Monday, August 17, 2015

Happy Birthday Indonesia

Ga nyangka men, baru minggu lalu gua ulang tahun dan sekarang ini gantian Negara gua yang tercinta ini yang nambah umurnya setahun. Haha, saat ini Indonesia udah berumur 70 tahun dan sayang banget gua ga ditraktir sama doi makan di restoran gitu ato diajak nonton ke mana kek ( apaan coba ? ). Tapi gapapa deh, yang penting Indonesia tanah air beta dan selalu di puja - puja oleh bangsa ( lu pikir lagu Indonesia Pusaka ? ).

Kalo ngomongin Negara kita ini, emang ga bisa dipungkiri ada banyak banget hal yang harus dibenahi dan diperbaiki mulai dari pembangunan, keamanan, pendidikan, kebersihan, ekonomi dan masih banyak lagi. Sampe sekarang juga gua masih menantikan kapan gitu Indonesia bisa jadi Negara Maju kayak Singapura, Jepang, Amerika Serikat, dan Negara maju yang lain tapi kayaknya itu mimpi yang agak sulit diwujudkan .

Udah 70 tahun bangsa kita bebas dari penjajahan bangsa - bangsa asing dan udah dinyatakan merdeka tapi tetep aja kita masih terkungkung dengan yang namanya kemiskinan, KKN, pembodohan, sistem pendidikan yang salah dan kekayaan alam yang dikuasai oleh bangsa asing. Miris emang kalo ngeliat kenyataan yang alami di Negara kita. Negaranya sih kaya tapi kok penduduknya bisa miskin gitu ya ga masuk akal dong . Orang yang kaya malah semakin kaya tapi yang melarat ya semakin terperosok ke dalam. Ironi ini emang nyata terjadi di Negara kita.

Kita ambil contoh dalam bidang pendidikan. Di sekolah kita diwajibkan untuk mengikuti hampir semua mata pelajaran termasuk yang kita anggap “kagak penting”. Gua dulu paling benci kalo udah yang namanya pelajaran menggambar habisnya bakat gua emang bukan di situ men. Apalagi waktu itu gambarnya harus diwarnain pake cat air. Gua sampe kagak habis pikir kenapa temen - temen gua pada bagus semua tapi punya gua ancur banget ya ? Tapi emang yang namanya bakat kagak bisa dibeli dan dipelajari men ( mungkin bisa tapi kagak maksimal ). Gua mungkin unggul dalam beberapa pelajaran inti tapi kalo udah ketemu yang namanya menggambar, kerajinan tangan ato hal - hal yang membutuhkan keterampilan tangan gitu gua angkat tangan deh. Ga da bakat sama sekali.

Dan begitu sebaliknya, ada temen gua yang ga jago matematika, bahasa Inggris ato Ipa tapi begitu ketemu hal - hal yang bagi gua “musuh bebuyutan ” dia bakal bikin semua orang terkagum - kagum. Sayangnya sistem pendidikan kita mewajibkan pelajar untuk mengikuti semuanya. Kenapa mata pelajarannya ga disesuaikan sama minat dan kemampuan kita aja gitu lo ? Bukannya jadi lebih maksimal hasilnya ? Dengan gitu kan otomatis pengangguran jadi berkurang karna SDM sudah dilatih sejak dini.

Selain itu materinya juga dibikin serumit mungkin. Contohnya saja matematika, di SMA yang kita pelajarin itu trigonometri, integral , limit, diferensial yang bikin kepala kita puyeng ( kecuali yang jago matematika ya ? ) padahal kalo diluar negeri, anak - anak SMP aja yang dipelajarin masih hal - hal dasar kayak perkalian dan pembagian. Tapi mereka diajarin konsepnya dengan benar. Beda kayak kita yang perkalian aja sampe dihafal segala jadi yang kita dapet cuma sekedar teori. Makanya setiap ada olimpiade Internasional gitu jangan heran kalo Indonesia sering menang karena kita memang cuma menang di teori doang tapi ga begitu ngerti konsep dan aplikasinya.

Tayangan - tayangan yang tidak mendidik juga sering ditayangkan di pertelevisian Indonesia seperti sinetron tidak bermutu, acara komedi yang ada unsur saling mencaci maki dan lempar - lempar tepung / bedak, serta reality show yang terlalu mengumbar - umbar kesengsaraan orang lain dengan tujuan menaikkan rating. Gua ga habis pikir kenapa acara kayak gini dibiarin terus berlanjut gitu lo. Kita ambil contoh aja sinetron, masak anak SD aja udah main pacar - pacaran. Didikan macam apa itu ? Sinetron di Indonesia temanya cinta semua. Hampir ga ada yang pure persahabatan ato tema lain kecuali sinetron zaman gua SD dulu, Entong sama Eneng ( masih pada inget ? ).

Apa gada gitu tema lain selain percintaan ? Sekali - kali bikin dong tema yang kreatif gitu. Apalagi banyak sinetron Indonesia yang niru - niru film dari luar negeri ( gua ga perlu sebutin namanya ). Mending kalo eksekusinya bagus tapi sumpah deh norak abis. Hebatnya rating sinetronnya kok bisa tinggi ya ? Yah, itulah Indonesia. Hal yang aneh dianggap lazim. Malah kakek gua suka banget nonton sinetron pokoknya kagak pernah mau sampe sinetron favoritnya ketinggalan satu episodepun ( buset dah ).

