Monday, October 5, 2015

Beasiswa yang Tak Kunjung Cair

Sebagai mahasiswa yang ikut program beasiswa, gua jadi kagak perlu pusing - pusing lagi mikirin soal biaya kuliah karna semua udah ditanggung 100 % dan bahkan dapet uang saku tambahan juga ( enak banget ya ? ). Tapi………. ya pasti ada tapinya lah, namanya juga Indonesia, segala sesuatu kagak 100 % sesuai dengann ekspektasi yang semestinya ( apaan sih ? )

Bulan Januari kemarin beasiswa untuk semester satu baru cair ( padahal gua masuk dari bulan September ). Bisa dibayangin kan sampe segitu lamanya ? Ok, tapi kagak masalah sih soalnya semester satu kemarin gua udah ngomong ke pihak universitas dan gua kagak perlu bayar apa - apa selama keterlambatan itu.

So, di bulan Januari itu gua panen besar dari uang saku beasiswanya. Gua pake beli lipstick, eye shadow eh maksud gua ada deh lu mau tau aja gua beli apaan. Intinya dalam waktu kurang dari sebulan duitnya udah mau habis. Yah, tumben - tumbenan sih gua boros gini, biasa mah duit goceng aja bisa awet dalam sebulan di dompet saking iritnya gua ( atau pelit ya namanya ? )

Dan dimulailah libur semester satu. Ada pemberitahuan kalo mahasiswa harus membayar sekian ratus ribu rupiah untuk bayar heregistrasi dan SKS. Kalo belum bayar sesuai tanggal yang ditentukan namanya kagak bakal tercantum di absen . Karna gua program beasiswa gua ngomong ke Kepala Tata Usaha Fakultasnya…………………….

Gua : Selamat sore pak, saya kan beasiswa…………… Apa saya tetap harus membayar ?

Kepala TU : Sekarang kebijakannya sudah berubah dek, adek harus membayar dulu baru nanti namanya tercantum di absen bla bla bla. Udah ya saya pergi dulu ?

Ok, jawaban itu udah cukup bagi gua. Glek, kalo tau gini ngapain gua pake duitnya ? Tapi kan beasiswanya udah pasti masuk rekening kampus so kenapa mereka mesti khawatir semester dua ini bakal kagak masuk ? Masalahnya kebutuhan gua bukan cuma buat kampus doang tapi buat yang lain juga masak iya gua ikut beasiswa tapi ujung - ujungnya tetep keluar duit ?

Dua minggu berikutnya gua ke kampus lagi. Gua ngomong ke bendahara universitas dan mereka sih ok ok aja dan kagak mempermasalahkan, tapi gua harus ngomong ke TU fakultas. Gua ke TU fakultas dan disuruh ngomong lagi sama kepala TU nya yang gua temuin dua minggu lalu ( sebut saja pak Kipli ).

Gua : Waduh pak, gimana ni ya ? Beasiswa saya kan belum cair, bisa ga saya bayarnya kalo sudah cair ?

Pak Kipli : Emang ga bisa bayar dulu dek baru nanti kalo sudah cair uangnya diganti ?

Gua : Saya baru - baru ini banyak sekali pengeluaran pak . Uang saya termasuk beasiswa semester satu kemarin habis untuk bayar pengobatan hidung saya, bayar ini bayar bla bla bla…….. Gimana dong ini pak ?

Pak Kipli : Ya coba kamu tanya sama dekannya deh. Tapi hari ini dia ga ada jadi datang besok aja.

Gua : Ada nomernya beliau pak ?

Pak Kipli : Mending ngomong langsung aja sama beliau bla bla bla…

Gua langsung pulang. Maksud gua minta nomer hpnya dekan ya biar bisa nanya apa beliau bisa didatengin besok ato kagak. Ni orang pikirannya dah macem - macem. Gua pulang dengan perasaan kecewa. Besoknya gua kembali dateng ke kampus…………

Gua : Siang bu, apa Bu Dekannya ada ?

TU : Baru sepuluh menit yang lalu dia pulang. Besok ya ke sini ? Tapi datangnya lebih pagi.

Hari esoknya………………………..

