move on ke paket yang berkuota. Buset dah gua sampe bingung mo pilih yang mana karena kuotanya dibagi pada jam tertentu dan sialnya kuota yang berlimpah itu cuma pada jam - jam kalong ato jam orang beraktivitas dari jam 12 malam sampe jam 12 siang. Kalo selain jam itu jangan mimpi deh. Sumpah deh XL itu pinter banget bikin strategi biar banyak dapet untung. Malah ada paket yang 5,5 GB tapi 5 GB nya dari jam 12 malam sampe 12 siang, lewat dari jam itu cuma 500 MB ( pelit banget kan ? ).

Karena gua ga begitu suka sistem pembagian jam kayak gitu akhirnya gua pilih paket HotRod 3G 24 jam yang 2 GB dengan harga 50 rb. Enak sih make paket ini karena speednya lumayan cepet sampe 14,4 Mbps, tapi ga enaknya gua harus nahan “laper”. Laper di sini maksudnya gua itu tipe orang dikit - dikit browsing kalo ada sesuatu yang bikin gua tertarik dan dengan adanya kuota yang terbatas gini gua jadi ga bisa ngaktifin paket internet terus - terusan. Gua ga mau dalam sebulan beli paket internet lebih dari satu kali.

Bayangin aja kalo dalam sehari kita cuma make 100 MB aja. 1 GB kan sama dengan 2000 MB jadi dalam 20 hari aja pasti udah habis tuh. Jadi gua coba perkecil lagi dengan ngejatahin 50 MB aja per hari. Rasanya tersiksa banget deh dalam sehari cuma segitu doang. Tapi ternyata dalam prakteknya kadang gua bisa ngabisin lebih dari 100 MB per hari dan kalo udah gitu besoknya gua puasa kagak ngaktifin paket internet seharian.

Yang bikin gua bingung kadang 100 MB itu bisa habis cepet banget. Padahal gua pernah beli kartu internet 3 yang 8 GB buat tablet yang baru gua beli( cieeeh, gaya dikit ) dan itu baru habis setelah 5 bulan. Itupun juga gua sering pake buat streaming youtube, download komik, main get rich ( ayo main bareng ) dan hebatnya bisa awet selama itu sedangkan kalo XL ini ga tau kenapa baru browsing bentar aja tau - tau kuotanya udah banyak yang berkurang ( bingung gua ). Dan ternyata tanggal 28 kemarin kuota gua tinggal 100 MB. Tinggal segitu ? Yups, otomatis gua terpaksa non aktifin data selular gua selama dua hari.

Di tanggal 29 gua browsing bentar dan tahu - tahu sisa kuota cuma tinggal 51 KB. Buset dah padahal paket ini harusnya selesai tanggal 1 Agustus dan ternyata habis sebelum waktunya. Yo weslah akhirnya gua terpaksa ga pake internet selama berhari - hari. Ternyata emang masih lebih enak unlimited ( menurut gua ya ? ) soalnya kita bisa browsing sepuasnya tanpa perlu takut kuota habis biarpun lemotnya kagak bisa dimaapin sih tapi bagi gua yang hobi browsing di google, sehari aja ga baca - baca artikel ato berita gitu rasanya ada yang aneh jadi kayaknya gua harus say good bye lagi sama paket HotRod ini.

Yang bikin gua semakin mantepin diri untuk balik lagi ke paket Worry Free karena gua sempet liat lagi harganya di menu XL. Ternyata harganya pada naik guys, Paket yang 5 GB di jam kalong itu naik dari 30 rb ke 40 rb. Sedangkan paket HotRod yang bulan lalu masih 50 rb sekarang naik jadi 60 rb. Gila ga tuh padahal baru bulan lalu harganya masih 50 rb udah main naik - naikin aja tuh ( tahun baru aja belum). Cuma paket Worry Free aja yang gua lihat kagak naik jadi mungkin itu pilihan gua satu - satunya. Gapapa deh lemot, yang penting selamat sampe tujuan, wkwkwkwk. Saatnya beli paket Internet………………………….

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com