Sunday, October 11, 2015

Ingatan Fotografis KW 10

Ada yang tau manga / anime Detective Shool Q ? Kalo tau pasti kagak asing dong sama tokoh Megumi Minami ? Megumi Minami adalah salah satu murid dari DDS ( Dan Detective School ) yang memiliki kemampuan ingatan fotografis. Dengan kemampuan ini Megumi dapat mengingat segala sesuatu dengan cepat hanya dengan sekali lihat yang mirip dengan cara kerja kamera. Asyik banget ya ?

Gua kagak tau ini disebut apa, tapi gua juga punya kemampuan mengingat yang “agak mirip” sama Meg. Serius lo ? Pasti lu cuma pengen naikin rating kan ? Kagak lah, emang lu pikir acara TV pake rating - ratingan segala ? Mungkin emang agak aneh dan sulit dipercaya tapi gua sendiri ngalamin hal ini.

Waktu kelas 3 SD dulu gua punya tetangga yang udah kelas 6 ( SD juga ya ? Bukan SMP ). Dia ( sebut saja Bobo ) mau belajar IPS buat ulangan besoknya dan gua disuruh bantuin tanya jawab kalo udah selesai. Gua waktu itu iseng - iseng aja baca buku IPS nya tentang ibu kota Negara di dunia. Lagi asyik baca kagak tau kenapa gua tertarik gitu buat ngafalin.

Dan………..Dalam waktu tiga jam kurang gua udah hafal semuanya. Masak sih ? Mungkin lu kagak percaya tapi itulah kenyataan yang terjadi. Harusnya temen gua yang belajar malah jadi gua yang dapet ilmunya. Bobo aja cuma ngafalin Negara di Asia tenggara sering salah terus. Gua minta tolong gantian gua yang dites dan hasilnya ? 98 % benar.

Mungkin lu pikir yang gua hafal paling cuma segelintir doang tapi kagak gays. Ini bener - bener “Semua Negara” yang tertulis di buku itu mulai dari Benua Asia, Eropa, Amerika, Australi, dan Afrika. Hitung aja tuh totalnya ada berapa. Si Bobo sampe nganga dan kagak percaya anak kelas 3 SD bisa ngafalin semua itu dalam waktu singkat dan itu berawal dari “ketidaksengajaan”.

Percaya ga percaya juga, ingatan itu bahkan tetap awet sampe sekarang. Bahkan di usia gua yang kepala dua ( hiks, tua banget gua ), ketika ada temen gua yang ngetes Negara Ethiopia ibukotanya di mana gua dengan mantap akan menjawab Abrakadabra ( eh, maksud gua Addis Ababa ). Nama yang aneh ya ? Tapi nama seaneh itu berhasil gua hafalin waktu masih kelas 3 SD ( yayyy, tepuk tangan dong, sombong dikit, heehe ).

Selain ibukota Negara di dunia, gua sampe sekarang masih tetep inget materi - materi pelajaran waktu masih SD dulu contohnya angka romawi. Tanpa perlu membaca buku dan mengingat - ngingat lagi, gua tetap bisa mengubah angka biasa menjadi romawi dan begitu juga sebaliknya. Padahal itu udah hampir delapan tahunan lebih. Gua juga sampe sekarang masih inget percakapan dasar dalam bahasa Jepang yang sempat gua pelajari waktu kelas 5 SD tanpa perlu membuka - buka buku lagi.

Dan gua masih inget kejadian - kejadian yang pernah gua alamin waktu masih kecil dulu. Contohnya waktu masih SD kelas 1 gua paling males pake celana dalam tapi karna ada suatu kejadian (#disensor), gua langsung trauma, dan sampe hari ini selalu pakai celana dalam. Waktu masih umur empat tahunan keluarga gua diajak makan sama bule ke restoran ( ya iyalah masak di kuburan ? ) dan gua mau makan ayam tau - tau ayamnya jatuh ke lantai di bawah meja terus gua ambil lagi ( dan gua makan di bawah, wueekkz ).

Gua juga inget dulu waktu masih TK pernah pergi ke ulang tahunnya temen padahal udah kagak dikasi izin sama nyokap. Eh tau - tau nyokap datang ke sana dan gua dijewer terus langsung disuruh pulang. Absurd banget deh nyokap gua padahal cuma pengen ngerayain ultah temen doang. Dan masih banyak kejadian di masa kecil gua yang terekam di otak sampe sekarang.

Awalnya gua mikir “ah, paling - paling anak - anak kecil yang lain juga sama kayak gua” tapi dugaan gua salah. Contohnya aja murid - murid yang gua ajarin. Sering banget mereka lupa sama materi yang pernah diajarin sebelumnya padahal itu belum ada sebulan ato dua bulan, bahkan ada yang baru diajarin hari ini tau - tau besoknya udah lupa.

Contoh nya lagi adik gua, Justin. Dia sering banget diingetin bokap, kalo pulang sekolah tas dan sepatu ditaruh di tempatnya, baju digantung dengan rapi. Eh, besoknya lupa, semua ditaruh asal - asalan. Diingetin lagi, besok nggak dah dilakuin dengan alasan klasik “lupa”. Kalo gua dinasihatin gitu ya gua bakalan inget terus lah.

Bahkan sampe sekarang Justin kagak bisa perkalian. Berkali - kali disuruh ngafalin ya ujung - ujungnya mentok di perkalian dua sama tiga. Itu pun cuma sehari, besoknya ? Jangan harap. Jadi bisa gua simpulkan kalo kagak semua anak punya ingatan yang kuat kayak gua. ( yayyyyyyy. tepuk tangan lagi dong ).