Gua : Bu dekannya sudah ada ?

TU : Wah, bu dekannya ada sembahyang jadi hari ini tidak bisa datang. Besok aja ya ?

Gua : Tapi besok pasti dateng kan ?

TU : Iya.

Dan ternyata besoknya kantor fakultasnya yang tutup. Ya ampun, pengen banget rasanya gua tending dan lempar tu pintu pake batu sampe rusak. Gua ngerasa kayak dipermainkan gitu. Bilang kek dari kemarin kalo gitu. Terpaksa gua harus dateng dua hari kemudian karna besoknya gua ada kesibukan . Untungnya di hari yang kesekian kali ini bu dekan udah ada di kantornya dan gua di suruh masuk ke ruangannya.

Gua : Selamat pagi bu, saya kan ikut program beasiswa… Apa saya bisa menunggu beasiswanya cair dulu baru membayar ?

Dekan : Ke mana uang saku yang kamu dapat semester satu kemarin ?

Gua : Habis bu untuk biaya pengobatan saya, terus ada juga keperluan yang lain. Ini saja masih sangat kurang. Tolong saya bu.

Dekan : Sebenarnya uang saku itu untuk keperluan kampus dan bukan untuk yang lain. Nanti pengeluaran adek akan dicatat untuk apa - apa saja uang saku itu dipakai.

Gua : Terus gimana dong bu ?

Dekan : Besok jangan diulang lagi ya ? Kalo gini kan susah jadinya.

Pak Kipli, sini dulu. Gimana ni ? Bla bla bla bla.

Ya dan gua terus - terusan diceramahi sama mereka berdua. Lengkap sudah penderitaan gua. Finally, gua diajak ke ruangannya Pak Kipli. Gua ditanyain kapan bisa bayarnya dan gua jawab sebelum UTS dan itu harus keseluruhan dana semester 2 ( bukan cuma SKS sama heregistrasi doang ). Buset, duit dari mana coba ? Tapi gua coba positive thinking terus disuruh buat surat perjanjian yang dikasi meterai untuk di bawa besok ( sampe segitunya banget ).

Jadi, gua terselamatkan di semester dua kemarin. Bahkan beasiwa akhirnya cair sebelum UTS jadi gua kagak perlu ngeluarin duit seperti yang gua khawatirin sebelumnya. Semester dua berjalan lancar dan akhirnya masuk liburan panjang. Seperti biasa ada peraturan untuk bayar SKS dan heregistrasi kalo mau nama ada di absen.

Dua minggu sebelum masuk kuliah gua di sms TU universitas ( bukan fakultas ) untuk fotocopy rekening buku tabungan dan dibawa ke kampus. Gua seneng banget karna itu artinya beasiswanya bakal cepet cair. Ternyata begitu ngumpulin fc buku tabungan itu gua dikasi tau kalo beasiswanya KEMUNGKINAN bakal cair pertengahan bulan depan.

Yups, gua bakal masuk kuliah dua minggu lagi sedangkan beasiwanya baru akan cair bulan depan. Apa - apaan itu ? Itu artinya gua harus ngomong lagi dong ke bu dekan sama pak kipli ? Ogah banget gua. Gua nanya apa bisa nunggu beasiswanya cair dulu dan mereka ya selalu setuju - setuju aja. Bendahara universitas pun nyuruh gua ngomong ke TU fakultas biar nama gua dimasukkan ke absen.

Gua ngomong ke bu TU nya dan lu tau lah, gua disuruh ngomong ke Pak Kipli dulu. Gua pura - pura kagak denger terus bilang kalo bendahara univ udah ngizinin. Dia kaget terus bilang kalo udah disuruh gitu berarti ya kagak masalah. Gua seneng banget dan langsung pulang dengan perasaan puas.

Eh ternyata nama gua kagak ada di absen begitu udah masuk semester tiga. Ya elah, lupa kali ya Ibu TU nya ? Sampe tiga minggu kemudian pun nama gua tetep kagak ada di absen. Gua tanya ke TU univ dan cuma bisa jawab “tanya aja ke ibu TU nya, mungkin lupa dia.” Males deh nanya - nanya lagi. Paling ujung - ujungnya juga dioper - oper terus gua.

