Sunday, October 11, 2015

Nonton Death Note

Hari rabu kemarin gua maen ke rumah temen yang udah baik banget mau nganterin gua dua hari sebelumnya ke tempat kerja karna suatu insiden yang udah nguras waktu, tenaga, pikiran, duit dan pulsa gua ( baca di “Schedule Berantakan” ). Kalo kagak ada dia mungkin gua bakal jalan kaki berkilo - kilometer dari Rumah Sakit ke tempat kerja. Hadeh, kalo ngebayangin kejadian waktu itu ampun deh.

Gua maen sekalian juga nginap di rumahnya sebagai rasa terima kasih. Biasanya setiap dia ngajak maen ke rumahnya pasti selalu gua tolak karna emang kagak ada waktu dan banyak kegiatan yang harus dilakukan ( namanya juga sok sibuk ). Biarpun kami udah kenal lama ternyata dia baru tau kalo gua juga suka nonton anime waktu lagi ganti gambar profil akun game “Osu”. Lagi browsing gambar anime tokoh yang gua suka dia ikut ngeliat dan tiba - tiba nyeletuk, “Lu suka anime juga ya veg ?” ( buset, ke mana aja lu dari kemarin ? ).

Karna dia baru tau gua suka anime dan berbau detektif, dia nawarin gua film berseri yang diangkat dari manga terkenal yang juga pernah dijadikan anime. Ada yang tau Death Note ? Jujur sih, gua sebenarnya cuma tau doang “judulnya” karna kagak pernah nonton. Dari judulnya juga kagak menarik ( bagi gua ya ? ). Catatan kematian ? Apaan tuh ? Paling cerita aneh yang kagak jelas.

Tapi ya gua kagak enak nolak. Gua bilang iya iya aja sih dan paling entar gua hapus kalo udah nyampe di rumah ( jangan ditiru ya anak - anak ? Hehe ). Selain Death Note yang dia rekomendasiin, gua juga minta beberapa film yang lain karna temen gua yang satu ini emang rajanya film, game, dan musik. Pokoknya koleksi di laptopnya lengkap banget dari A - Z. Apalagi di rumahnya juga ada Wifi. Mantap deh. Coba kalo di rumah gua juga ada wifi, puas - puasin dah tuh download - download……… ( download apaan hayo ? )

Sampe rumah, gua mengurungkan niat buat ngapus film drama seri Death Note yang dia kasi. Malemnya gua coba nonton dengan syarat yang gua buat sendiri : kalo episode pertamanya kagak menarik ya bakal langsung gua hapus semua episode yang lain. Bukannya gimana sih, harddisk gua cuma setengah Tb. Kelihatannya banyak tapi diisi sekian ratus film, game dan yang lain ya pasti kagak kuat juga lama - lama.

Gua mulai nonton. Ceritanya berawal dari seorang anak yang bekerja di sebuah kedai makanan ( ato restoran ? entahlah ) namanya Yagami Light. Suatu waktu dia sama temannya Kamoda didatengin seorang preman ( teman SMA nya dulu yang sering ngejahilin Kamoda ). Terus Kamoda diancam si preman ini kalo kagak bisa ngasi duit 300 rb yen besok, mereka bakal dibunuh. Hp nya si Light diambil sebagai jaminan.

Tiba - tiba di jalan menuju ke rumahnya Light ketemu sebuah buku yang bertuliskan “Death Note” terus dibawa pulang. Sampe di rumah dia baca bukunya. “Tuliskan nama orang yang ingin dibunuh, maka 40 detik kemudian orang itu akan mati”. Dia pikir itu cuma omong kosong terus kagak sengaja dia nulis nama preman yang dulu teman sekolahnya itu di Death Note. Setelah hampir empat puluh detik dia coba untuk ngapus nama temannya itu karna takut itu jadi kenyataan tapi kagak bisa dan akhirnya dia nyerah.

