Monday, October 19, 2015

Dulu VS Sekarang

Tanggal 13 Oktober kemarin kakak gua Paul ulang tahun yang ke 23. Biasanya setiap ultah dia pasti datang ke rumah terus nraktir kami sekeluarga makan. Tapi kali ini kagak ( hiks, padahal gua dah berharap bisa makan enak ). Mungkin karna lagi sibuk sama kerjannya ato dia lagi kena krisis moneter yang berkepanjangan ( persis banget kayak keadaan Negara kita, hehe ).

Kakak gua ini salah satu sosok yang paling gua kagumi ( selain Spongebob dan Patrick ). Kalo kagak ada dia mungkin gua kagak bakal bisa baca tulis. Waktu gua masih kecil dia yang ngajarin gua ABCD - mu bolong sampe bisa. Gua bahkan sampe lupa gimana cara ngajarinnya tau - tau udah bisa aja gitu gua.

Selain itu dia juga yang ngajarin gua main seruling. Di sekolah gua waktu SD, kami diwajibkan untuk bisa main alat musik yang kagak penting itu karna bakal ada tesnya. Gua panik karna waktu itu belum bisa main suling ( bisanya main baju - bajuan ). Akhirnya gua minta tolong sama Paul buat diajarin ( sistem kebut semalam karna besoknya langsung tes ). Hasilnya…………..Permainan gua ancur waktu tes dan …….. Ah, lupakan.

Tapi sejak tes yang memalukan di sekolah itu selesai gua malah jadi jago main suling. Gua coba main lagu - lagu yang panjang kayak Indonesia Raya, Manuk Dadali, sama cicak - cicak di dinding ( Oke, lagu ini emang terlalu panjang ). Dan malah waktu ujian praktek seni musik 6 bulan kemudian, gua satu - satunya anak yang bawain lagu Indonesia Raya sedangkan yang lain paling lagu ringan kayak Burung kakatua, burung kakak muda, burung kakak kecil, dan lain - lain.

Gua belajar nulis aksara Bali juga dari dia. Ah, banyak deh hal - hal yang dia pernah ajarin ke gua ( termasuk nyolong mangga tetangga sebelah , hehe ). Tapi kadang gua juga suka kesel sama dia. Anaknya jahil banget. Waktu kami masih kecil ( sekarang sih masih kecil juga ), dia sering banget bikin gua mewek. Gua ditakut - takutin lah, dicubit, dijewer, terus sampe dipukul pake TV 24 inch ( Ok, ga sampe kayak gini juga sih ).

Kebiasaan jelek Paul yang lain itu cuma “mau enaknya aja”. Dulu gua sering banget beli sama nyewa komik gitu sampe bawa tas kresek gede banget. Dia bukannya ikutan urunan gitu kek nyewa komiknya malah dengan enaknya ikutan baca. Lu pikir gua beli atau nyewa komik pake daun ? Tapi karna gua takut kalo kagak dikasi nanti muka gua disiram pake air got akhirnya gua ikhlasin dia baca dengan “gratis”

Paul ini sering banget kena “musibah” ( ada bahasa yang lebih enak ga ? Ok, kita ganti malapetaka aja ). Dia sering banget yang namanya jatuh, ketabrak apa aja nulai dari mobil, pesawat sampe ondel - ondel. Pernah suatu kali kami ( gua, bokap, sama Paul ) baru aja pulang dari gereja naik motor. Gua di depan, bokap di tengah terus Paul di bannya eh di belakang maksudnya. Pas mau belokan terakhir masuk rumah tau - tau motornya nabrak batu besar dan kami semua jatuh.

