Monday, October 19, 2015

Say Good Bye to "Mewarnai"

Hampir setiap orang kalo ditanyain pelajaran apa yang paling kagak disukain pasti 99,9 % bakal ngejawab matematika , fisika, kimia ato sejarah. Tapi kalo pertanyaan itu ditujukan ke gua, tanpa pikir panjang gua bakal jawab “Menggambar”. Sebenarnya gua juga kagak suka pelajaran yang disebutin di atas sih tapi kalo disuruh milih lebih baik gua belajar fisika sepuluh jam daripada menggambar biarpun cuma satu jam.

Sampe segitunya ya ? Sebenernya sih gua bisa - bisa aja menggambar biarpun cuma sekedar gambar gunung terus ditengahnya ada matahari gitu tapi yang jadi problem gua itu lebih ke mewarnainya. Gua sampe sekarang pun bingung cara mewarnai yang bener kayak gimana. Setiap mewarnai pasti gambar apapun bakal jadi jelek banget.

Kadang ngiri aja ngeliat temen yang lain mewarnainya ada degradasinya gitu. Di kasi bayangan biar gambarnya keliatan real. Sedangkan gua mah apa atuh. Ngewarnainnya aja sampe keliatan garis - garis pensil warnanya ( aduh ngejelasinnya susah ). Apalagi kalo harus ngewarnain daerah kosong gitu ( ngerti kan maksud gua ? bagian kertas yang kagak dikasi gambar itu lo contohnya langit ato tembok ya pokoknya daerah kosong deh ).

Padahal bokap gua jago banget dalam hal seni / kreativitas gitu. Waktu masih SD aja gambarnya bokap bagus - bagus, sayangnya sih bakatnya kagak diasah jadi ya segitu - gitu aja kemampuannya. Dan bakat menggambarnya sama sekali kagak nurun ke gua ( malah ke kakak gua Paul ). Aaaaarggh, padahal pengen banget bisa menggambar dan mewarnai yang bener.

Waktu kelas 6 SD dulu mungkin jadi tahun terberat buat gua karna pelajaran menggambar selama setahun harus mewarnai pake cat air. Hadeh, pake pensil warna / crayon aja berantakan gitu apalagi cat air. Pas ngegambar sih bagus - bagus aja, tapi pas udah diwarnai jangan ditanya deh. Bisa dibilang gambar gua ancur banget kayak kapal Titanic yang tenggelam. Dan mungkin bisa dibilang gambar gua yang terjelek dibanding yang lain.

Sampe waktu ujian praktek kelulusan kelas 6 gua bener - bener deg - degan banget. Bayangin aja, gambar gua rusak parah gara - gara teknik mewarnai gua yang salah. Kertas gambarnya sampe basah gitu karna kebanyakan air terus gambar gua jadi super abstrak ( kalo abstraknya bagus dan berseni kagak kenape lah ini abstraknya kacau beneran ). Wali kelas gua yang jadi pengawas cuma geleng - geleng kepala sambil bilang “ckckckck”. Duh, malu gua diliatin anak satu kelas.

Saking takutnya sama “mewarnai”, gua sempet ragu - ragu waktu pemilihan jurusan di kelas 2 SMA. Gua pengen banget masuk jurusan IPA tapi harus ketemu pelajaran menggambar sedangkan di IPS keseniannya bakal lebih asyik karna ada drama, nari, bahkan musik yang semuanya itu favorit gua banget. Sempet dulu ngeliat kakak kelas ulangan umum kesenian dan mereka mewarnainya pake cat air ( Oh No ). Tapi karna ini demi masa depan ( cielah ), dan jurusan IPA itu “katanya” berisi anak - anak pintar akhirnya gua masuk IPA juga ( alasannya ga banget ya ? ).

Dan dimulai deh masa - masa penderitaan gua. Selama dua tahun sekolah harus ketemu menggambar dan mewarnai terus. Apalagi menggambar di jurusan IPA itu udah kayak arsitek aja bikin gambar perspektif dua titik hilang lah, proyeksi bangunan lah, kenapa kagak gambar gunung kembar aja gitu terus ditengahnya ada matahari kayak waktu SD dulu ? Kan belum tentu semua anak nanti tertarik ke dunia arsitektur. Tapi untungnya guru keseniannya baru dan kami mewarnainya cukup pake pensil warna aja, Hfffft, lega deh gua. Biarpun tetep harus mewarnai setidaknya gua kagak perlu ketemu cat air lagi.

Di kelas gua ada tiga anak ( termasuk gua ) yang kalo ada pelajaran menggambar pasti diem aja ( pura - pura gambar di kelas padahal gambarnya di rumah ). Dan parahnya lagi kami ada dalam satu barisan meja yang sama. Haha, kocak dah pokoknya anak - anak yang lain pada gambar, kami cuma ngobrol terus ngeganggu anak - anak lain yang lagi sibuk ngegaris sana sini.

Jadi ya nilai kesenian gua di rapor standar - standar aja, beda banget sama mata pelajaran lain yang rata - rata 90 ke atas ( #sombongdikit ). Yang paling susah waktu ulangan umum. Bayangin aja, gua sampe nyediain waktu satu jam buat belajar gambar karna takut nanti bakal kekurangan waktu soalnya waktu tesnya nanti cuma satu jam doang. Gua belajar bikin garis berkali - kali sampe bener ( karna selalu kagak rapi ) dan latian gambar supaya selese secepat mungkin.

Tapi ya biarpun udah latian berkali - kali gitu gua tetep deg - degan waktu ulangan umum. Pas lagi nebelin gambar pake drawing pen ada aja kasus - kasus yang nyebelin misalnya terlalu tebel lah sampe item banget, ada yang lewat dari garis, ada yang kagak rapi, aduh bikin ribet aja. Dan selalu berakhir dengan mengenaskan biasanya ( gambarnya belum selese ato mewarnainya asal - asalan ). Temen gua yang juga hobinya sama kayak gua di kelas ( suka pura - pura ngegambar ) malah sampe nangis segala waktu ngumpulin gara - gara gambarnya belum selese pas udah bel . Karna kasian gua kasi dia pisang biar kagak nangis lagi.

Finally masa - masa itu berakhir juga di tahun lalu. Untung di perguruan tinggi kagak ada jurusan menggambar ( selain jurusan yang membutuhkan kemampuan itu ). Akhirnya bisa Say Good Bye sama yang namanya mewarnai setelah 12 tahun di sekolah harus ketemu kegiatan yang satu ini. Yayyyyy, merdeka………………….! ( curhatan dari mahasiswa yang sampe sekarang kagak bisa mewarnai ).

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com