Sampe selasa kemarin gua telat pas mata kuliahnya bu dekan karna baru pulang kerja, untung banget yang ngajar asdosnya jadi gua kagak dimarah. Karna nama gua kagak ada di absen gua harus nulis nama sendiri di bawah pake pulpen dan langsung ditegur……….

Asdos : Vega belum bayar ya ?

Gua : Saya kan beasiswa bu…saya……

Asdos : Sekarang bukan gitu sistemnya, Vega. Besok udah hari terakhir bayar dan kalo ga gitu namanya ga akan tercantum di dikti, bla bla bla……. Besok bayar ya Vega ?

Gua : Iya bu ( pasrah ).

Besok sorenya gua ngomong ke bu TU nya lagi……………..

Gua : Bu, kok nama saya belum ada di absen ?

Bu TU : Iya, nanti hari senin pasti muncul.

Gua : Janji ya bu ?

Bu TU : Iya, asal udah nyetor slip pembayarannya pasti namanya muncul kok.

Gua : Lah, saya kan beasiswa bu…… Bendahara udah ngasi izin kok.

Bu TU : Bendahara yang mana ?

Gua : Bendahara Universitas. Katanya langsung aja ngomong ke Ibu.

Bu TU : Kalo gitu ngomong sama Bu dekannya dulu ya ?

Gua : Oh gitu. Harus ya ?

Bu TU : Iya. Tapi bu dekannya udah pulang jadi besok pagi aja ya ?

Jreng Jreng……. Ujung - ujungnya Bu dekan lagi deh. Padahal jelas - jelas pihak univ udah mengizinkan tapi kok masih aja dibikin repot gini. Dengan berat gua ninggalin kantor fakultas. Harus diceramahin kayak semester dua kemarin males banget deh. Itupun kalo dikasi dispensasi kayak sebelumnya, kalo kagak ? Bu dekan juga udah bilang biar gua kagak ngulangin lagi tapi kan kebutuhan gua banyak cuy, bukan buat kampus doang.

Setelah menggalau di kelas berjam - jam, akhirnya gua memutuskan buat BAYAR aja dengan uang gaji yang baru aja gua terima. Dan uang gua kagak bakal diganti sama univ karna kalo beasiswanya cair dan kelebihan duitnya bakal diakumulasi buat semester berikutnya ( yah, sedih ). Besok paginya gua ke bank dan di kantor fakultas tanpa babibu gua langsung naruh slip pembayaran di tusukan yang tersedia dengan dilihat Ibu TU yang cuma bisa no comment dan asdosnya bu dekan yang nyapa gua dan gua balas dengan anggukan pelan.

Harusnya beasiswa ini cair sebelum perkuliahan dimulai. Gua lihat banyak mahasiswa lain yang ikut program beasiswa ini pada mengeluh dan terpaksa harus minjem sana sini untuk keperluan hidupnya. Bedanya kalo mereka bergantung sama uang sakunya ( mereka kebanyakan kagak kerja ), kalo uang kuliah mereka kagak perlu pikirin karna walaupun telat mereka tetep dapet dispensasi. Lah gua ? Gua mah kagak begitu mikirin uang saku yang gua dapet, tapi sayangnya tetep harus ngeluarin duit cuma gara - gara pihak fakultas yang terlalu TAKUT kagak dibayar.

Yah gua sih berharapnya beasiswanya cepet - cepet cair deh soalnya kasian mereka yang hidupnya bergantung dari beasiswa itu. Kalo gua sih masih bisa tetep ada penghasilan soalnya sambil kerja juga. Gua liat di website beasiswanya dan pas gua masukin nama sama NIM gua ada tahapan - tahapan proses yang cukup banyak sampe beasiswanya cair dan untuk gua baru masuk tahapan yang paling PERTAMA yaitu permohonan sedangkan tahapan yang lain belum bisa diklik. Itu artinya ? Selamat menunggu tahapan yang lainnya deh yang mungkin bakal makan waktu berbulan - bulan lagi. Ya sudahlah……………….

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com