Gua yang duduk di depan sih aman - aman aja sih. Kagak ada lecet sama sekali. Bokap juga sama aja. Lah, si Paul yang duduk di belakang ini yang nasibnya apes. Kakinya ketindih knalpot motor dan keadaan kakinya…………………( disensor ). Para tetangga yang ngeliat langsung bawain air hangat lah sampe ada yang bawa odol segala. Aduh, ngeri banget deh ngeliatnya,

Dan kejadian paling apes itu terjadi awal tahun kemarin. Kakak gua ketabrak sampe mulutnya harus dijahit. Dia sampe kagak kerja dan kuliah sebulan ( padahal waktu itu lagi siding skripsi ). Kasian banget dah sampe makan bubur aja harus pake sedotan. Belum lagi duit yang harus keluar pasti kagak sedikit. Udah ga dapet duit karna ga bisa kerja, tapi malah harus keluar duit lagi. Kejadian itu juga bertepatan sama hilangnya kucing gua, Nowe - Nowe ( hiks ).

Satu hal yang bikin gua takjub dari Paul itu perbedaan penampilannya yang dulu sama yang sekarang. Dulu itu anaknya aduuuuuh, aneh dan kagak ada menarik - nariknya. Udah kayak jerapah, kurus, kerempeng, ngenes banget deh.

Tapi sekarang penampilannya udah 3850,90 derajat saking bedanya. Anaknya udah jago banget dandan dan pastinya banyak yang ngefas ( termasuk kucing tetangga ). Sekarang malah penampilan gua yang kayak jerapah kekurangan gizi.

Paul dulu masuk SMK jurusan pariwisata. Makanya bahasa inggrisnya udah mencla mencle ke sana kemari karna udah biasa ngomong bahasa inggris. Tapi begitu lulus dia malah ngambil kuliah di Jurusan ekonomi. Apaan coba ? Jauh banget kagak tuh ? Tapi sebagai adik yang baik gua hanya bisa menerima semua keputusan kakak gua dengan merdeka, bersatu, berdaulat , adil dan makmur.

Bicara tentang dulu dan sekarang ada kebiasaan kakak gua yang belum berubah dari zaman penjajahan sampe sekarang. B – O – R – O – S………….. yups, dari dulu Paul paling kagak bisa yang namanya hemat. Pengennya belanja mulu. Dulu misalnya kalo habis pulang kampung kami dapat uang sangu pasti kurang dari sehari udah langsung dihabisin sama dia. Rasanya lima ratus ribu ( untuk anak kelas 4 SD ) pun bisa langsung dilahap habis dalam sehari sama dia.

Beda banget sama gua yang ngeluarin duit 10 k aja masih mikir - mikir dulu. Karna keiritan ini makanya gua sering jadi incaran Paul kalo misalnya lagi butuh duit. Waktu masih SD Paul sering banget minjem duit ke gua yang harus dia bayar dua kali lipat ( jahat banget ya gua ? ). Haha, tapi tujuan gua mulia lo biar dia jadi kapok minjem duit ke gua.

Tapi sekarang keadaannya dah berbalik. Sejak kakak gua lulus SMK dan kerja ( sambil kuliah ), penghasilannya yang paling banyak di antara anggota keluarga yang lain. Kalo dulu dia yang sering ngemis ke gua sekarang malah dia yang sering ngasi bantuan ke keluarga. Udah banyak banget dia ngebantu kami dan dia juga sering ngajak makan kami sekeluarga ke tempat - tempat yang yang ada makanannya ( ya iyalah ).

Sejak setahun belakangan ini dia udah jarang banget maen ke rumah. Mungkin seperti yang gua bilang tadi dia lagi krisis moneter tapi dia masih sering posting foto - fotonya lagi makan sama jalan - jalan di Instagram tuh. Bahkan gajinya di tempat kerjanya sekarang nyampe lima jutaan ( wow, kalo gua jadi dia mah bakal berani nyicil mobil gua ).

Dan baru Agustus kemarin Paul diwisuda dan sekarang udah punya gelar Sarjana Ekonomi ( aaah, jadi pengen cepet - cepet nyusul ). Katanya sih dia bakal ngelanjutin S2 di Australi tapi kagak tau deh jadi ato kagak. Yang pasti gua berharap yang terbaik aja untuk dia. HBD, my beloved sister, Paul………..

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com