Besoknya ada polisi yang datang ke rumahnya dan ngembaliin Hp Light. Ternyata preman itu udah mati kemarin malam karna serangan jantung. Light yang ngedengerin itu langsung syok dan langsung pengen ngebuang buku itu. Pas udah dibuang ternyata ada insiden lain yang dimana bokapnya ( seorang polisi ) dijadiin sandera ( dengan melakukan negosiasi ) sama orang yang dulu udah ngebunuh ibunya waktu Light dan adiknya Sayu masih kecil. Light yang pengen nyelamatin bokapnya langsung nyari buku itu lagi di tempat sampah dan nulis nama penjahat itu di Death Note. Dan…………Penjahat itu mati karna serangan jantung pas mau nembakin ayahnya Light. Sejak itu Light punya misi untuk ngabisin semua penjahat di dunia ini dan nyiptain keadilan ( keren kan ? )

Awalnya gua agak bosen gitu sama ceritanya. Paling ceritanya kayak gini - gini aja eh tapi setelah ditonton terus gua malah jadi makin penasaran sama ceritanya. Akhirnya gua lanjutin terus sampe tamat ( episode 11 ) dengan SKD - m ( Sistem Kebut Dua malem ). Gua nonton dari rabu malem jam 7 sampe jam dua belasan terus besoknya juga kayak gitu.

Yang bikin ceritanya jadi seru itu ada tokoh detektifnya. Gua pikir ini cuma cerita orang jahat ditulis namanya gitu dan mati terus selesai. Ternyata di sini ada musuh besar Light yang pengen nangkap dia yang namanya “L”. L ini salah satu detektif paling jenius yang ada waktu itu dan udah banyak nyelesaiin banyak kasus.

Cerita jadi makin seru waktu L curiga kalo Light itu Kira ( tokoh yang diciptain sama Light ). Lalu ada Kira kedua yaitu Amane Misa yang juga salah satu Idol di Jepang dan salah satu artis favorit Light. Amane Misa yang sangat memuja Kira karena ngebunuh penjahat yang udah bikin dia kehilangan orang tuanya ini ikut mendukung dan membantu Light buat ngabisin orang - orang yang jahat. Kemudian pertarungan antara L dan Light ini terus berlanjut sampe akhirnya dimenangkan oleh Light waktu dia berhasil tahu nama L yang sebenarnya. L mati dalam keadaan kena serangan jantung ( kasian ).

Setelah L mati, dia digantiin sama temannya “Near” yang juga tangan kirinya L ( buat cebok dong, hehe ). Near ini tingkahnya agak seperti anak kecil jadi kagak begitu bikin Light khawatir. Tapi ternyata L salah, dengan kehebatan dan strategi yang Near punya, singkat cerita di episode akhir ( ya iyalah, masak episode awal ? ), Light kalah dan mati di tengah kobaran api yang besar.

Film / cerita ini banyak banget pesan moralnya. Yang namanya kejahatan emang pasti selalu ada tapi membunuh mereka bukanlah jalan yang tepat. Mereka juga punya hak untuk hidup sama kayak kita biarpun sejahat apapun dia ( ya ampun, gua kerasukan apa coba bisa ngomong gitu ? ). Demi ambisi Light yang kurang bijaksana itu, dia sampe kehilangan bokapnya sendiri dan Light sama sekali kagak ada penyesalan.

Yang bikin gua ketawa itu di awal - awal cerita gua malah lebih ngebelain Light daripada L ( dasar otak kriminal ). Padahal kan jelas - jelas L ini membela kebenaran dengan cara yang benar. Tapi lama - lama kok si Light ini makin nyebelin gitu sampe ngebunuh orang yang kagak bersalah juga apalagi pas si L ini mati. Gua jadi gemes banget sama Light pengen tak remes - remes terus gua kasi ke kucing gua biar dimakan ( #lebay ).

Kekurangan dari cerita ini ya agak aneh aja kalo tokoh utamanya orang jahat ( mati lagi di akhir cerita ). Gua sih ngarepnya si Light akhirnya sadar gitu di pertengahan cerita dan akhirnya tobat terus kerja sama dengan L buat ngancurin Death Note yang udah dipegang sama orang lain. Soalnya sempat ada episode si Light ini dihapus ingatannya sama dewa kematian tentang Death Note ( atas permintaan Light sendiri biar dia kagak dicurigai terus ) dan dia langsung kerja sama dengan L. Tapi tau - tau begitu ingatannya kembali dia malah kembali kayak dulu lagi ( cape deh ).

Tokoh favorit gua di sini itu Near. Biarpun dia awalnya diremehin tapi ternyata otaknya jenius banget. Gua udah takut aja kalo dia akhirnya harus mati kayak L. Malah si Light tuh yang kalah telak akhirnya setelah kena perangkap beruntun dari Near. Ya pokoknya bagi kalian yang suka sama cerita misteri / detektif, recommended banget nih buat ditonton. Dijamin emosi kalian bakal dimainin terus kalian bakal guling - guling kasur saking serunya ( ga gitu juga sih ). Thanks banget ya gung buat filmya ? Hehe……..

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com