Bicara mengenai ingatan yang kuat, gua nyesel juga sih kagak menggunakan kemampuan ini dengan baik karna sejak masuk ke umur 17 tahun ingatan fotografis KW gua udah bener - bener menurun bahkan hilang sama sekali. Gua sekarang kagak ada bedanya kayak aki - aki tua yang pikun. Kadang ketika gua mau ngomong sesuatu tau - tau lima menit kemudian udah lupa sama sekali mau ngomong apa. Naruh barang di suatu tempat juga kadang suka lupa kalo mau nyari lagi.

Tapi biarpun ingatan gua sekarang udah setara sama aki - aki, apa yang dulu pernah gua ingat dan pelajari di waktu dulu sama sekali kagak hilang. Contohnya ya tadi, gua sampe sekarang masih tetep inget nama ibukota Negara bahkan sampai detail cara menulisnya. Angka romawi juga gitu. Ilmu pengetahuan umum yang gua sempet baca di masa kecil tetep gua inget. Pengalaman di masa lalu sampai ke akar - akarnya gua tetep inget.

Cuma ya gitu, kalo sekarang disuruh belajar hal baru misalnya disuruh ngapalin tulisan yang ada di dalam satu lembar kertas penuh, mungkin bisa hafal tapi lamaaaaaaaaaaaaaaa ( pake banget ya ? ) dan itu pun cuma inget sebentar. Paling beberapa hari dites udah lupa lagi ( disitulah gua merasa sedih ). Tapi biarpun membutuhkan waktu lama dan cuma temporary ( kagak permanen seperti dulu ), masih bisa lah kalo menghafal / mengingat sesuatu secara detail.

Seperti yang gua bilang di atas tadi, kemampuan mengingat gua udah kagak seperti dulu lagi . Waktu masih SMA, di kelas gua dijuluki “si jago ngafal” padahal lu kagak tau aja gua belajar sampe empot - empotan. Belajar dari siang sampe besok paginya lagi terutama yang hafalannya banyak kayak PKN. Tidur cuma 2 sampe 3 jam aja kalo ulangan umum. Mereka paling belajar cuma 1 sampe 2 jam makanya kagak bisa - bisa. Makanya kalo gua dibilang jago ngafal gua kagak terima. Kalo dulu sih bener banget. Sekarang gua mah apa atuh, cuma pacar gelapmu uuuuuuu…..

Tapi karna kemampuan mengingat ini ( yang biarpun udah agak karatan dan sering dipaksa ), gua jadi selalu ranking satu di kelas bahkan juara umum ( peace, minta foto dan tanda tangannya nanti aja ya ? ). Karna gua waktu SMA masuk jurusan IPA ( Ilmu paling Alay ) yang 90 % anak - anaknya lemah dalam menghafal ( kecuali rumus - rumus yang bikin kepala lu terasa berputar 980 derajat ), gua jadi diuntungkan soalnya selain empat mata pelajaran pokok ( Matik, kimia, bio dan fisika ), mata pelajaran yang lain ya menghafal semua ( kecuali bahasa indo, tapi pelajaran ini mah makanan gua banget. Bahasa Inggris ? Gua dari kelas 2 SD udah banyak belajar / menghafal kosakata bahasa inggris jadi kagak masalah ). Ditambah lagi kemampuan gua dalam mata pelajaran jurusan IPA juga cukup…….. Ya cukup - cukupin aja lah, hehe.

Gua ngebayangin kalo dulu gua pake ingatan fotografis KW ini buat belajar banyak bahasa asing mungkin gua sekarang udah jadi expert kali ya ? Terus misalnya gua belajar dan mendalami sains banget waktu dulu mungkin gua bisa jadi kayak Einstein ( #ngarep ). Tapi sayangnya dulu waktu masih SD gua kagak serajin SMP ato SMA. Udah males belajar, kerjaannya main terus, nyewa komik, ke rental PS 2. Sekarang nyesel deh.

Tapi kalo dipikir pasti gua bakal jadi sombong banget deh kalo misalnya bisa menguasai banyak bahasa asing ato bisa hafal seluruh isi UUD gitu. Mungkin entar malah ilmu itu kagak bisa gua pake dengan baik ( gua hafal ibukota Negara aja sombongnya udah kayak gini apalagi bisa yang lain ? ). Bisa - bisa gua malah jadi teroris nanti ( amit - amit deh ).

Dan saat ini, ada beberapa anak yang punya kemampuan yang sama kayak gua. Ada yang hafal ibukota Negara bahkan sampe letak, bendera, sejarah, sampe sedetail - detailnya ( sayang banget waktu dulu gua cuma pelajarin ibukotanya aja ). Harapan gua sih semoga mereka - mereka ke depannya jadi orang yang berguna dan punya kontribusi untuk dunia.

Setidaknya gua cukup berbangga sempat dititipi kemampuan yang luar biasa ini dari Tuhan. Ada sedikit penyesalan karna gua dulu kurang memaksimalkan kemampuan ini waktu masih kecil dulu. Tapi ya semua itu disyukuri aja deh. Siapa tau kemampuan gua mengingat nama semua ibukota Negara di dunia ada manfaatnya buat gua di masa depan nanti. Kali aja gua jadi anggota PBB gitu ? ( amin ). Ato presiden dunia ? Haha, asal jangan jadi sampah ibukota aja………………

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com