Korupsi juga jadi masalah yang utama di Indonesia. Gua bingung aja apa enaknya sih bahagia di atas penderitaan orang lain ? Heran aja sama pejabat pemerintahan, mereka bisa - bisanya memanfaatkan uang pajak dari rakyat untuk kepentingan mereka sendiri. Pengeluaran direkayasa lah, ke luar negeri dengan kedok ada kunjungan kenegaraan lah dan sama sekali kagak memperhatikan keadaan rakyat. Kagak ngarti karma kali ye makanya bisa seenaknya gitu. Emangnye nyari duit gampang ? Herannya masih aja mereka belum sadar - sadar akan kebejatan mereka, dasar tikus - tikus berdasi. Bisanya cuma menggerogoti duit rakyat doang. Pikirin kek cara bikin Indonesia jadi lebih maju bukan majuin hidup lu sendiri !

Selain itu, kebersihan menjadi masalah yang cukup serius di Indonesia, terutama di kota - kota besar. Banyak yang sering ngeluh “Kenapa sih Jakarta selalu banjir ?” Itu pertanyaan klasik yang anak TK aja mungkin tahu, ya iyalah karna ada hujan ( gua ga salah kan ? ). Ok, serius men, Jakarta itu penuh dengan gedung - gedung dan peresapan air hujan terhambat karena ada begitu banyak sampah yang menahan drainase, belum lagi curah hujan yang tinggi kiriman dari bogor jadi yang namanya banjir pasti kagak bisa dicegah lagi. Solusinya ? Ya jangan buang sampah sembarangan dong. Ga usah jauh - jauh nyuruh orang lain deh, mulai dari diri kita sendiri dulu aja.

Gua pribadi paling anti yang namanya buang sampah sembarangan. Biasanya kalo udah habis makan gua taruh sampahnya di kantong celana ato masukin ke kresek terus sampe nemu tong sampah baru dibuang. Sebenernya ga rugi kok. Ga ngerti gua sama orang yang suka buang sampah sembarangan. Ngerasa hebat kali ya ato gimana ? Padahal itu juga untuk kebaikan bersama kok. Kalo masih terus ngeluh padahal itu ulah diri sendiri ya derita lu. Terus buangnya di sungai lagi. Ga jorok apa ya ? Itu kan kadang juga dipake buat mandi, nyuci baju, sama buang air. Weeeeeks ………….. Parah dah.

Lalu ada lagi masalah pembangunan yang tidak merata. Gedung - gedung bertingkat belasan sampe puluhan, jalan - jalan baru dan tempat wisata terus dibangun di kota - kota besar tanpa memperhatikan daya dukung lingkungan. Sebaliknya di kota kecil ato desa - desa malah ga dipehatikan sama sekali. Ya pantes lah kalo orang - orang desa pada pengen merantau kota, lha cuma pembangunan di kota aja yang terus dikembangkan sedangkan di desa dibiarin gitu aja. Jalan rusak juga kagak pernah dibenerin, pelayanan kesehatan kagak memadai, bidang pariwisata juga kagak dimajuin ya gitu deh jadinya. Jangan salahin mereka juga kalo gitu. Harusnya pemerintah memberlakukan pembangunan itu secara merata dan kagak terpusat di Jakarta sama kota besar lainnya. Emang orang Indonesia cuma tinggal di Jakarta doang ?

Indonesia juga kaya akan hasil alam tapi ternyata yang ngelola malah orang asing contohnya PT Freeport. Lu bayangin aja Papua itu harusnya jadi provinsi terkaya di Indonesia karena punya tambang emas tapi liat kenyataan yang ada. Kita malah diinjak - injak sama bangsa asing. Indonesia hanya berstatus pemilik lahan sementara mereka sebagai pemilik modal dan juga tenaga. Kasian kan ? Harusnya tambang itu diurus sama Negara kita sendiri tapi toh karna lagi - lagi masalah SDM kita yang kurang berkualitas akhirnya lagi - lagi bangsa kita dijajah di negeri sendiri. Bahkan orang asli Indonesia yang bekerja di sana gajinya cuma setengah dari gaji di PT Freeport lainnya yang ada di luar negeri, belum lagi akses nya yang eksklusif dan agak jauh dari mess dan Rumah Sakit yang membuat orang Papua merasa asing di daerah sendiri.

Yah bisa di bilang PR pemerintah untuk bangsa kita ini masih banyak banget. Tapi kita juga jangan tinggal diem aja. Kita juga harus berkontribusi pastinya. Mulai aja dari hal - hal yang sepele kayak buang sampah pada tempatnya, belajar yang bener , jangan suka nyontek karena itu awal dari korupsi, perdalam lagi bakat kita supaya kelak berguna di kemudian hari, dan berhenti menonton tayangan yang tidak mendidik. Semoga di ulang tahun Indonesia yang ke 70 ini ada perubahan - perubahan luar biasa yang terjadi (yang positif pastinya ) dan itu bisa membuat kita makin bangga menjadi rakyat Indonesia. HAPPY BIRTHDAY INDONESIA .............

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com